Apa Itu Ecommerce
Apa Itu Ecommerce? Dapatkan Jenis dan Manfaatnya
Maret 4, 2021
Bisnis Digital
7 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan
Maret 4, 2021

Pilihan 7 Tools Backlink Checker

backlink checker

backlink checker

Penggunaan backlink (tautan) melalui strategi SEO di website terbukti efektif meningkatkan traffic. Backlink juga membantu meningkatkan performa website di Google. Biasanya untuk mengetahui apakah ada backlink atau tidak di website, digunakan tool backlink checker

Apa saja Tools Backlink Checker yang bisa digunakan?

Berikut ini adalah 7 tools backlink checker yang direkomendasikan.

1. SEMRush

SEMRush menjadi salah satu alat pemeriksa backlink yang sangat direkomendasikan. Alat pemeriksa ini memiliki berbagai fitur yang canggih dan mumpuni untuk menganalisis tautan di website. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda harus login ke SEMRush. 

Ketika sudah berhasil login, Anda pilih fitur Backlink Analytics dan ketik nama domain web Anda beserta web kompetitor. Anda akan melihat banyak informasi terkait domain dari website tersebut beserta tautan-tautannya. 

2. AHREFS

Siapa yang tidak kenal AHREFS? Situs ini menyediakan alat pemeriksa tautan berkualitas terbaik. AHREFS memiliki fitur penyedia data yang dapat membantu Anda mendapatkan backlink dan mengelolanya.

Cara memeriksa tautan di AHREFS cukup mudah. Anda tinggal memasukkan URL website di kolom yang tersedia. Setelah itu, alat ini akan memeriksa semua informasi tentang website yang menautkan ke halaman lain. Selain itu, Anda bisa melihat informasi tambahan, seperti peringkat domain serta jumlah frekuensi domain yang ditautkan ke website.

3. Moz Pro

Alat pemeriksa backlink yang direkomendasikan lainnya adalah Moz Pro. Moz Pro ini terkenal memiliki akurasi yang cukup baik. Tak salah banyak media-media besar dan digital marketer menggunakannya. Moz Pro memiliki fitur bernama Link Explorer, di mana fitur tersebut menginformasikan tentang tautan di website dengan rinci. 

Moz Pro juga dilengkapi dengan Link Intersect. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengamati website yang terhubung dengan website kompetitor. Jadi, website tersebut bisa Anda gunakan untuk menjadi target membangun backlink sekaligus untuk mengecek link yang lost.

4. Majestic

Majestic memiliki banyak fitur keren yang dapat melihat portofolio backlink di website. Jika Anda ingin menggunakan fitur di Majestic, ketik domain di kotak pencarian. Dari hasil pencarian, Majestic akan menginformasikan tentang jumlah backlink serta halaman mana yang memiliki performa yang lebih baik. 

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh informasi di bagian mana pada website yang membutuhkan backlink. Jadi, Anda bisa menaruh tautan tersebut agar website mendapat peringkat di mesin pencari.

5. LinkMiner

Tool besutan Mangools ini memang didesain khusus untuk mengecek backlink. Agar bisa digunakan, Anda harus memiliki akun Mangools. Setelah login, LinkMiner akan memfilter tautan berdasarkan link no follow, new, deleted, dan lost. Fitur lain dari LinkMiner yang tidak boleh dilewatkan adalah fitur Favorite Backlink. Fitur ini memudahkan Anda mengategorikan tautan-tautan dari website kompetitor. 

6. UberSuggest

Jika Anda mencari tool untuk memeriksa tautan di situs web, coba UberSuggest. UberSuggest memiliki fitur yang dapat melakukan riset keyword. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk melihat backlink di website secara terperinci. 

Anda bisa membaca penjelasan tentang tautan yang baru dan hilang serta tautan yang tidak diikuti (no follow). Semua data tersebut telah difilter berdasarkan kategori, seperti teks tautan, wilayah geografis, score laman, score domain, dofollow, dan nofollow.

7. BuzzSumo

BuzzSumo memiliki fitur yang dapat menganalisis backlink di website Anda dan kompetitor. Untuk menggunakan tool ini, Anda bisa menggunakan kata kunci dan nama domain. Setelah itu, informasi tentang halaman dengan peringkat tertinggi di mesin pencari akan terlihat.

Berbagai tautan yang mengarah ke halaman tersebut bisa digunakan untuk membangun hubungan bisnis dengan situs tersebut. BuzzSumo juga memiliki fitur yang dapat mengoptimalkan penggunaan backlink yang tidak berperforma baik.Inilah 7 tools backlink checker yang direkomendasikan untuk memeriksa tautan di website. Jika Anda masih bingung bagaimana mengoptimalkan penggunaan backlink dalam strategi SEO, Anda bisa menggunakan jasa SEO. Jasa SEO akan membantu meningkatkan traffic website dan performa website Anda di mesin pencari.

Habiburachman
Habiburachman
Interest New Things About Social Media and SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments