Apa Itu Blog dan Fungsinya Bagi Bisnis

Blog adalah sebuah situs yang dipakai oleh seseorang untuk mengungkapkan isi pikirannya. Situs ini biasanya berisi tulisan, gambar, atau video sesuai dengan keinginan dari pemiliknya.

Seiring dengan berjalannya waktu, blog tidak hanya berkutat di ranah personal saja. Blog juga menjelma jadi kepanjangan tangan dari sebuah bisnis atau usaha. Platform ini dipakai untuk banyak hal, khususnya yang berhubungan dengan kemajuan usaha.

Apa saja fungsi Blog untuk Bisnis?

Blog dapat dipakai untuk personal branding sampai mendatangkan penghasilan pasif bagi beberapa orang. Namun, untuk bisnis atau perusahaan, beberapa fungsinya antara lain:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Kesadaran merek tidak akan mudah didapatkan oleh bisnis, apalagi jika Anda masih memulainya dalam beberapa bulan. Butuh waktu yang panjang dan usaha keras agar masyarakat tahu dan akhirnya ingin meliriknya.

Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan membuat postingan. Anda dan tim bisa membuat artikel bermanfaat yang akan mendorong target market sering datang dan akhirnya mau melihat produk yang dijual.

2. Melakukan Promosi 

Promosi produk baru tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial saja. Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat tulisan panjang terkait dengan produk khususnya kelebihannya.

Blog memudahkan Anda untuk menuliskan segala hal dengan rinci. Jadi, orang lain yang membacanya dapat lebih mengenal produk yang akan dijual. Product knowledge yang jelas akan memicu seseorang untuk membeli.

Jangan lupa untuk memberikan konten yang berisi soft selling atau hard selling di bagian bawahnya. Dengan melakukan ini, Anda bisa dengan mudah menarik pembeli untuk langsung melakukan transaksi.

3. Meningkatkan SEO Website

Makin banyak tulisan dibuat di dalam blog, Google akan makin menyukai situs yang Anda buat. Efeknya, blog akan lebih mudah ditemukan dalam mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

Mudahnya blog muncul saat dicari akan membuat peluang terjadi closing juga besar, apalagi jumlah traffic-nya naik perlahan-lahan.

Baca Juga: Fungsi Blog di Dalam Website Perusahaan

4. Meningkatkan Traffic yang Masuk

Makin baik SEO yang dimiliki, jumlah traffic atau orang yang datang untuk melihatnya juga meningkat. Itulah alasan Anda disarankan untuk membuat banyak tulisan yang bermanfaat dan disukai oleh banyak orang.

Traffic yang besar adalah lead yang akan memudahkan terjadinya transaksi. Anggap saja dari 10.000 traffic yang masuk, ada 1% saja yang melakukan transaksi, maka mereka bisa mendapatkan 100 penjualan. Apabila lebih dari itu, keuntungan akan makin besar.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Pembeli

Dalam menjalankan bisnis, hubungan baik antara pemilik usaha dengan target market atau pelanggan sangat penting. Umumnya untuk menjaga hubungan baik ini, brand akan aktif di media sosial dengan membuat postingan tertentu dan menjawab berbagai pertanyaan.

Selain itu, brand juga bisa membuat postingan blog yang bermanfaat atau sesuai keinginan dari para pelanggan. Karena pelanggan merasa selalu dipenuhi keinginannya, mereka akan lebih loyal.

Efeknya, brand awareness sampai equity naik dengan sendirinya. Dalam membuat usaha, dua hal ini sangat berharga karena bisa mendatangkan banyak lead yang berujung pada closing.

Blog jadi memiliki fungsi yang spesifik saat dipegang oleh brand atau perusahaan. Media ini tidak lagi dipakai untuk kepentingan personal saja, tetapi juga menaikkan bisnis yang sedang dijalani. Blog adalah sarana untuk mendekatkan diri antara pemilik usaha dengan orang yang jadi target market-nya. Terlebih lagi, blog berisi hal-hal bermanfaat yang berhubungan dengan produk.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat