Apa Itu VPS
Apa itu VPS dan Fungsinya
Maret 19, 2021
Contoh Landing Page
5 Contoh Landing Page yang Menarik
Maret 19, 2021

Apa Itu WordPress dan Kegunaannya?

Apa Itu WordPress

wordpress 588494 1280

Apa itu WordPress? Para blogger maupun penulis konten digital mungkin sudah hafal dengan nama ini. Baik sebagai platform gratis maupun domain berbayar, nama ini sudah terkenal karena membawa kemudahan dalam membuat situs sendiri.

Apa itu WordPress?

WordPress atau wordpress.com adalah sebuah platform pembuat blog dan website yang paling banyak dipakai saat ini. Bahkan, sekitar 30% blogger dan penulis konten memakai WordPress yang CMS-nya user-friendly ini. Misalnya, untuk blog pribadi, toko online, hingga website untuk perusahaan. Banyaknya fitur dari platform ini membuat banyak pengguna betah memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

9 Fitur WordPress

WordPress mempunyai sembilan fitur yang dapat digunakan:

1. Post

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk mempublikasikan (posting) artikel. Cara pemakaiannya mudah. Sekali klik, akan muncul submenu klik berupa add new dan all posts. Jika ingin menambahkan artikel atau tulisan lain, pilih saja add new. Submenu all posts menampilkan jajaran artikel yang sudah dipublikasikan atau diposting.

2. Pages

Fitur ini nyaris mirip dengan fitur post. Bedanya, fitur pages berfungsi menunjukkan sitemap, privacy policy, kolom contact us, dan masih banyak lagi. Pengguna bisa menambah halaman baru dengan fitur ini. Ingin menambahkan deskripsi blog hingga mengisi kolom kontak juga bisa.

3. Media

Agar artikel di blog makin menarik, tambahkan gambar atau video dengan fitur ini. Cara pertama, cukup klik kumpulan menu di sebelah kiri. Lalu tambahkan media yang diinginkan. Cara kedua, langsung saja edit di halaman utama.

4. Comment

Ingin tahu tanggapan pembaca mengenai isi blog Anda? Aktifkan fitur ini. Bila ingin lebih selektif, aktifkan filter agar tidak semua komentar pembaca langsung ditampilkan begitu saja. Terlebih lagi, kemungkinan banyak juga yang iseng meninggalkan komentar berupa spam. Yang ada, hal ini dapat merusak nilai dan reputasi blog yang bersangkutan.

5. Appearance

Banyak themes atau templates di WordPress yang dapat digunakan blogger untuk mempercantik blog mereka. Ada yang harus diunduh dulu sebelum digunakan. Bila bosan atau memang bagian dari rebranding produk di dalam blog, mengganti templates juga sangat mudah.

6. Plugins

Plugins adalah fitur tambahan untuk mendukung blog atau website sesuai konsep dan kebutuhan. Misalnya, bila ingin buka toko online, manfaatkan fitur ini untuk tombol-tombol tambahan, seperti tombol pemesanan dan pembayaran.

7. Tools

Fitur ini bisa digunakan bila ingin memindahkan isi blog atau website ke blog atau website lainnya. Caranya adalah dengan klik tombol untuk mengimpor (import) untuk memindahkan dan tombol untuk mengekspor (export) untuk menaruh konten di blog atau website tujuan. Bila data website lebih kompleks dan mendetail, fitur ini dapat memudahkan proses perpindahan.

8. Users

Sebagai pemilik (admin) blog atau website yang bersangkutan, Anda dapat menambah user (pengguna) dengan fitur ini. Misalnya, Anda baru saja merekrut penulis konten baru. Agar penulis dapat mengakses blog, gunakan fitur users untuk membantu mereka masuk dan memposting artikel/tulisan.

9. Setting

Sebelum bisnis digital berkembang, sebaiknya Anda mulai menguasai fitur ini dulu. Nantinya, fitur settings dapat membantu Anda mengatur operasional keseluruhan blog atau website. Misalnya, menambah plugins.

Baca Juga: 3 Cara Membuat WordPress dengan Mudah Terbaru

Keunggulan WordPress

Nah, kita sudah tahu bahwa fungsi WordPress adalah untuk membuat blog atau website pribadi atau untuk perusahaan. WordPress juga bisa untuk toko online. Ada versi gratis maupun domain berbayar. Dengan ribuan plugin hingga banyak tema untuk templates, bisnis digital Anda bisa langsung menarik perhatian.

Selain itu, komunitas WordPress sudah sangat besar, lho.Nah, sudah tahu apa itu WordPress dan kegunaannya? Sekarang saatnya memanfaatkan WordPress secara maksimal.

Dwivy Andre
Dwivy Andre
Website Developer at Toffeedev and Interest in Website Enginer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments