Apakah FB Ads Termasuk Website?

apakah fb ads termasuk website

Ada banyak saluran yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan kampanye pemasaran secara digital alias Digital Marketing. Salah satunya adalah Facebook Ads atau yang sering disingkat sebagai FB Ads, yang merupakan media periklanan berbasis media sosial yang diproduksi oleh Meta (Facebook dan Instagram). Pertanyaannya, apakah FB ads termasuk website?

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa FB Ads dan website adalah dua hal yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Lantas, apa yang membedakan FB ads dan website? Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Pengertian FB Ads

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai FB Ads dan website, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu FB Ads.

Definisi FB Ads

Facebook Ads adalah platform periklanan berbayar yang disediakan oleh Meta untuk membantu bisnis atau seseorang dalam mempromosikan produk, layanan, atau konten mereka kepada khalayak yang lebih luas. 

Berkat kehadiran FB Ads, Anda dapat menargetkan iklan kepada audiens yang spesifik berdasarkan kriteria seperti usia, minat, lokasi, dan demografi lainnya. Bisa dikatakan bahwa FB Ads adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek Anda di platform sosial media yang sangat populer ini.

Perbedaan antara FB Ads dan Website

Perbedaan antara FB Ads dan Website

FB Ads jelas berbeda dengan website. Lantas, apa saja yang menjadi pembeda antara dua saluran Digital Marketing ini? Mari kita lihat penjelasan berikut!

1. Fungsi dan Tujuan FB Ads

Perbedaan utama antara FB Ads dan website terletak pada fungsi dan tujuannya. FB Ads, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berfungsi sebagai sarana periklanan di platform produksi Meta seperti Facebook dan Instagram. Iklan yang dibuat akan ditampilkan pada beranda dan cerita (story) Facebook maupun Instagram bagi pengguna yang memenuhi kriteria targeting Anda. Tujuan dari FB Ads adalah menarik perhatian audiens dan mengundang mereka untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengunjungi website Anda atau melakukan pembelian.

Di sisi lain, website berfungsi sebagai platform online yang berisi informasi lebih detail tentang bisnis, produk, layanan, atau konten yang Anda tawarkan. Website adalah rumah digital bagi bisnis Anda di internet. Website menjadi tempat pengunjung dapat mengetahui lebih banyak tentang apa yang Anda tawarkan dan berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis. Website memberikan kesempatan bagi Anda untuk memperluas keterlibatan dengan audiens dan membangun kepercayaan mereka terhadap merek.

Dengan pemahaman ini, dapat disimpulkan bahwa FB Ads dan website adalah dua entitas yang berbeda dengan tujuan yang saling melengkapi.

banner

2. Karakteristik dan Fitur FB Ads

Selain dari fungsi dan tujuannya, FB Ads dan website juga memiliki perbedaan dalam karakteristik dan fitur yang dimilikinya.

FB Ads menawarkan berbagai jenis format iklan, seperti iklan gambar, iklan video, iklan karusel, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengukur kinerja iklan secara rinci dan melacak jumlah interaksi, tayangan, dan konversi yang dihasilkan dari kampanye iklan yang dijalankan. Platform ini memberikan kemudahan dalam mengelola anggaran dan menyesuaikan penargetan iklan Anda untuk mencapai audiens yang relevan.

Di sisi lain, website memiliki fleksibilitas untuk menampilkan informasi dengan lebih detail. Anda dapat menyesuaikan tata letak, desain, dan konten website sesuai dengan brand image. Fitur penting lainnya adalah keberadaan formulir kontak atau kolom komentar yang memungkinkan audiens berinteraksi langsung dengan Anda. Anda juga dapat menerapkan alat analitik web untuk memahami perilaku pengunjung, seperti halaman mana yang paling sering dikunjungi atau berapa lama pengunjung bertahan di website.

Dengan memahami karakteristik dan fitur ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan FB Ads dan website secara bersama-sama untuk mencapai hasil yang optimal dalam kampanye iklan.

Hubungan antara FB Ads dan Website

Hubungan antara FB Ads dan Website

Kendati terdapat perbedaan antara keduanya, FB Ads dan website saling melengkapi satu sama lain. Seperti apa hubungan antara FB Ads dan website? Berikut adalah penjelasannya.

1. Mengarahkan Lalu Lintas ke Website

Salah satu manfaat besar dari FB Ads adalah kemampuannya untuk mengarahkan lalu lintas ke website Anda. Iklan yang menarik  dapat mendorong pengguna Facebook untuk mengeklik iklan tersebut, kemudian mereka diarahkan langsung ke halaman tertentu di website Anda. Hal ini membuka peluang besar bagi Anda untuk mengonversi lalu lintas menjadi pelanggan di website.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pengguna di Website

FB Ads tidak hanya membantu mengarahkan lalu lintas ke website Anda, tetapi juga dapat meningkatkan keterlibatan pengguna di sana. Contohnya, Anda dapat membuat iklan yang mengajak pengguna untuk mengisi formulir, berlangganan newsletter, atau mengunduh konten spesial. Anda pun bisa meningkatkan interaksi dan ketertarikan mereka terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Facebook Business Manager : Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

3. Mengintegrasikan FB Ads dengan Website

Untuk mencapai hasil maksimal, Anda perlu mengintegrasikan kampanye FB Ads dengan website. Pastikan bahwa desain iklan dan landing page di website Anda konsisten sehingga pengguna merasa nyaman dan yakin bahwa mereka berada di tempat yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur retargeting FB Ads untuk menargetkan orang yang telah mengunjungi website sebelumnya, tetapi belum melakukan tindakan tertentu, seperti berlangganan atau pembelian.

Jadi, apakah FB Ads termasuk website? Jawabannya, tidak. FB Ads dan website merupakan dua saluran pemasaran digital yang berbeda, tetapi keduanya saling melengkapi dalam kampanye pemasaran bisnis Anda. Maka dari itu, keduanya harus dibuat dengan optimal agar Anda bisa mendapatkan traffic yang tepat dan angka konversi pembelian yang tinggi.

Barangkali Anda tidak kesulitan dalam melancarkan FB Ads, tetapi masih belum maksimal dalam membuat atau mengelola website. Jangan khawatir, gunakan saja jasa pembuatan website dari ToffeeDev! Sebagai Digital Marketing Agency, kami percaya bahwa website tidak hanya sekadar sarana informasi, tetapi juga saluran Digital Marketing. Tim website development kami juga memastikan agar website Anda SEO-friendly sehingga mudah ditemukan di SERP Google. Klik di sini untuk mulai berkonsultasi mengenai website bisnis Anda sekarang juga! Dapatkan peningkatan angka pembelian di website hanya bersama ToffeeDev!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top