Apa itu Landing Page dan Fungsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Anda punya usaha online tetapi merasa bingung dalam memilih strategi pemasaran yang tepat? Mungkin, solusinya ialah landing page dari website yang dikenal dapat membantu para pedagang online menghasilkan pundi-pundi rezeki. Namun, asing kah istilah itu di telinga Anda? Jika demikian, Anda perlu mengetahui apa itu landing page dan deretan fungsinya. 

Bisa jadi, masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah pernah melihatnya pada peristiwa sehari-hari. Jadi, yuk, ketahui lebih mendalam mengenai pengertian dan fungsinya. 

Apa itu Landing Page?

Landing page merupakan halaman dalam sebuah situs web yang dirancang dengan orientasi marketing produk yang ditawarkan. Halaman ini pula yang muncul saat pengunjung sedang mengakses situs berdasarkan hasil dari paid search (pencarian berbayar). Seperti arti kata landing (pendaratan), diharapkan pengunjung situs yang mulai tertarik pada produk atau layanan akan “mendarat” pada landing page. Lalu, apa beda antara landing page dan homepage?

Menyoal perbedaan, sebenarnya dari segi fungsi, Anda dapat membedakannya secara sederhana. Sementara homepage memiliki fungsi umum, sedangkan halaman pendaratan memiliki fungsi yang lebih khusus. Kita dapat mengumpamakan perbedaan ini dengan sebuah rumah. Homepage bagaikan sebuah beranda rumah yang dihiasi berlimpah ornamen agar dapat menarik banyak orang untuk mengunjunginya. 

“Ornamen” sebuah homepage pada umumnya berupa beragam tulisan, tombol navigasi, serta display visual. Sebaliknya, pada landing page, hanya terdapat 1-2 “ornamen” saja yang fungsinya lebih spesifik. Ibaratnya, terdapat satu atau dua ruang khusus di sana, seperti ruang tamu atau ruang kerja. 

Baca Juga: Manfaatkan Landing Page Untuk Website Bisnis Anda

Landing Page Vs Homepage 

Apa itu landing page jika dibandingkan dengan homepage? Perbedaan di antara kedua elemen penting pada website tersebut dapat dijabarkan pada poin-poin di bawah:

Ciri-ciri landing page:

  • Dilengkapi fungsi khusus pada website, misalnya, untuk mengajak pengunjung untuk mendaftarkan diri pada newsletter atau mailing list
  • Mengandung strategi pemasaran agar konsumen dapat lebih fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan pada situs dan segera membeli atau berlangganan. 
  • Menawarkan informasi spesifik mengenai produk atau jasa kepada konsumen.

Ciri-ciri homepage:

  • Merupakan tampilan dari bagian halaman pertama pada website.
  • Menampilkan sejumlah tautan URL (Uniform Resource Locator) dan tombol navigasi yang mengarahkan pada halaman-halaman penting dalam situs web.
  • Mengedukasi pengunjung informasi tentang layanan atau produk yang ditawarkan.

Jenis-jenis

Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dari halaman marketing pada website tersebut. Terdapat dua tipe landing page yang perlu diketahui, yakni:

  • Click-through umumnya dipakai pada situs web maupun aplikasi e-commerce dengan metode marketing B2C. Biasanya, pada halaman hanya terdapat satu tombol sederhana dengan opsi “shop now!”, “pilih sekarang!”, “beli sekarang!”, atau “dapatkan segera!”. 
  • Lead generation difungsikan untuk mengumpulkan data pribadi calon konsumen potensial. Biasanya, data yang dikumpulkan berupa nama serta alamat email ini akan disimpan untuk kemudian digunakan untuk tujuan bisnis seperti berbagi informasi penawaran diskon, berita, promo, downloadable contents, dan lainnya. Ini adalah metode marketing B2B. 

Fungsi-fungsi

Berdasarkan dua jenisnya, terdapat pula dua fungsi utama dari halaman penting pada website itu. Pertama, dapat berguna untuk mengumpulkan informasi pribadi dari pengunjung yang potensial (populer dengan sebutan leads)

Wajib hukumnya menjaga leads sehingga mereka akan melakukan “konversi” yang diharapkan pemilik bisnis seperti mendaftarkan diri pada akun website, berlangganan layanan (baik yang gratis maupun berbayar), mengunduh konten, hingga membeli produk, dan sebagainya.  

Kedua, berperan dalam mempercepat transaksi karena halaman ini bebas dari distraksi dari tombol navigasi atau opsi-opsi menu. Artinya, ini merupakan akses khusus bagi pengunjung situs untuk mendapatkan informasi, produk, atau layanan yang ditawarkan. Itulah mengapa biasanya iklan-iklan selalu ditampilkan pada halaman pendaratan ini. Nah, setelah mengetahui info tentang apa itu landing page dan fungsinya, sudah tertarik untuk membuat situs web untuk usaha Anda? Jika demikian, gunakan saja jasa pembuatan website tepercaya, ToffeeDev untuk mendapatkan situs web atau aplikasi bisnis yang andal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post