Mengenal Apa itu SEO Marketing

apa itu SEO marketing

Banyak orang mengenal SEO marketing sebagai strategi agar website toko bisa muncul sebagai top search Google. Namun, pada kenyataannya, SEO marketing tidak terbatas pada itu saja. Apabila mampu mengolah SEO dengan maksimal, maka Anda juga akan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website Anda. 

Ingin tahu lebih dalam tentang apa itu SEO marketing? Jika demikian, mari usut tuntas seluk-beluk apa itu SEO marketing dan fungsinya untuk mengembangkan bisnis Anda dalam artikel berikut ini.

Definisi SEO Marketing

Apa itu SEO marketing? SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. SEO adalah strategi pemasaran atau upaya untuk mengoptimalkan website agar mendapat ranking teratas atau top search pada hasil pencarian Google. SEO marketing mampu membuat orang-orang mengunjungi website Anda sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

Sebenarnya, SEO marketing juga bisa diterapkan untuk semua mesin pencarian. Misalnya, Yahoo, Bing, Amazon, dan sebagainya. Namun, mesin-mesin pencarian tersebut dianggap tidak begitu banyak digunakan oleh masyarakat luas. Maka dari itu, SEO marketing lebih difokuskan pada Google karena merupakan search engine favorit sekaligus yang paling banyak digunakan oleh mayoritas pengguna internet.

Terkadang, SEO juga disebut dengan hasil pencarian organik. Hal ini disebabkan karena aktivitas pencarian informasi yang dilakukan berasal dari individu yang memasukkan keyword tertentu pada search bar Google. Anda hanya mengoptimalkan unsur-unsur seperti penyebaran keyword, isi konten, meta tags, dan sebagainya agar website bisa tampil alami sebagai hasil pencarian teratas. Anda pun tidak menggunakan fitur ads atau iklan SEM (Search Engine Marketing) yang otomatis bisa menaikkan website secara cepat dan instan.

Baca Juga: 3 Strategi Meraih Peluang Bisnis dengan SEO Marketing

Mengapa SEO Marketing Diperlukan oleh Bisnis?

Setelah memahami apa itu SEO marketing, maka yang perlu Anda pahami selanjutnya adalah apa fungsi SEO untuk bisnis Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar traffic pada website bisnis sesungguhnya berasal dari mesin pencarian. Maka dari itu, alih-alih menggunakan link website yang dicantumkan pada bio Instagram, fitur swipe up, atau sebagainya, menggunakan SEO jauh lebih efisien.

Apa pun bidang industri bisnis Anda, semuanya memiliki karakteristik traffic yang sama. Mulai dari fashion and beauty, teknologi, kesehatan, bisnis dan marketing, desain, travel, maupun crypto, semuanya memperoleh traffic yang besar dari hasil mesin pencarian. Jumlah traffic inilah yang mampu memengaruhi keberhasilan website Anda untuk mencapai tujuannya.

Selain bertujuan untuk menampilkan website sebagai top search, SEO marketing juga bisa meningkatkan penjualan dan konversi. Banyak pengusaha yang mengaku bahwa SEO mampu hasilkan lebih banyak pelanggan daripada trik marketing lainnya. Ditambah, SEO juga bisa menjadikan brand Anda top of mind di kalangan masyarakat. 

Baca Juga: 4 Manfaat SEO Marketing yang Penting untuk Bisnis Anda

7 Tips SEO Marketing untuk Bisnis 

Mempelajari apa itu SEO marketing dan menerapkannya memang cukup menantang. Namun, Anda pasti akan ketagihan apabila mendapat hasil yang diinginkan. Apabila Anda ingin mulai menerapkan SEO untuk bisnis Anda, simak 7 tips SEO marketing berikut ini terlebih dahulu.

1. Atur Tools SEO

Pengaturan tools SEO adalah langkah awal yang bisa Anda terapkan. Pengaturan ini berfungsi sebagai fondasi yang bisa membuat SEO Anda lebih kokoh. Tools SEO yang perlu Anda atur meliputi Google Analytics, Google Keyword Planner, dan Google Webmaster Tools. 

2. Lakukan Audit Website

Apabila Anda sudah memiliki website, sebaiknya segeralah melakukan audit setiap menerapkan SEO. Hal ini disebabkan oleh aktivitas Google yang selalu menjadi lebih ketat atas aturan dan penaltinya sewaktu-waktu. Melakukan audit pada website bisa menyelamatkan Anda dari penalti tersebut.

3. Penggunaan WWW

Salah satu bagian penting dari apa itu SEO marketing untuk bisnis adalah www yang tercantum di depan alamat website Anda. Anda bisa menggunakan alamat yang menyertakan www maupun tidak. Misalnya, www.namabisnis.com atau namabisnis.com saja. Hal ini berkaitan dengan cara search engine melihat website Anda.

Namun, Anda harus memilih salah satunya saja karena apabila Anda memakai keduanya, maka search engine akan melihat website Anda sebagai dua lokasi yang terpisah. Hal ini justru akan merusak peringkat dan kualitas link Anda.

banner

4. Navigasi 

Berikutnya, ada navigasi yang berhubungan dengan identifikasi alasan pengunjung datang ke website Anda, keluar dari halaman utama, atau istilah pencarian yang ditemukan pada website Anda. Di sini, Anda harus membangun navigasi universal. Misalnya, menggunakan HTML untuk drop down menu agar bisa terbaca oleh search engine, atau dengan menambahkan filter apabila produk Anda lebih dari 20 item sehingga bisa mempersempit pencarian pengunjung.

5. Konten On-page

Bicara apa itu SEO, tentu tak lepas dari konten on-page. Anda harus punya konten-konten yang berkualitas bagi pengunjung. Tulisan yang berkualitas juga bisa menentukan keberhasilan SEO. Maka dari itu, Anda harus punya skill menulis yang kuat agar penggunaan keyword optimal.

Baca Juga: 12 Cara Mendatangkan Traffic ke Blog dengan Menggunakan Teknik SEO

6. Meta Tags dan Meta Desc

Meta tags adalah “keyword sampingan” atau frasa-frasa yang berkaitan dengan keyword. Sedangkan meta desc adalah kalimat deskriptif yang muncul di layar hasil pencarian. Meski tampak biasa saja, meta tags dan meta desc ternyata bisa memengaruhi peningkatan kualitas website dengan tajam. Standarnya, meta desc terdiri dari 160 karakter dan mencakup frasa keyword.

7. Off-page

Off-page adalah upaya yang dikenal pada SEO marketing dalam memaksimalkan pemasaran di media sosial. Anda bisa manfaatkan Instagram, Facebook, Twitter, dan media sosial lain sebagai alat bantu untuk dongkrak traffic lebih banyak lagi.

Itulah 7 tips SEO marketing yang bisa Anda coba untuk website Anda. Mendalami apa itu SEO marketing memang butuh waktu karena unsur-unsurnya banyak dan rumit. Namun, tak perlu khawatir. Anda bisa gunakan jasa SEO dari ToffeeDev saja! ToffeeDev bisa bantu mengembangkan Digital Marketing Anda, termasuk optimasi SEO, agar website Anda makin menjadi top of mind. Hubungi tim ToffeeDev di kontak ini bila Anda tertarik!

Share this on :

Scroll to Top
WhatsApp chat