7 Website Belajar Coding Gratis

Belajar Coding

Dulu pemrograman sering kali dikaitkan dengan keahlian yang hanya dimiliki oleh para kutu buku atau ahli komputer saja. Tapi siapa sangka bahwa sekarang ini mulai banyak orang yang bisa bahasa pemrograman meskipun dasar-dasarnya saja. Pasalnya, belajar coding atau bahasa pemrograman akan sangat berguna bagi para pekerja lepas maupun wirausaha untuk mengembangkan usaha mereka.

Para pekerja lepas atau wirausaha yang memiliki dasar-dasar pemrograman setidaknya tidak akan harus mencari ahli pemrograman untuk memperbaiki bug di situs mereka. Mereka bisa memperbaikinya sendiri yang tentu akan menghemat waktu dan biaya.

Berbagai Cara Belajar Coding Gratis

Anda tidak harus keluar banyak biaya jika ingin belajar coding. Berikut ini beberapa situs yang menawarkan belajar coding gratis yang sudah bisa Anda ikuti dengan mudah. 

1. Codecademy

Salah satu situs paling populer untuk belajar coding adalah Codecademy. Sebanyak 45 juta orang bahkan sudah menggunakan situs ini untuk memahami bahasa pemrograman. Ada banyak mater yang ditawarkan seperti HTML dan CSS, JavaScript dan SQL hingga Bash/Shell, Python, Ruby dan C++.

2. Coursera

Coursera didirikan pada tahun 2012 dan kini telah menjadi perusahaan pendidikan teknologi yang cukup terkenal.  Hingga sekarang, situs ini telah menawarkan lebih dari 1000 materi kursus dari 119 institusi, termasuk materi pemrograman. 

Ada beberapa materi dasar pemrograman dari beberapa Universitas ternama yang ditawarkan secara gratis di situs ini. Beberapa di antaranya termasuk University of Washington, Stanford, University of Toronto dan Vanderbilt.

3. Udemy

Udemy merupakan platform belajar online yang juga menyediakan materi pemrograman. Memang ada beberapa materi yang berbayar, tapi Udemy juga menyediakan banyak materi pemrograman gratis. Di situs ini, materi akan diberikan melalui video sehingga memudahkan para penggunanya. Salah satu materi pemrograman yang bisa Anda coba adalah Programming for Entrepreneurs yang mengajarkan Python Frameworks, API, HTML, CSS, +Payments, dan banyak lagi.

4. MIT Open Courseware

Jika sudah cukup memahami dasar-dasar pemrograman dan ingin belajar lebih lanjut, maka Anda bisa mengunjungi MIT Open Courseware. Di sini Anda akan menemukan materi pemrograman yang menarik seperti Java, MatLab and C dan C++. Ada juga kelas pengenalan untuk Ilmu Komputer dan Pemrograman dalam Python.

5. Code Avengers

Materi pemrograman di Code Avengers tersedia untuk berbagai usia dan profesi. Ada pelajaran pemrograman yang menyenangkan untuk anak usia 5 hingga 14 tahun, guru yang ingin mengajar coding, untuk orang yang ingin terjun ke dunia coding secara profesional, dan untuk para creator berusia 15 tahun ke atas. 

Materi yang diberikan di situs ini fokus pada desain game, C++, HTML, Python, dan lain-lain. Selain itu, materi juga tersedia dalam berbagai bahasa.

6. Khan Academy

Khan Academy merupakan salah satu institusi belajar online gratis pertama yang pernah ada. Institusi ini sudah berdiri sejak tahun 2006 dan menyediakan banyak materi pembelajaran termasuk untuk pemrograman. 

Situs ini menyediakan video tutorial bagaimana cara memprogram gambar, animasi dan game menggunakan JavaScript dan Processing JS, atau cara membuat halaman website menggunakan HTML dan CSS.

Baca Juga: Cara Membuat Website Sederhana Dengan HTML dan CSS

7. Web Fundamentals

Terakhir, tapi jelas bukanlah yang paling akhir yaitu Web Fundamentals. Situs ini menyediakan banyak tutorial, sumber pembelajaran dan pemutakhiran HTML5 yang terbaru. Karena bersifat open source, para pengembang dapat bermain-main dan mengutak-atik kode HTML di situs ini.

Meski demikian, Web Fundamental lebih cocok untuk orang-orang yang setidaknya sudah paham dengan dasar-dasar pemrograman. Jadi, pastikan Anda sudah belajar dasar pemrograman terlebih dahulu sebelum mencoba situs ini.Dulu belajar coding gratis memang sepertinya bukanlah hal yang mungkin dilakukan. Pasalnya, Anda akan membutuhkan buku-buku mahal dan ikut kelas khusus. Tapi sekarang sudah ada banyak tempat yang menyediakan tempat belajar coding gratis secara daring. Jadi, Anda tidak perlu lagi kesulitan mencari kelas khusus belajar pemrograman.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat