Apa saja Aplikasi Keamanan Website yang Ada Saat ini?

Pentingnya Aplikasi Keamanan Website

Keamanan website menjadi satu hal yang harus dipenuhi di dalam semua website yang ada di dalam internet. Namun sayangnya, ada saja website yang tidak tahu atau tidak mampu memenuhi standar keamanan yang semestinya. Mereka malah membiarkan hal itu terus seperti sedia kala dan akhirnya masalah seperti terkena serangan hacker tinggal menunggu waktu saja. Untungnya saat ini ada beberapa cara dalam aplikasi keamanan website.

Padahal sebenarnya, saat ini cukup mudah untuk menjaga keamanan website asalkan tahu bagaimana caranya. Untuk menjaga keamanan website, cara paling mudah adalah dengan menggunakan SSL. Apa itu SSL? Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Amankan Website dengan SSL

Saat ini, ada satu cara sederhana namun memiliki pertahanan yang kuat dari serangan hacker untuk menjaga website. Cara tersebut adalah menggunakan Security Socket Layer atau biasa disingkat SSL.

SSL adalah teknologi yang bisa mengamankan proses dari pengiriman data antara web browser dan web server. Selain itu juga bisa juga mengamankan pertukaran data antar server. Tidak dapat dipungkiri, dalam proses pengiriman dan pertukaran data tersebut, sangat rentan dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itulah dibutuhkan SSL.

Keberadaan SSL bisa membuat website lebih aman ketika sedang melakukan transaksi, khususnya untuk website yang membutuhkan data penting konsumen. Apa saja data penting tersebut? Bisa dimulai dari alamat rumah, nomor handphone, password, email, nomor kartu kredit, dan lainnya.

Memang saat ini cukup banyak website yang membutuhkan data penting seperti itu di dalam melakukan transaksi. Beragam marketplace yang sudah digunakan oleh masyarakat luas membuat SSL untuk keamanan website menjadi penting.  Sebenarnya tidak hanya marketplace saja yang membutuhkan SSL, tetapi website perbankan dan keuangan juga membutuhkan SSL. Dengan barisan data penting sekaligus rahasia dari para penggunanya, maka dibutuhkan sistem SSL ini.

Masih Ada Cara Lain

Untuk bisa menjaga keamanan website dengan baik, sebenarnya masih ada cara lain yang bisa dilakukan. Apa saja caranya?

  • Cara pertama adalah Anda harus memiliki password yang kuat. Dalam mengurus website, pasti selalu diminta password untuk masuk ke dalam CMS. Agar website Anda tidak mudah dibobol, maka Anda harus memiliki password dengan variasi yang beragam dan kuat. Dengan begitu, maka akan jauh lebih aman.
  • Cara kedua adalah dengan terus melakukan update website. Banyak perusahaan yang website-nya tidak sering di-update. Ketika sudah terasa cukup dari segi informasi, maka hanya dibiarkan berjalan seperti itu tanpa ada pengecekan secara berkala. Padahal CMS sering memberikan update terkait keamanan website. Untuk itulah Anda perlu terus melakukan update website agar Anda tidak akan ketinggalan beragam update baru, khususnya keamanan.
  • Cara ketiga adalah melakukan backup. Pada dasarnya, website itu sudah pasti bisa di-backup. Apalagi ketika ada update Untuk menjaga data-data di dalam website tidak hilang, maka Anda bisa melakukan backup secara berkala. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu takut ada data-data yang hilang karena sudah ada backup.

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Website Demi Menjaga Data

Itulah aplikasi keamanan website yang bisa Anda terapkan di dalam website yang dimiliki. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat