Apakah Blog Pada Website Masih Relevan Di Tahun 2022?

Hi! Welcome back to Toffee #SharingMonday. Setiap hari Senin, kami akan berbagi insight seputar Digital Marketing, Design, dan Website. Sharing kali ini bersama saya Esther Novita Inochi, saya adalah seorang content writer di ToffeeDev. Saya akan mulai video ini dengan satu pertanyaan: Apakah blogging masih relevan di tahun 2022 ini?

Kebanyakan orang saat ini kan lebih suka nonton reels di Instagram, Facebook, atau TikTok daripada membaca sebuah web blog di website. Ada juga yang lebih suka denger podcast panjang-panjang atau dengar video di YouTube panjang-panjang daripada membaca, kan? Pertanyaannya, emang benar masih relevan? Jawabannya, ya tentu saja masih relevan! Padahal kegiatan blogging itu udah lama banget exist di internet, kan? Even sebelum media sosial mulai booming. Apa saja ya alasannya?

1. Sebagai Media Untuk membangun Brand Awareness

Pertama, blogging itu adalah media atau sarana untuk membangun brand awareness. Khususnya jika Anda memiliki sebuah bisnis. Ketika orang mendengar tentang bisnis Anda untuk pertama kalinya, mereka akan langsung cari informasinya di Google. Hasil pencarian di Google itu akan membawa orang-orang untuk menemukan website Anda, untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda. Apa yang Anda jual, background bisnis Anda, dan banyak lagi deh pokoknya. Alasan ini tentunya tidak lepas dari peran besar SEO, Anda kini bisa mengoptimasi dan mengatur halaman website supaya bisa muncul di hasil pencarian Google. Terus, teknik ini tapi harus dilengkapi dengan penempatan keyword di artikelnya supaya website Anda bisa tumbuh dengan cepat di halaman pertama dan langsung diindeks oleh Google.

2. Sebagai Sarana Untuk Menunjukkan Keahlian Dalam Bisnis ANda

Yang kedua nih, blogging itu bisa menjadi sarana untuk menunjukkan keahlian Anda di suatu bisnis sehingga bisnis Anda itu lebih dipercaya oleh banyak orang. Ketika Anda memulai suatu bisnis, Anda pastinya punya keahlian atau pengalaman di bidang tersebut. Misalnya nih Anda punya bisnis konstruksi, pasti Anda sudah berpengalaman banget di bidang tersebut. Anda pasti sudah mengetahui seluk beluk tentang konstruksi dan bagaimana tips yang tepat untuk membangun konstruksi yang hebat.

Anda perlu menunjukkan keahlian tersebut di dalam tulisan blog di website Anda. Caranya itu adalah tulislah artikel yang relevan dengan bisnis Anda. Tapi jangan lupa untuk riset keyword dulu, ya. Biar artikel Anda bisa tembus di SERP. Satu hal yang paling penting, tulisan-tulisan di blog Anda itu pasti akan bermanfaat untuk pembaca atau pelanggan setia Anda. Mereka bisa terinspirasi dari tulisan positif Anda atau bahkan bisa terbantu dengan tips atau artikel yang Anda bagikan. Jadi, menarik banget bukan? Anda bisa menebar manfaat secara tidak langsung walaupun hanya lewat tulisan-tulisan blog? So, jangan biarkan halaman website Anda kosong tanpa tulisan-tulisan di blog, ya. Jadi, tunjukkan keahlian Anda lewat tulisan di blog website dan pembaca Anda pasti akan merasa terbantu dan merasakan manfaatnya dengan kehadiran Anda di dunia digital.

Sekian insight hari ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share, ya. Jika Anda punya usulan untuk topik untuk kami bahas di video berikutnya, silakan comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat