Apa itu UI dan UX design? : Pengertian dan Perbedaannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

User Interface (UI) dan User Experience (UX) dalam pengembangan website dan aplikasi memang sangat penting dan saling berkaitan. Namun, manakah yang lebih penting di antara keduanya? Apakah bagus di salah satu elemen saja sudah cukup? Atau perlu keduanya? Mari simak penjelasan mengenai UI dan UX di artikel berikut ini.

Apa itu UX (User Experience)?

User Experience atau UX adalah cara dan pengalaman seseorang dalam merasakan sesuatu, seperti dalam sebuah sistem, jasa atau produk. Desain UX sendiri merupakan sebuah proses untuk menciptakan produk yang memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk Anda. Pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk.

Adapun, komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna. UX juga meliputi bagaimana Anda menentukan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target pengguna Anda. 

Pengertian User Interface (UI)

UI adalah bagian dari UX yang berupa tampilan visual design sebuah sistem. Tampilan tersebut memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan suatu produk. 

Selain berfungsi sebagai penghubung, UI juga berfungsi untuk memperindah tampilan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Namun, tak hanya harus indah, UI juga harus mudah digunakan. 

Beberapa komponen UI diantaranya adalah komponen tombol, ikon tipografi, tema, layout, animasi yang tampil pada produk, dan visual interaktif lainnya. Semua komponen UI tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan pengguna. Jadi, pengguna dapat menikmati produk Anda. 

Perbedaan antara UI dan UX

User Experience adalah cara aplikasi bekerja dan memberikan respons yang diperlukan yang diharapkan orang saat berinteraksi dengannya. Cukup berbeda dengan User interface, dimana user interface berfokus pada elemen visual yang ada.

Hal yang terpenting dalam desain UX adalah kompatibilitas pada beberapa perangkat yang berbeda, seperti dari segi ukuran layar, resolusi yang berbeda, dll. Sedangkan dalam desain UI yang baik yaitu menghadirkan perpaduan yang teroptimasi dan seimbang antara desain visual, interaksi, dan arsitektur informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post