12 Cara Mendapatkan Leads untuk Local Business yang Bisa Anda Terapkan

cara mendapatkan leads untuk local business

Sebagai pelaku bisnis, mengumpulkan leads sebanyak mungkin sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis Anda. Namun, bagaimana cara yang paling efektif untuk mendapatkan leads? Artikel ini akan merekomendasikan beberapa cara untuk mendapatkan leads untuk local business yang perlu Anda terapkan. Sebelum memasuki pembahasan cara-cara tersebut, penting untuk memahami konsep dari leads terlebih dahulu.

Apa itu Leads?

12 Cara Mendapatkan Leads untuk Local Business

Leads adalah individu yang menunjukkan minat atau potensi untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis atau perusahaan. Dalam konteks pemasaran, leads aktif mencari informasi atau produk tertentu, sering kali memberikan informasi kontak seperti nama dan alamat email sebagai respons terhadap tawaran atau konten dari perusahaan.

Leads memegang peran penting dalam siklus penjualan karena mereka berada pada tahap awal proses pembelian. Meskipun mereka belum menjadi pelanggan, mereka telah menunjukkan minat yang bisa dikonversi menjadi penjualan yang sukses.

Banner Ads - General 2

12 Cara Mendapatkan Leads untuk Local Business 

12 Cara Mendapatkan Leads untuk Local Business

Berikut beberapa cara mendapatkan leads untuk local business yang dapat membantu mengoptimalkan strategi pemasaran dan mencapai pertumbuhan bisnis Anda.

1. Memberikan E-Book atau Whitepapers

Cara pertama untuk mendapatkan leads adalah dengan membuat e-book atau whitepapers yang bisa dibagikan secara gratis kepada pelanggan atau calon pelanggan bisnis Anda. Hal ini akan menarik minat calon pelanggan dan meningkatkan kepercayaan untuk membeli produk atau layanan Anda. Untuk memastikan strategi ini berhasil, pilih topik yang spesifik, buatlah outline untuk konten, desain e-book atau whitepapers secara menarik, dan tambahkan elemen-elemen pendukung di dalamnya.

2. Membuat Landing Page

Landing page adalah sebuah halaman khusus yang dirancang dengan form untuk mengumpulkan leads. Anda dapat memanfaatkan landing page untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda, dan membantu meningkatkan tingkat konversi bisnis Anda.

Baca Juga: Apakah dengan Mempunyai Landing Page akan Meningkatkan Conversion Rate

3. Melakukan Influencer Marketing

Influencer marketing adalah layanan yang ditawarkan oleh influencer online untuk memasarkan produk atau layanan bisnis Anda. Strategi ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan Return on Investment (ROI) bisnis Anda. Kehadiran influencer mampu mempengaruhi calon pembeli atau  pelanggan dengan mempromosikan produk atau layanan bisnis Anda melalui platform media sosial mereka. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar bisnis, meningkatkan kesadaran merek, dan menghasilkan leads yang signifikan. 

4. Menyediakan Opsi Subscribe untuk Konten

Menyediakan opsi subscribe untuk konten seperti newsletter atau blog dapat membantu Anda mengumpulkan leads atau calon pelanggan yang berminat dengan informasi atau konten yang Anda bagikan. Dengan menyediakan insentif eksklusif kepada pelanggan untuk menerima update terbaru, Anda dapat efektif mengumpulkan data berupa nama dan alamat email mereka. Ini memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan potensial dan meningkatkan peluang untuk mengonversi mereka menjadi pelanggan yang sebenarnya.

5. Menyediakan Chatbot di Situs Web

Chatbot merupakan solusi efektif untuk mendapatkan leads dengan cepat melalui pelayanan live chat berbasis AI yang mampu merespons pertanyaan seperti manusia. Memanfaatkan chatbot di situs web Anda dapat membantu Anda berinteraksi dengan pengunjung situs dan mengumpulkan informasi kontak dari mereka. Kehadiran chatbot tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnis tetapi juga mempercepat akuisisi leads karena kenyamanan dan kepercayaan pelanggan terhadap pelayanan yang responsif dan efisien dari bisnis Anda.

6. Memanfaatkan Kode Referral

Memanfaatkan program kode referral atau affiliate marketing model dapat membantu Anda mendapatkan leads dari pelanggan yang sudah ada. Dengan memberikan insentif kepada pelanggan untuk mereferensikan bisnis Anda kepada orang lain, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis Anda dan mendapatkan leads baru.

7. Memberikan Produk Gratis atau Free Trial

Memberikan produk gratis atau free trial dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik leads yang berminat dengan produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memberikan kesempatan kepada calon pelanggan untuk mencoba produk atau layanan Anda tanpa harus berkomitmen secara langsung.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Earned Media: Publikasi Gratis untuk Meningkatkan Visibilitas

8. Menggunakan Platform Media Sosial

Memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook atau Instagram dapat membantu Anda menjangkau calon pelanggan lokal dan mendapatkan leads baru. Dengan menggunakan iklan yang tepat dan menargetkan audiens yang relevan, Anda dapat meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan leads yang berkualitas.

9. Memberikan Kupon Diskon

Memberikan kupon diskon kepada calon pelanggan yang tertarik dapat menjadi cara yang efektif untuk mengumpulkan informasi kontak dari mereka. Dengan cara ini, Anda dapat memberikan insentif kepada calon pelanggan untuk melakukan pembelian atau menggunakan layanan Anda.

10. Melakukan Email Marketing

Terakhir, melakukan email marketing secara teratur dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dengan leads yang sudah Anda kumpulkan. Dengan cara ini, Anda dapat terus berinteraksi dengan mereka dan mengarahkan mereka menuju konversi.

11. Melakukan Content Marketing

Membuat konten yang relevan dan bermanfaat adalah kunci untuk menarik perhatian leads yang berkualitas. Mulailah dengan mengidentifikasi audiens target Anda dan buatlah konten seperti artikel blog, video, atau infografik yang memenuhi kebutuhan dan minat mereka.

Banner Ads - Lead Gen 2

12. Melakukan Optimasi SEO

Meningkatkan kemunculan situs web Anda di hasil pencarian dapat menjadi sumber leads yang berharga. Penting untuk memilih keyword atau kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda dan mengoptimalkan penggunaannya dalam konten situs serta meta tag. Fokus juga pada aspek teknis seperti kecepatan loading dan kualitas backlink untuk meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari. 

Baca Juga: Inilah 7 Manfaat Komunitas SEO yang Penting untuk Anda Dapatkan

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda dapat meningkatkan jumlah leads untuk bisnis lokal Anda dan memperluas jangkauan bisnis Anda secara keseluruhan.

Mendapatkan leads yang berkualitas sangat penting untuk pertumbuhan bisnis lokal Anda. Dengan menerapkan berbagai strategi seperti memberikan e-book, membuat landing page, atau melakukan email marketing, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengonversi leads menjadi pelanggan yang sebenarnya. Jangan ragu untuk mencoba berbagai cara dan menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda dalam mendapatkan leads, penting untuk menggunakan layanan SEO yang efektif. ToffeeDev menawarkan konsultasi SEO yang terbukti dapat meningkatkan visibilitas online Anda, menarik pengunjung yang relevan, dan mengonversi lebih banyak prospek menjadi pelanggan setia. Kami menyediakan strategi yang terbukti efektif dalam mengoptimalkan website Anda agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari, sehingga membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang secara signifikan.

Kunjungi atau hubungi ToffeeDev sekarang untuk memulai konsultasi dan bersama-sama membawa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top