Berapa Biaya Iklan Di Dalam Facebook?

Biaya Iklan Di Facebook

Apakah Anda sedang mencari tahu mengenai biaya iklan di facebook ads? Salah satu teknologi yang sangat berguna untuk masyarakat luas pada hari ini adalah media sosial. Kemunculan media sosial membaut banyak orang bisa berkomunikasi dengan lebih intens, menjadi tempat mendapatkan informasi, hingga mengenal orang baru. Selain itu, media sosial juga bisa menjadi tempat promosi. Ada beberapa media sosial yang menyediakan fitur berbayar untuk memasang iklan online. Sebut saja Twitter, Instagram, hingga Facebook. Namun dalam artikel ini, mari membahas tentang berapa biaya iklan di Facebook.

Ketika mendengar bisa memasang iklan online dengan beragam fitur di dalamnya, pasti banyak yang mau mencobanya. Namun ada keraguan karena tidak tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam beriklan di Facebook. Tenang saja, Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang biaya iklan di Facebook yang bisa memberikan efek besar dalam promosi bisnis saat ini. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menentukan Biaya Iklan Di Facebook Ads

Sebelum masuk ke dalam penjelasan berapa biaya Facebook ads, Anda harus tahu berbagai macam fitur iklan di Facebook yang dapat menentukan biaya dari beriklan di Facebook Ads tersebut. Ya, sebagai media sosial, awalnya tidak ada fitur iklan online di media sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini. Namun ketika mulai banyak yang menggunakan Facebook sebagai tempat promosi, maka sudah waktunya memasang fitur iklan online di sini.

Media sosial yang mayoritas didominasi warna biru ini mencoba memberikan beberapa fitur iklan online yang bisa membuat para penggunanya mendapatkan pasar yang sesuai dan memperkirakan anggaran iklan yang tepat. Fitur-fitur itu terdiri dari:

1. Bisa Memilih Tujuan

Dalam menjalankan iklan di Facebook, Anda bisa memasang tujuan dari pemasangan iklan tersebut. Pertama, Anda diminta untuk memilih tujuan Facebook ads tersebut. Apakah mau untuk menaikkan brand awareness atau reach. Tujuan-tujuan tersebut difungsikan untuk menarik perhatian audience agar mengunjungi profil page yang dimiliki serta mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Kedua, Anda diminta untuk memilih tujuan utama dari kampanye Facebook ads tersebut. Pilihannya ada traffic, engagement, app installs, video views, lead generation, atau messages. Terakhir, Anda diminta memilih jenis konversi yang ingin didapatkan. Bisa memilih conversions, catalogue sales, atau store visits.

2. Bisa Memilih Target Bisnis yang Dituju

Selanjutnya Anda diminta untuk memilih target bisnis yang dituju. Target ini tentunya adalah orang-orang yang cocok untuk mengetahui dan membeli produk Anda. Ada lima poin yang bisa Anda atur supaya bisa mendapatkan target bisnis yang sesuai. Ada lokasi, demografi (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan), minat dari para pengguna Facebook, perilaku konsumen, dan koneksi. Dengan adanya fitur ini, maka iklan online Anda bisa terlihat oleh masyarakat yang sesuai dengan target bisnis.

Jasa SEO

3. Bisa Memilih Biaya yang Sesuai

Sekarang saatnya berbicara mengenai biaya Facebook ads. Pada dasarnya, Facebook tidak pernah memberikan ketentuan khusus di dalam urusan biaya Facebook ads. Mereka membebaskan Anda untuk memilih berapa biaya yang ingin dikeluarkan  setiap bulannya.

Ya, Facebook ingin agar semua angka nominal biaya yang sudah dipersiapkan oleh masing-masing bisnis bisa digunakan untuk pemasangan iklan online. Jadi, mau berapapun dana yang dimiliki, pastinya Anda bisa memasang iklan di Facebook. Namun tetap, besar kecilnya angka tersebut juga mempengaruhi jumlah iklan Anda muncul di halaman Facebook seseorang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal biaya ini.

Baca Juga: Facebook Ads: Fitur yang Menguntungkan Pengiklan

Perhitungan Biaya Facebook Ads

Setelah mengetahui cara menentukan biaya Facebookd ads, Anda mungkin penasaran berapa besar kocek yang harus anda keluarkan untuk memulai kampanye Facebook ads Anda. Jawabannya, tergantung dengan budget Anda. 

Beriklan di Facebook tidaklah mahal. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar untuk menggunakan Facebook ads, cukup dengan Rp. 10.000 saja, Anda sudah bisa memasang iklan di Facebook. 

Bila Anda memiliki budget terbatas, Anda bisa memulai kampanye kecil saja. Sebaliknya, bila Anda memiliki anggaran yang cukup besar, Anda bisa membayar lebih agar iklan Anda lebih sering ditampilkan. Perhitungan biaya Facebook ads memang sangat fleksibel.

Nah, ada dua metode perhitungan biaya iklan Facebook ads yang perlu Anda perhatikan, yakni berdasarkan objektif iklan Anda. Ini perbedaannya.

CPC

Apabila objektif Anda menggunakan Facebook ads adalah meningkatkan traffic website Anda, maka Anda dapat menggunakan metode CPC.

Dengan metode CPC (Cost per Click), maka biaya iklan Facebook ads yang dibebankan pada Anda sesuai dengan berapa kali konsumen mengklik iklan Anda saat kampanye iklan sudah berjalan. Pada sistem Facebook ads sendiri, biaya setiap klik dibanderol dengan harga Rp 650 hingga Rp 1.550.

CPM

Nah, apabila tujuan iklan Anda di Facebook adalah meningkatkan brand awareness dan tidak mengharuskan konsumen mengunjungi website Anda, maka Anda dapat menggunakan metode CPM.

CPM (Cost per Mille) adalah biaya yang dikenakan pada Anda setiap 1,000 kali iklan Anda ditampilkan atau ditayangkan kepada pengguna Facebook. Jadi, selama iklan Anda dilihat, kosumen tidak harus berinteraksi dengan iklan tersebut. Harganya pun serupa dengan Facebook ads metode CPC, yaitu Rp 650 hingga Rp 1.550 per 1,000 kali penayangan iklan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Facebook Ads

Promosikan Bisnis Anda Melalui Iklan Facebook

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda mengenai biaya iklan di Facebook. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat