5 Aplikasi Website Untuk Membuat Situs

Jika Anda masih baru terjun ke dunia desain website, Anda mungkin belum tahu aplikasi website apa yang cukup bagus untuk digunakan. Apalagi sekarang ini ada begitu banyak pilihan yang bisa saja membuat para pemula cukup kebingungan. Biasanya akan butuh waktu sampai Anda benar-benar menemukan satu aplikasi yang cocok untuk merancang website Anda.

Memilih aplikasi website perlu mempertimbangkan fungsionalitas dan tujuannya. Pasalnya, tidak ada aplikasi yang benar-benar cukup bagus untuk segala tujuan dan fungsi. Jadi, Anda akan perlu sedikit riset untuk bisa menemukan yang setidaknya cocok dengan tujuan Anda.

Rekomendasi Aplikasi Website

Agar Anda tidak perlu membuang terlalu banyak waktu untuk mencari yang sesuai, berikut ini 5 rekomendasi aplikasi situs web yang layak dipertimbangkan.

1. WordPress

WordPress merupakan nama perangkat lunak pembuat website yang sudah sangat terkenal dan umum digunakan. Bahkan untuk pemula, aplikasi ini juga tidak sulit digunakan meski baru mengetahui dasar-dasar pembuatan situs web saja. Pasalnya, WordPress sangatlah fleksibel, kaya fitur, dan sangat mudah untuk digunakan.

Saat ini, sebanyak 35% website di dunia bahkan menggunakan WordPress. Perangkat lunak ini sudah banyak digunakan untuk berbagai blog terkenal, toko-toko online, komunitas, dan banyak lagi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja CMS WordPress?

2. Bootstrap

Bootstrap awalnya dibuat oleh tim teknik Twitter dan kini sudah menjadi aplikasi pembuat website mobile yang paling terkenal. Pada dasarnya, aplikasi ini adalah pustaka HTML, CSS, dan JavaScript gratis yang menyederhanakan proses coding website dari awal. 

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur seperti sistem grid, responsive breakpoints, dan pustaka yang terisi banyak komponen untuk memudahkan dan mempercepat proses coding.

3. Wix

Wix memiliki fitur yang hampir menyerupai WordPress dan cocok digunakan untuk merancang website blog maupun toko online. Aplikasi ini memiliki fitur editor drag-and-drop sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit desain situs mereka. 

Aplikasi ini merupakan layanan berlangganan penuh, yang artinya perusahaan akan mengurus semua detail terkait hosting, back up, dan keamanan situs yang Anda buat di sana. Meski demikian, Wix juga menawarkan versi gratis jika Anda masih ragu untuk berlangganan penuh.

Versi gratis Wix akan memunculkan iklan pada situs, tapi tetap menawarkan ratusan template dan pilihan yang bisa Anda gunakan. 

4. Dreamweaver

Dreamweaver merupakan aplikasi dari Adobe yang dibuat untuk coding, mengedit, dan merancang suatu situs Anda bisa mengedit website baik secara manual maupun melalui antarmuka visual yang intuitif menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini juga menghadirkan berbagai fitur tradisional seperti syntax-highlighting, automatic code-completion, dan kemampuan untuk mengecilkan atau memperbesar tampilan suatu bagian kode. 

Hebatnya lagi, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan Bootstrap. Selain itu, semua perubahan yang Anda lakukan pada kode website akan secara otomatis tampil secara bersamaan di antarmuka Dreamweaver.

5. Squarespace

Aplikasi website lain yang juga sangat mudah digunakan adalah Squarespace. Sama seperti Wix, aplikasi ini juga menawarkan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan. Anda juga bisa menemukan beragam tema dan warna serta berbagai standar seperti SSL encryption yang cocok digunakan untuk membuat toko online.

Biaya berlangganan Squarespace cukup murah, yaitu $12 per bulan dengan batasan 20 halaman dan 2 kontributor. Namun hanya dengan membayar $18 per bulan, Anda bisa menggunakan Squarespace tanpa batasan apa pun.Selain lima rekomendasi di atas, masih ada beberapa aplikasi website lain yang juga cukup bagus untuk digunakan. Namun, jika Anda ingin membuat website pribadi yang sederhana, website bisnis atau toko online, lima aplikasi sudah cukup bagus untuk kebutuhan Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat