Apa itu IGTV? Bagaimana Menggunakannya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna yang mengunggah tak kurang dari 995 foto setiap detik, rasanya hampir tidak ada manusia di bumi yang tidak mengenal media sosial milik Faceebook ini. Dengan ketatnya persaingan di dunia pengembangan aplikasi saat ini, popularitas Instagram bukan jaminan untuk terus berada di puncak. Apalagi, ada banyak kompetitor aplikasi sejenis yang tidak kalah menarik, seperti Pinterest, TikTok, dan Snapchat. Menyadari hal tersebut, Facebook akhirnya merilis aplikasi mandiri bernama IGTV dengan fitur yang terintegrasi secara otomatis dengan Instagram.

Apa itu IGTV? 

Apa itu IGTV? Secara sederhana, IGTV adalah aplikasi pendukung Instagram yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video berdurasi lebih panjang. Formatnya sendiri masih sama seperti aplikasi induknya. Hanya durasinya yang ditambah.

Jika Instagram hanya membolehkan Anda mengunggah video sepanjang satu menit dan story selama beberapa detik, melalui IGTV Anda dapat mengunggah video hingga satu jam!

Selain perbedaan tersebut, berikut ini adalah beberapa perbedaan dasar dari kedua aplikasi:

  • Pengguna dapat mengatur penayangan video dengan cara “melompat” langsung ke menit tertentu seperti halnya penggunaan Youtube atau pemutar video lainnya.
  • Masa tayang berlangsung secara permanen alias tidak akan hilang setelah 24 jam. Hal ini tentu berbeda dengan fitur story pada Instagram.
  • Tidak memberikan fitur untuk melakukan penyuntingan video sebelum ditayangkan. Dengan kata lain, video yang diunggah sudah harus siap tayang.

Selain dari perbedaan di atas, fitur lain yang dapat ditemukan di IGTV masih sama seperti Instagram, Anda tetap dapat memberi like, meninggalkan komentar di video milik orang lain, membagikan video tersebut, atau menggunakan efek video tambahan, seperti Rewind dan Superzoom.

Berbeda dengan Youtube, Anda tidak akan terganggu dengan kemunculan iklan di tengah-tengah penayangan video. Semoga saja hal ini dapat berlangsung seterusnya.

Baca Juga: Menggunakan IGTV Untuk Bisnis

Bagaimana Cara Menggunakan IGTV?

Apabila sudah terbiasa memakai aplikasi Instagram, Anda tentu akan lebih cepat beradaptasi dengan fitur dan tampilan di IGTV. Apalagi, sebagai aplikasi pendukung, IGTV masih mewajibkan penggunanya untuk memiliki akun Instagram terlebih dahulu.

Setelah mengunduh dan memasang aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih ikon di sebelah kanan atas dan sentuh pilihan “create channel”.
  2. Baca penjelasan yang ditampilkan di layar, lalu tekan “next” untuk melanjutkan pembuatan saluran.
  3. Setelah selesai, masuk ke halaman profil dengan cara menyentuh gambar profil yang di sebelah kanan.
  4. Sentuh ikon “+” untuk mengunggah video.
  5. Isikan judul dan informasi lainnya yang dibutuhkan, lalu tekan “Post” untuk mengunggah video tersebut.
  6. Selesai!

Proses unggah video ke IGTV cukup sederhana. Namun, ingatlah bahwa aplikasi tersebut tidak dapat mengambil video secara langsung. Dengan kata lain, Anda perlu merekam video terlebih dahulu dengan kamera atau aplikasi lain sebelum mengunggahnya.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari apa itu IGTV beserta cara pemakaiannya. Apabila Anda sudah memiliki aplikasi Instagram di ponsel, Anda dapat langsung mengakses IGTV melalui ikon televisi yang ada di sebelah kanan atas. 

Selain bisa menjadi tempat untuk mengekspresikan diri, IGTV juga membuka peluang untuk mempromosikan bisnis ke pasar yang lebih luas. Pasalnya, saat ini ada tidak kurang dari 200 juta pengguna yang mampir ke akun khusus bisnis setiap harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post