Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Pada dasarnya, bisnis adalah sebuah dunia yang memiliki banyak ilmu. Tentu saja ilmu-ilmu ini sangat berguna di dalam perjalanan bisnis. Dengan menerapkan ilmu yang ada, maka bisnis bisa berjalan lebih lancar dan tahu bagaimana membuat target yang jelas. Ada salah satu ilmu dalam bisnis yang sangat berguna dan tetap relevan hingga saat ini, yaitu SWOT.

Bisa dipastikan ilmu tentang metode sudah banyak diketahui oleh orang-orang yang memang terjun di dalam dunia bisnis. Namun kalau memang Anda belum tahu tentang SWOT, tidak masalah. Tidak ada kata terlambat untuk mengenal sistem analisa SWOT yang sebenarnya merupakan sebuah akronim. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu SWOT?

Analisis SWOT merupakan sebuah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. SWOT analisa diperkenalkan pertama kali oleh Albert Humphrey yang merupakan seorang pimpinan proyek di Universitas Stanford. Metode ini dibuat oleh Albert berdasarkan sebuah anggapan jika strategi yang efektif berasal dari faktor internal dan eksternal dari sebuah bisnis atau organisasi. Maka dari itu, Albert membuat sistem SWOT yang menggabungkan empat faktor dari internal dan eksternal.

Selain itu sistem analisa SWOT yang dibuat oleh Albert juga berfungsi untuk mengetahui apa saja kelemahan yang ada di dalam bisnis dan tentunya harus dihindari dan diperbaiki. Apalagi dalam bisnis, pasti ada ancaman dari pihak luar. Itu pula fungsi dari kehadiran sistem analisis SWOT. Dengan begitu, dari segi bisnis akan menjadi jauh lebih baik ke depannya. Strategi yang dibuat pun jauh lebih matang dan mampu melihat kondisi industri pada saat itu.

Apa Fungsi dari Sistem Analisis SWOT?

Fungsi dari metode ini adalah untuk menjadi menganalisa data dari perusahaan untuk menemukan aspek-aspek penting dari sisi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman (threats).

Dengan mengetahui keempat aspek tersebut, maka diharapkan agar perusahaan bisa memaksimalkan kekuatan, mengurangi ancaman, membangun peluang, dan meminimalkan kelemahan weaknesses.

Hal ini cukup mencakup sumber daya manusia, laporan keuangan, pihak luar perusahaan, hingga melihat kelemahan internal yang seharusnya bisa diminimalisir sebaik mungkin. Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana melakukan SWOT analisis untuk menentukan arah dari perusahaan pada masa mendatang.

Metode Analisis SWOT

Untuk melakukan analisis SWOT pada perusahaan, Anda harus membuat tim yang terdiri dari perwakilan seluruh departemen yang ada di perusahaan. Dengan mengumpulkan tim dari perwakilan seluruh departemen, Anda bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada di setiap departemen.

Melakukan analisis SWOT sangat mirip dengan pertemuan atau meeting untuk mendengarkan pendapat dari masing-masing departemen. Tujuan dari melakukan analisis SWOT adalah untuk mengetahui cara yan benar dan salah dalam menjalankan suatu hal.

Contoh Analisis SWOT

Untuk mengetahui contoh analisis SWOT yang digunakan untuk menciptakan strategi baru, sebaiknya Anda mengetahui tentang apa saja isi dari masing-masing bagian. Mari kita urutkan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats untuk mengetahui contoh analisis SWOT.

1. Kekuatan (Strength)

Sesuai namanya,kekuatan (strength) berarti kekuatan yang ada di dalam bisnis Anda. Strength (kekuatan) termasuk ke dalam faktor internal yang harus diperhatikan agar bisnis Anda dapet berjalan lebih baik dari bisnis kompetitor. Dengan memperhatikan faktor internal dari strengths atau kekuatan, Anda bisa mempertimbangkan apa saja kekuatan bisnis Anda yang bisa membuat angka penjualan naik, serta apa saja sumber daya yang bisa Anda dapatkan tapi orang lain tidak bisa mendapatkannya?

2. Kelemahan (Weakness)

Selain strengths atau kekuatan, faktor internal lain yang menjadi contoh dari sistem analisis SWOT adalah kelemahan (weakness). Dalam membangun bisnis, Anda juga harus mempertimbangkan apa saja kelemahan dari bisnis yang Anda miliki dan harus diperbaiki. Dengan mengetahui kelemahan (weakness) atau kelemahan, anda juga bisa mengetahui apa saya penyebab bisnis Anda mengalami penurunan dari sisi penjualan, serta sumber daya apa yang harus dimaksimalkan penggunaannya.

3. Peluang (Opportunities)

Contoh ketiga opportunities atau peluang. Opportunities merupakan faktor eksternal yang juga harus diperhatikan untuk membangun sebuah bisnis. Dalam membangun sebuah bisnis, Anda harus bisa melihat opportunities (peluang) apapun yang bisa diambil untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Dengan melihat opportunities (peluang) yang ada, bisnis Anda bisa berjalan lebih baik lagi kedepannya.

4. Ancaman (Threats)

Terakhir ada threats atau ancaman yang merupakan faktor eksternal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah bisnis. Threats atau ancaman menjadi faktor eksternal yang harus selalu diperhatikan, karena sebagai pebisnis, Anda harus bisa peka mengenai masalah apa saja yang bisa didapatkan dari pihak luar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan threats (ancaman) yang bisa terjadi dari sumber daya yang ada di dalam perusahaan serta kelemahan internal yang juga bisa menjadi ancaman serius bagi perusahaan dan bisnis Anda.

Baca Juga: Mencari Solusi Bisnis Saat Corona Masih Ada

Manfaat Analisis SWOT

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem analisis SWOT memiliki manfaat sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis. Dengan SWOT, Anda bisa mengerti tentang bagaimana menjalankan strategi misi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tidak cuma itu saja, sistem analisis SWOT juga berguna untuk membantu para stakeholders untuk mengetahui kondisi faktor internal dan faktor eksternal dari perusahaan. SWOT juga membantuk Anda dalam menetapkan prioritas utama bisnis perusahaan.

Dalam kata lain tanpa adanya informasi dari sistem analisis SWOT, potensi pasar, minat, dan peluang yang ada menjadi samar untuk dilihat. Maka dari itu, penting sekali untuk mulai menerapkan salah sistem analisis SWOT untuk kelancaran bisnis Anda.

Kesimpulan Tentang Analisis SWOT

Dari penjelasan kami di atas, maka Anda bisa mendapatkan pengertian analisis SWOT yang pastinya saling berkesinambungan dan bisa menjalankan bisnis Anda menjadi lebih siap lagi. Ayo membuat analisis SWOT dari sekarang agar bisnis siap berkembang dengan melihat peluang dan ancaman yang ada ketika mengembangkan bisnis.

Semoga informasi mengenai SWOT yang diberikan lewat artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post