Alexa App, Assistant AI Unggulan Dari Amazon

Alexa App

Kemajuan teknologi yang ada saat ini membawa banyak sekali manfaat bagi dunia, khususnya dalam memberikan kemudahan beraktivitas. Ketika dulunya harus melakukan suatu hal secara lebih sulit dan memakan waktu yang lama, sekarang sudah tidak lagi. Apalagi dengan kehadiran assistant AI yang sekarang sudah tertanam di smartphone dengan operating system tertentu seperti iOS (SIRI) dan Android (Google Assistant). Namun di luar itu, ada juga assistant AI yang berfokus dalam memberikan kemudahan yang memiliki skala lebih luas yaitu Alexa atau bisa disebut juga Alexa App.

Alexa adalah assistant AI unggulan dari Amazon yang tidak hanya mengurusi hal-hal sepele seperti mencari suatu keyword di Google, menyalakan alarm, atau melihat ramalan cuaca. Alexa memiliki berbagai macam kegunaan yang lebih luas dibandingkan yang lainnya. Pada awalnya, Alexa diluncurkan di smart home speaker  milik Amazon juga, yaitu Amazon Echo dan Amazon Echo Dot. Namun seiring berjalannya waktu, Amazon tahu kalau mereka harus mencakup pengguna smartphone, maka dari itu dibuatlah Alexa App yang sekarang sudah bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Sebenarnya apa saja keunggulan dari Alexa App yang bisa dirasakan langsung oleh para penggunanya? Bagi yang penasaran, pertanyaan itu dijawab di artikel ini. Simak penjelasan lengkapnya.

Harus Dipanggil Dengan Kata “Alexa”

Sebagai assistant AI, sama seperti yang lainnya, Alexa memiliki satu nama panggilan jika ingin digunakan, yaitu “Alexa”, sesuai namanya juga. Memang bisa dibilang fitur ini menjadi fitur yang wajib ada di dalam assistant AI. Jika tidak, maka akan terasa aneh dalam proses penggunaannya yang mementingkan suara sebagai mediumnya. Alexa App pun juga bisa digunakan dengan cara ini. Namun sebagai aplikasi di smartphone, Alexa App fokus untuk mengatur devices Alexa yang Anda miliki, tanpa perlu ribet dalam menggunakannya.

Baca Juga: Teknologi Voice Search Tracking Yang Semakin Berguna

Memiliki Berbagai Macam Kegunaan

Ada berbagai macam fitur yang tersedia di Alexa, seperti interaksi suara, memutar lagu, membuat daftar tugas, mengatur alarm, streaming podcast, memainkan buku audio, dan menyediakan laporan cuaca, lalu lintas, informasi olahraga, dan informasi real-time lainnya seperti berita. Dengan hal ini, maka aktivitas Anda bisa lebih mudah untuk dilakukan, dibandingkan melakukan semuanya secara manual atau sendirian. Melihat banyaknya kemampuan dari Alexa, inilah yang membuat banyak orang akhirnya lebih memilih assistant AI ini dibandingkan yang lainnya.

Sudah Bisa Digunakan di Lebih dari 20.000 Devices

Seperti yang sudah dibilang di atas, untuk menggunakan Alexa, maka dibutuhkan devices yang sudah kompatibel dengan assistant AI ini. Selain menggunakan Alexa App sebagai perantara di smartphone, ada lebih dari 20.000 devices yang sudah mampu menggunakan Alexa, seperti smart speakers (Amazon Echo, Amazon Echo Plus, Amazon Echo Dot, Amazon Echo Look, Amazon Echo Show, Amazon Echo Spot), box TV (Samsung Smart TV, Sony Smart TV, Amazon Fire TV), smartphone dan tablet (Huawei Mate 9, Moto X4, HTC U11), laptop dan komputer (Asus Zenbook, Lenovo Thinkpad X1, Acer Aspire), hingga mobil (BMW, Ford tergantung tipe). Selain itu bisa juga digunakan di Xbox One, earphones, sampai smart home. Semuanya bisa diatur juga lewat Alexa App.

Itulah keunggulan Alexa dan Alexa App dari Amazon. Jika memang Anda berminat untuk menggunakannya, cari device yang memang sudah kompatibel dengan Alexa dan rasakan manfaatnya. Semoga informasi tentang Alexa ini berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar bisa semakin banyak orang yang tahu tentang teknologi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat