Blogspot atau WordPress, Mana yang Terbaik?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Meta deskripsi: Ingin membangun website dengan mudah? Anda bisa memilih website berbasis Blogspot atau WordPress. Yuk ketahui perbandingan kedua platform ini sebagai berikut!

Membangun blog atau website itu sangat mudah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda tidak perlu bekal kemampuan teknis seperti bahasa pemrograman untuk mewujudkannya. Sebagai gantinya, Anda dapat memanfaatkan platform website gratis yang ada di internet. Dari sekian banyak pilihan, Blogspot dan WordPress menjadi opsi yang paling populer, khususnya di kalangan blogger. 

Lalu, kalau berhadapan dengan dua pilihan platform tersebut, mana yang mempunyai fitur lebih baik? Untuk menjawab pertanyaan ini, terdapat 5 faktor perbandingan Blogspot dan WordPress sebagai berikut yang bisa Anda pertimbangkan: 

1. Kemudahan penggunaan

Blogspot merupakan platform yang memberi kemudahan dalam pembuatan blog, cukup hanya dalam hitungan menit. Untuk menggunakan platform ini, Anda bisa menggunakan akun Google yang dimiliki. Setelah itu, Anda dapat mengatur nama blog, alamat, serta theme. Langkah-langkahnya sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja. 

Seperti halnya Blogspot, cara penggunaan WordPress juga sangat mudah. Proses pembuatan website berbasis WordPress bisa Anda selesaikan dalam hitungan menit. Pemilihan theme untuk tampilan website juga praktis, bisa dilakukan lewat halaman dashboard. Selain itu, Anda bisa menambahkan plugin untuk penambahan fitur website

2. Kontrol dan fleksibilitas

Para pengguna Blogspot memang punya kebebasan dalam mengatur tampilan website miliknya. Terdapat built-in gadget yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penambahan fitur seperti link berlangganan, iklan, contact form, dan lain sebagainya. Hanya saja, gadget itu punya fungsi yang terbatas dan Anda tak punya alternatif lain. Alasannya, karena semua fitur yang ada di Blogspot disediakan secara menyeluruh oleh Google. 

Karena segala sesuatu yang ada di dalamnya dikontrol oleh Google, para pengguna Blogspot tidak mempunyai kebebasan dalam mengelola website. Google punya hak penuh terhadap website Anda. Oleh karena itu, tak menutup kemungkinan kalau Google menutup akses ke website yang Anda miliki kapan saja mereka mau tanpa disertai notifikasi terlebih dulu. 

Situasinya bakal berbeda kalau Anda menggunakan WordPress. Di sini, terdapat plugin gratis dan berbayar yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola website Anda. Selain itu, Anda juga punya kontrol penuh terhadap berbagai data yang ada di website. Apalagi, kalau Anda memilih untuk menggunakan WordPress yang disertai dengan layanan hosting. 

3. Desain tampilan

Google menyediakan cukup banyak template yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur tampilan website Blogspot. Kalau mau, Anda juga dapat mengubah desain tampilan dari Google sesuai selera. Caranya, bisa Anda lakukan dengan menuju ke opsi Theme dan pilih Edit HTML. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan kode HTML desain tampilan yang diinginkan. 

Situasinya bakal jauh berbeda kalau Anda menggunakan WordPress. Platform ini mempunyai komunitas developer yang sangat luas. Oleh karenanya, tak heran kalau ada banyak theme yang bisa Anda manfaatkan untuk mengubah tampilan website, baik gratis atau berbayar. Saat ini, total ada lebih dari 8.000 theme WordPress yang tersedia.

Cara mengubah desain tampilan website di WordPress juga jauh lebih praktis dibandingkan Blogspot. Anda dapat menuju ke opsi Appearance > Themes di dashboard. Selanjutnya, pilih jenis theme yang sesuai. Tak hanya itu, WordPress juga menggunakan sistem drag and drop yang bisa Anda manfaatkan untuk membangun landing page secara praktis. 

Baca Juga : 7 Rekomendasi Contoh Website dengan Desain Menarik

4. Portabilitas

Berkaitan dengan aspek portabilitas, pengguna Blogspot bakal mengalami kesulitan ketika ingin melakukan pemindahan data. Ditambah lagi, terdapat risiko website kehilangan subscriber, follower, dan bahkan terdapat penurunan rangking SEO saat proses pemindahan. 

Sementara itu, pengguna WordPress dapat melakukan pemindahan data dengan sangat praktis. Anda bisa berganti dari satu layanan hosting ke hosting lain tanpa repot. Proses penggantian nama domain juga tidak sulit. Selain itu, pengguna WordPress juga tidak mengalami kesulitan berarti saat memilih pindah ke platform website lain.

5. Harga

Kalau Anda ingin membuat website berbasis Blogspot profesional, biaya yang perlu Anda keluarkan hanya untuk nama domain. Harganya bervariasi disesuaikan dengan domain yang digunakan. Sementara itu, pengguna WordPress tak cuma perlu membayar nama domain, tetapi juga mengeluarkan biaya layanan hosting.

Dengan memperhatikan 5 faktor perbandingan Blogspot dan WordPress tersebut, Anda bisa melihat secara jelas pemenangnya. WordPress punya fitur yang lebih lengkap dan memberi kebebasan yang sangat luas bagi para penggunanya. Namun, Blogspot juga cukup bagus, karena menyediakan solusi murah dalam pembuatan website

Pilihan sepenuhnya ada di tangan Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post