Cara Menggunakan Google Trends
7 Cara Menggunakan Google Trends untuk Optimalisasi Keywords
Maret 6, 2021
Apa Itu AMP
Apa Itu AMP, Salah Satu Produk Google untuk Akses Web Lebih Cepat
Maret 7, 2021

Mengenal Aktivitas Blogwalking yang Sering Dilakukan

Blogwalking Adalah

digital nomads 4617605 1280

Di komunitas blogger, blogwalking adalah aktivitas yang sudah tak asing lagi untuk dilakukan. Menariknya, terlepas dari kata bahasa Inggris yang digunakan, istilah ini ternyata diciptakan di Indonesia dan hanya dilakukan oleh blogger dalam negeri. 

Jika masih merasa asing dengan istilah ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya blogwalking itu. Adakah manfaat bagi blogger yang giat melakukannya? Lalu bagaimana seharusnya seorang blogger melakukannya dengan baik dan benar? Baca artikel ini hingga usai untuk cari tahu semua jawabannya!

Apa Itu Blogwalking?

Blogwalking adalah suatu aktivitas yang umum dilakukan oleh para blogger, baik yang mengembangkan blog pribadi maupun yang tergabung di dalam suatu komunitas. Melihat dari istilahnya, aktivitas yang dilakukan lewat jejaring internet ini terdiri dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni ‘blog’ yang menjadi media berbagi tulisan dan ‘walking’ yang berarti berjalan-jalan.

Baca Juga: Apa Itu Blog dan Fungsinya Bagi Bisnis

Dalam definisi yang sederhana, blogwalking dapat diartikan sebagai aktivitas berjalan-jalan dari satu blog ke blog lain. Seorang blogger yang melakukannya akan mampir ke beberapa blog lain untuk berbagai tujuan. Aktivitas ini biasanya dilakukan ketika blogger mencari ide untuk pengembangan blognya. Blogwalking juga merupakan strategi efektif untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan blogger lain.

Manfaat

Blogwalking dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengunjungi blog dengan niche yang sama hingga meninggalkan komentar pada tulisan-tulisan yang diterbitkan dalam suatu blog. Apapun cara yang dipilih, aktivitas ini menawarkan sejumlah manfaat bagi para blogger yang melakukannya.

Pertama, blogwalking adalah cara efektif untuk memperluas jaringan sekaligus berkenalan dengan para blogger lain. Setiap kali Anda meninggalkan komentar di sebuah tulisan blog, komunikasi akan terjalin antara pemilik blog yang menulisnya dengan Anda yang saat itu berperan sebagai pembaca. Kesempatan untuk saling membalas komentar juga kerap berkembang menjadi diskusi yang dapat meluaskan jaringan lebih jauh lagi.

Kedua, blogwalking bisa dijadikan strategi untuk mencari inspirasi baru, terutama ketika Anda mulai kehabisan ide untuk membuat tulisan dan mengembangkan konten blog. Secara langsung maupun tidak langsung ditawarkan kesempatan untuk mendapatkan inspirasi. Aktivitas ini juga akan menampilkan hasil yang lebih efektif jika Anda memilih blog-blog yang sudah populer untuk dijelajahi.

Manfaat lain yang ditawarkan blogwalking adalah sebagai ajang promosi. Ketika Anda mengikuti atau memberi komentar pada suatu blog, pemilik blog tersebut akan melihat siapa Anda. Tak jarang, mereka pun akan mencari tahu dan balik mengunjungi blog yang Anda miliki.   

Tips Melakukan Blogwalking

Blogwalking adalah aktivitas blogging yang membawa banyak manfaat. Agar manfaat tersebut bisa didapatkan lebih optimal, berikut adalah beberapa tips untuk melakukan blogwalking dengan baik dan benar:

  1. Mulailah dengan mengunjungi blog yang sama dengan niche blog Anda. Jika Anda tengah mengembangkan blog tentang traveling atau perjalanan wisata, hal yang harus dilakukan adalah menjelajahi blog-blog bertema wisata pula.
  2. Tinggalkan komentar yang sopan dan relevan. Berkomentar di postingan blog lain adalah salah satu kegiatan inti blogwalking. Namun, Anda sebaiknya tidak asal memberi komentar, apalagi sampai meninggalkan spam. Berikanlah komentar relevan dan sesuai dengan isi tulisan untuk memberi apresiasi kepada pemilik blog yang Anda kunjungi.
  3. Jangan lupa tinggalkan jejak. Jika sudah sering berkunjung dan memberi komentar, Anda bisa mulai meninggalkan jejak dengan menautkan link blog milik pribadi. Dengan begitu, pengunjung lain pun bisa melakukan blogwalking dengan mengunjungi blog tersebut.

Nah, jika melihat dari pengertian dan manfaatnya, blogwalking adalah aktivitas menjelajah internet yang sudah seharusnya dilakukan oleh para blog enthusiast. Aktivitas ini juga bisa dijadikan salah satu strategi untuk memperluas jaringan sekaligus mencari inspirasi terbaru yang akan memberikan keuntungan untuk blog Anda sendiri. Jadi, jangan ragu lagi untuk melakukannya, ya!

Dwivy Andre
Dwivy Andre
Website Developer at Toffeedev and Interest in Website Enginer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments