Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Para marketer berpengalaman mengklaim bahwa Instagram akan tetap menjadi salah satu platform terbaik untuk mengiklankan bisnis Anda. Instagram telah banyak berubah. Dimulai dari UI dan UX, estetika utamanya, logonya, dan kemudian terjadi perubahan terpenting. Ketika Instagram beralih dari cara kronologis ke algoritmik dalam usaha menampilkan konten, banyak influencer merasa seperti kehilangan audiens mereka. Dengan mempelajari cara kerja algoritma Instagram terbaru 2021, Anda akan bisa tahu cara menarik traffic dan perhatian pelanggan dengan efektif.

Baca Juga : Google’s Page Experience Update: Memahami Pengembangan Algoritma Google

Inilah Cara Kerja Algoritma Instagram

Algoritma Instagram diperkenalkan dalam usaha menampilkan konten terbaik dan paling relevan bagi setiap pengguna ketika mereka memeriksa feed Instagram mereka. Pertanyaannya adalah, bagaimana Instagram menentukan konten yang relevan tersebut?

6 Faktor Peringkat Utama

Jika Anda bertanya-tanya mengapa sepertinya selalu ada algoritma Instagram yang baru, itu karena penggunaan machine learning untuk menyesuaikan apa yang muncul di feed Instagram setiap orang. Begitu juga halaman Explore Instagram, mesin tersebut akan melihat akun yang pernah berinteraksi atau Anda lihat, dan kemudian menyarankan konten yang berdasarkan data mesin tersebut mungkin cocol serta Anda sukai.

Tetapi algoritma Instagram tidak hanya berdasarkan hal tersebut. Ada enam faktor yang menentukan apa yang Anda lihat di feed Instagram, yaitu: interest, timeliness, relationship, frequency, following, dan usage.

1. Interest

Instagram melihat aktivitas sebelumnya untuk mengukur apa saja topik yang menarik untuk Anda. Jadi, jika ada genre konten tertentu yang membuat Anda tertarik seperti konten makanan, maka Instagram mungkin memberi peringkat konten dalam genre tersebut lebih tinggi dibanding konten lainnya yang muncul di dalam feed.

Baca Juga : 6 Tools Terbaik Untuk Strategi Kurasi Konten

2. Timeliness

Faktor berikutnya dalam algoritma Instagram adalah timeliness, aplikasi ini ingin menunjukkan kepada Anda postingan yang terbaru dan lebih relevan. Algoritma Instagram hanya mengurutkan ulang postingan baru antara kunjungan Anda saat ini dan kunjungan terakhir. Misalnya, jika Anda menelusuri timeline Instagram pada pukul 10 ​​malam dan kemudian kembali membuka aplikasi di pagi hari keesokan harinya, Instagram hanya akan menyortir kiriman yang dibuat di antara waktu check-in Anda.

3. Relationship

Instagram tidak ingin Anda melewatkan postingan penting dari teman dan keluarga. Secara tidak langsung, konten dari “sahabat” dan keluarga kemungkinan memiliki peringkat lebih tinggi di feed Anda. Untuk menentukan siapa teman terbaik Anda, algoritme Instagram mempelajari interaksi yang sebelumnya terjadi untuk melihat akun mana yang paling sering berinteraksi dengan Anda.

4. Frequency

Setiap kali pengguna membuka aplikasi, algoritma Instagram mencoba menampilkan postingan terbaik sejak kunjungan terakhir mereka. Jika Anda membuka Instagram sekali setiap hari, maka postingan yang menurut algoritma Instagram paling relevan untuk hari itu akan muncul. Namun, jika Anda membuka Instagram setiap jam, aplikasi mencoba menampilkan konten paling relevan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

5. Following

Jika Anda mengikuti banyak akun hingga ribuan di Instagram, algoritma akan menyortir lebih banyak konten untuk memutuskan apa yang akan ditampilkan setiap kali Anda membuka aplikasi. Ini berarti pengguna yang mengikuti banyak orang mungkin melihat lebih sedikit postingan dari setiap akun yang Anda follow.

Baca Juga : Mendapatkan Followers Banyak Di Instagram Dengan Cara Ini

6. Usage

Jika Anda cenderung menjelajahi Instagram dalam waktu singkat atau sesi yang lebih lama juga dapat mempengaruhi apa yang dilihat oleh algoritma. Jika menghabiskan waktu singkat di Instagram, algoritma akan memastikan untuk menampilkan postingan yang paling relevan terlebih dahulu. Sedangkan, untuk pengguna yang lebih memilih sesi penelusuran yang lebih lama, maka akan muncul konten yang lebih banyak untuk dijelajahi.

Gabungkan pemasaran Anda yang melalui Instagram dengan berbagai macam bentuk digital marketing lainnya seperti SEO. Manfaatkan jasa kami sebagai Digital Marketing Agency Jakarta untuk membantu bisnis Anda ke tingkat selanjutnya. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post