Apa itu Quality Score dalam Google Ads? Arti dan Peningkatannya

apa itu quality score dalam google ads

Apa itu quality score atau skor kualitas dalam google ads? Dapat kami jelaskan bahwa quality score dalam google ads merujuk pada pengukuran mutu menggunakan angka untuk mengetahui kualitas iklan yang ditayangkan dibandingkan dengan advertisers lainnya serta terkait relevansinya. Di samping itu, 

quality score sangat penting sebab berkaitan dengan performa kampanye iklan tersebut.

Selanjutnya kami mengarahkan Anda untuk ikut dalam pembahasan dan menyimak terkait apa itu quality score dalam Google Ads? Mengenai penjelasan yang terperinci seputar topik tersebut dapat Anda perhatikan dalam artikel yang sudah kami susun di bawah ini. 

Banner Ads - General 2

Apa itu Quality Score dalam Google Ads?

Apa itu quality score dalam google ads? Sebelumnya sempat kami jelaskan sedikit, tetapi agar topik tersebut dapat Anda pahami secara menyeluruh sebaiknya telaah lebih dahulu mengenai Google ads. Dari sebutannya saja Anda sudah dapat menebak program untuk mengiklan ini disediakan oleh siapa. Strategi untuk beriklan secara online merupakan program dari Google dan digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan agar lebih dikenal oleh audiens yang lebih luas. Dalam beriklan secara online di Google ads tentu terdapat standar yang harus terpenuhi dan salah satunya yang paling utama adalah quality score.

Mengenai quality score sendiri merupakan sejumlah mutu atau nilai yang harus dipenuhi oleh pengiklan agar kampanye mereka dianggap layak atau sesuai dengan ketentuan. Berdasarkan penjelasan ini kami dapat menyimpulkan bahwa quality score dalam google ads adalah alat ukur yang akurat dalam menyajikan wawasan kepada Anda tentang mutu dari iklan Anda secara menyeluruh. Penilaian diberikan dengan skala 1 sampai 10 dan berkaitan dengan penggunaan kata kunci yang Anda ditempatkan di dalam iklan. Asumsi positifnya adalah ketika score yang didapatkan makin tinggi, maka iklan Anda berhasil dan relevan dengan kebutuhan pengguna.

Banner Ads - Ebook 2

Cara meningkatkan Quality Score dalam Google Ads

Adapun langkah yang perlu Anda pahami untuk meningkatkan quality score dalam Google ads. Tujuannya agar materi iklan menjadi lebih berbobot dan sesuai dengan preferensi pengguna serta mendapatkan score yang baik. Langkah-langkah tersebut sudah kami siapkan untuk Anda pelajari.

1. Memperbaiki Relevansi Iklan

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat tiga aspek utama yang berkaitan erat dengan upaya untuk menyesuaikan relevansi iklan Anda dengan pengguna atau target audiens. Aspek pertama adalah pemilihan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan iklan Anda. selain itu, buat grup iklan berdasarkan kata kunci dan terapkan judul dan deskripsi yang sesuai dengan kata kunci.

2. Memperbaiki Halaman Website yang Dituju

Mencapai score  yang tinggi juga dapat diupayakan dengan halaman tujuan relevan dengan iklan yang Anda tampilkan. Di sisi lain, halaman yang dikaitkan dengan iklan juga perlu dioptimasi agar kecepatannya lebih baik sehingga pengunjung tidak harus menunggu waktu loading yang lama.

Baca Juga: Mengetahui Cara Kerja Google AdSense

3. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Langkah untuk meningkatkan CTR adalah membuat deskripsi iklan yang menarik serta unik dan tetap relevan dengan kata kunci. Anda juga dapat membuat iklan yang bervariasi kemudian melihat mana yang menghasilkan CTR lebih tinggi. Lakukan hal yang sama terhadap iklan yang menghasilkan CTR lebih tinggi kepada setiap kampanye Anda.

4. Memperbaiki dan Meningkatkan User Experience pada Website

User experience juga menjadi hal penting dalam upaya meningkatkan quality score sehingga langkah yang dapat Anda lakukan adalah membuat navigasi yang intuitif agar pengunjung mudah dalam mengakses serta menemukan informasi yang mereka butuhkan. Hal berikutnya adalah terkait dengan prinsip responsif dari situs web sebab tidak semua pengunjung menggunakan perangkat yang sama tentu hal itu menjadi penting.

Tools untuk Meningkatkan Quality Score dalam Google Ads

Dalam meningkatkan quality score tentu Anda membutuhkan tools yang tepat. Berikut ini kami sediakan penjelasan mengenai tools apa saja yang dapat Anda gunakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Google Ad Preview and Diagnosis

Menggunakan tools ini Anda dipandu untuk memahami pelbagai parameter seperti kata kunci, perangkat yang digunakan, atau lokasi. Tools ini dapat melacak seberapa besar relevansi iklan dengan kata kunci yang Anda gunakan serta melihat potensi untuk saran yang lebih baik.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Biaya Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda!

2. Google Analytics

Selanjutnya adalah tools yang berguna untuk melacak performa dari situs web Anda. dalam pengukuran yang dilakukan data-data akurat seperti berapa lama pengunjung berada di situs web, perilaku, preferensi, sampai dengan konversi, atau lainnya.

Banner Ads - Lead Gen 2

3. Google Keyword Planner

Tools ini berguna untuk membantu Anda merencanakan pelacakan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis serta mengetahui seberapa populer frasa tersebut dicari oleh pengguna. Melalui pelacakan yang komprehensif tentu tools ini dapat menyajikan kata kunci yang efektif untuk digunakan sehingga efektif untuk meningkatkan quality score.

Itu tadi serangkaian penjelasan terperinci mengenai apa itu quality score dalam Google ads serta langkah dalam meningkatnya penilaiannya. Anda dapat meningkatkan konversi dengan menerapkan langkah-langkah di atas. Selain itu, mengenai mengoptimalkan kata kunci untuk keperluan bisnis, Anda dapat menggunakan jasa SEO dari ToffeeDev yang secara profesional dapat membantu mengembangkan bisnis untuk jangka yang panjang. Segera hubungi kami dan persiapkan masa depan bisnis Anda nan cemerlang melalui strategi SEO yang tepat bersama ToffeeDev.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top