Apa itu Kode Referal? Dan Apa Manfaatnya?

apa itu kode referal

Apa itu kode referal? Jika Anda adalah pebisnis yang baru saja merintis maka penggunaan kode referal sebagai strategi pemasaran akan sangat tepat dilakukan. Strategi ini telah dibuktikan efektif oleh banyak pebisnis karena mampu meningkatkan jumlah pelanggan baru sekaligus penjualan. 

Jika Anda tertarik menggunakan kode referal, coba pahami dahulu semua informasi pentingnya di bawah ini. Ketahui apa saja jenisnya dan bagaimana cara menggunakanya agar hasil yang Anda dapatkan maksimal. Kalau Anda sudah siap, mari mulai pembahasannya sekarang! 

Apa itu Kode Referal

Kode referal adalah sebuah kode unik yang digunakan untuk memberikan rekomendasi suatu produk kepada orang lain. Kode ini biasanya terdiri dari berbagai kombinasi huruf dan angka sehingga keberadaannya hanya ada 1 untuk setiap orang. 

Kode referal cukup penting bagi kebanyakan orang karena mereka akan mendapatkan cashback, diskon, atau benefit lainnya ketika ingin bertransaksi. Jadi setiap kali kode referal diberikan kepada orang lain maka Anda bisa langsung mendapatkan manfaat yang menguntungkan. 

Kalau dilihat dari perspektif pelanggan, jelas keberadaan kode referal akan sangat menguntungkan. Namun bagaimana dari sudut pandang penjual? Apakah penjual akan merugi dengan banyaknya benefit yang diberikan kepada pelanggan? 

Tentu tidak! Dari sisi penjual, keberadaan kode referal sangat berguna karena telah terbukti menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif. Benar bahwa penjual perlu mengeluarkan uang untuk memberikan cashback atau bonus, tetapi hal tersebut sebanding dengan pelanggan baru yang akan membeli produk. 

Strategi pemasaran dengan menggunakan kode referal juga bukan hal baru. Anda bahkan bisa menemukannya dalam berbagai aplikasi yang ada di smartphone. Bisa dibilang hampir semua perusahaan penyedia jasa atau barang menggunakan kode referal untuk memperluas jangkauan pasar mereka. 

Tentunya masih ada banyak lagi keuntungan yang dapat diberikan dari penggunaan kode referal dalam strategi pemasaran. Simak informasi di bawah ini untuk menemukan semua manfaat yang bisa Anda rasakan. 

Jenis-Jenis Kode Referal

Ada beberapa jenis kode referal yang biasa digunakan dalam pemasaran afiliasi. Beberapa jenis kode referal yang umumnya digunakan bisa dilihat sebagai berikut.

1. Kode Referal dengan Diskon

Jenis kode referal ini memberikan diskon kepada pelanggan yang merekomendasikan produk atau layanan tertentu kepada orang lain. Jumlah diskon yang diberikan pun beragam. Bisa tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan atau dari total orang yang mendapatkan  rekomendasi dalam bentuk persentase atau jumlah tertentu dari total pembelian. 

2. Kode Referal dengan Cashback

Selain bonus, penggunaan kode referal juga bisa digunakan dengan pemberian cashback atau pengembalian dana kepada pelanggan yang merekomendasikan produk. Cashback biasanya diberikan dalam bentuk koin atau saldo yang nantinya dapat kembali dibelanjakan. Jadi bukan dalam bentuk uang tunai. 

Baca Juga: 302 Redirect, Apa Arti Kode Error ini Untuk Website Anda?

3. Kode Referal dengan Hadiah

Ada juga kode referal yang memberikan hadiah kepada pelanggan yang berhasil merekomendasikan produk. Hadiah yang diberikan pun beragam, seperti small kit atau layanan tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

4. Kode Referal dengan Komisi

Tidak sedikit juga perusahaan yang menggunakan kode referal dengan pemberian komisi kepada pelanggan yang sudah merekomendasikan produk. Komisi diberikan dalam bentuk persentase dari total penjualan atau jumlah produk yang terjual. 

Manfaat Kode Referal 

Penggunaan kode referal dalam bisnis jelas memberikan banyak manfaat yang sangat positif. Percaya atau tidak, sistem kode referal bahkan bisa membawa Anda mencapai tujuan dengan cepat. 

Apalagi kalau memang produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas tinggi. Pelanggan pun tidak akan segan merekomendasikannya kepada orang lain karena memberikan manfaat yang dibutuhkan. Cari tahu apa saja manfaat yang bisa dibawa oleh kode referal berikut ini. 

1. Memperluas Jaringan Pelanggan

Manfaat utama dari penggunaan kode referal adalah untuk memperluas jaringan pelanggan. Dalam hal ini, kode referal akan membantu bisnis Anda untuk menjangkau calon pelanggan yang belum pernah terhubung sebelumnya. 

Pasalnya orang-orang yang tidak mengetahui produk jadi tertarik untuk membeli dan merasakan manfaat yang ada di dalam produk. Jika semua orang terus melakukan rekomendasi maka jaringan pelanggan Anda pasti meluas. 

2. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Selain berguna untuk menjangkau banyak pelanggan baru, kode referal juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Fakta bahwa mereka terus merekomendasikan produk menandakan bahwa pelanggan tersebut benar-benar akan setia terhadap produk Anda. 

3. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Penggunaan kode referal juga dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan yang sudah ada. Dalam banyak kasus, bisnis pasti menghadapi tantangan dalam mempertahankan pelanggan setia mereka. Namun dengan memberikan insentif melalui kode referal maka hubungan bisnis dan pelanggan Anda jadi bisa dipertahankan.

Baca Juga: Pahami Kode Error pada Website, Agar Anda Tidak Bingung

4. Meningkatkan Konversi

Hasil rekomendasi melalui kode referal masih memberikan manfaat lainnya kepada penjual yakni meningkatkan konversi bisnis. Peningkatan pada konversi bisnis menandakan bahwa ada banyak pelanggan baru yang akhirnya mencoba produk yang Anda tawarkan. Alhasil penjualan produk meningkat, pendapatan yang diterima pun akan makin banyak dari sebelumnya. 

5. Menghemat Biaya Pemasaran

Penggunaan kode referal secara tidak langsung juga akan membantu penjual dalam menghemat biaya pemasaran. Hal ini jelas berbeda dengan pemasangan iklan yang membuat Anda harus mengeluarkan biaya secara terus-menerus. 

Penggunaan kode referal di sisi lain tidak akan mengeluarkan banyak biaya karena pelanggan yang melakukan rekomendasi tidak dibayar selain dari insentif yang diberikan.

banner

Cara Kerja Kode Referal 

Bagaimana? Tertarik menggunakan kode referal sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis Anda? Sebelum memulainya, ketahui dahulu cara kerja penggunaannya di bawah ini! 

1. Membuat Kode Referal

Untuk membuat kode referal, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memilih platform yang akan digunakan. Pastikan Anda memilih platform yang tepat dengan produk agar kode referal yang dibuat juga sesuai. 

Kemudian dalam platform tersebut pilih menu atau opsi yang menyediakan fitur kode referal. Pada beberapa platform, Anda akan diberikan kesempatan untuk memilih jenis kode referal yang ingin dibuat. Anda bisa memilih berdasarkan dua jenis kode, yakni angka sembarang atau menggunakan nama pelanggan.

2. Memasarkan Kode Referal

Setelah kode referal dibuat maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mulai memasarkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, contohnya seperti membagikan kode referal di media sosial, forum, atau blog. 

Selain itu Anda bisa juga memasarkannya melalui e-mail marketing atau iklan berbayar di berbagai platform. Inti dari pemasaran ini sebenarnya ingin memberitahukan kepada pelanggan bahwa mereka bisa mendapatkan benefit lebih banyak ketika berhasil merekomendasikannya kepada orang lain.

Baca Juga: Program Referral Adalah Strategi Marketing yang Efektif Bagi Bisnis Anda

3. Pemantauan Kode Referal

Setelah kode referal diberikan kepada calon pelanggan, jangan lupa untuk memantau hasilnya. Tindakan ini krusial agar Anda tahu apakah kode referal tersebut berhasil menarik minat calon pelanggan untuk melakukan pembelian atau tidak. 

Ketika hasilnya baik maka Anda bisa melanjutkan kode referal tersebut. Namun ketika ternyata tidak efektif maka Anda bisa langsung mengubah strategi agar bisa menghasilkan peningkatan penjualan yang diinginkan. 

4. Memberikan Insentif untuk Penggunaan Kode Referal

Ingat bahwa pemberian insentif seperti bonus, diskon, freebies, atau cashback sangat efektif dalam mendorong penggunaan kode referal. Jadi ketika Anda ingin memasarkan kode referal kepada pelanggan, beritahukan juga bahwa mereka akan mendapatkan insentif sebagai imbalannya. 

Hal ini pasti akan memotivasi pelanggan untuk ikut berpartisipasi dalam merekomendasikan berbagai produk kepada orang lain yang belum pernah menggunakannya. 

5. Integrasi dengan Program Afiliasi

Beberapa platform juga menyediakan program afiliasi yang terintegrasi dengan kode referal. Program ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan oleh calon pelanggan yang direferensikan menggunakan kode referal. Para pelanggan bahkan bisa menjadikan penggunaan kode referal ini sebagai sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan.

Semua informasi yang dijelaskan tentang apa itu kode referal seharusnya sudah membukakan pemikiran Anda ketika akan melakukan pemasaran bisnis. Meski sangat berguna, Anda tetap harus memikirkan strategi terbaik untuk memakainya agar hasil yang maksimal bisa didapatkan. 

Jika diperlukan, Anda bisa mengintegrasikan kode referal dengan berbagai platform yang ada, seperti media sosial, e-mail, maupun blog. Kemudian jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor lainnya untuk memastikan keberhasilan program tersebut. Coba perhatikan dahulu kredibilitas, kepercayaan, dan kemudahan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila platform yang digunakan masih banyak bermasalah maka sebaiknya pikirkan ulang untuk menggunakan kode referal. Penggunaan yang sulit hanya akan membuang uang Anda secara percuma. 

Apabila Anda sudah berhasil menggunakan kode referal, jangan berhenti melancarkan strategi pemasaran lainnya. Kode referal saja tidak cukup untuk membawa bisnis Anda berkembang pesat. Anda membutuhkan strategi digital marketing lainnya yang akan mendukung pemasaran produk. 

Salah satunya ialah dengan menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency yang berpengalaman, ToffeeDev pasti akan membantu Anda dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif serta tepat sasaran. 

Tersedia berbagai layanan digital marketing, termasuk pengembangan website, SEO, dan Market Intelligence. Hubungi tim ToffeeDev sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi dan penjelasan lebih lengkap mengenai layanan digital marketing terbaik!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat