11 Cara Scale Up Bisnis untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

cara scale up bisnis

Cara scale up bisnis menjadi  strategi yang tak terhindarkan bagi perusahaan yang ingin terus bersaing dan berkembang. Baik bisnis berskala kecil, startup yang sedang berkembang pesat, maupun perusahaan berskala besar,

Perlu dicatat bahwa  scale up bukan sekadar memperluas operasional atau meningkatkan skala produksi semata. Ini adalah tentang mengubah fondasi bisnis Anda secara menyeluruh untuk mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan. Simak sejumlah tahapan dan cara scale up bisnis dalam artikel ini!

Pentingnya Scale Up Bisnis

Sebelum memahami lebih mendalam tentang cara scale up bisnis, mari pahami konsep, tujuan, dan pentingnya dari scale up bisnis dalam uraian berikut. 

Baca Juga: 10 Keuntungan Usaha Ekspedisi dan Tips Memulainya

Apa itu Scale Up Bisnis?

Skala bisnis, atau yang sering disebut sebagai scale up, merujuk pada tahapan bagi sebuah bisnis untuk meningkatkan kapasitasnya guna menghasilkan produk atau layanan dalam jumlah yang lebih besar. Proses ini juga mencakup peningkatan dalam hal sumber daya manusia, teknologi, dan infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Adapun tujuan utama dari praktik scale up bisnis adalah untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan dalam skala operasional dan pendapatan bisnis dalam waktu yang relatif singkat. Scale up bisnis memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar, memperluas jangkauan, meningkatkan efisiensi operasional, dan menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Banner - Ads General

Pentingnya Scale Up Bisnis

Scale up merupakan langkah penting dalam perjalanan suatu bisnis untuk memperluas skala bisnisnya. Langkah ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan daya saing, memperluas pangsa pasar, dan menciptakan peluang baru. Selain itu, proses scale up bisnis juga dapat membantu perusahaan untuk menghadapi perubahan pasar dan teknologi dengan lebih fleksibel.

tahapan scale up bisnis
Sumber: Freepik

Tahapan Scale Up Bisnis

Setelah memahami konsep dan pentingnya scale up bisnis, langkah selanjutnya adalah memahami tahapan yang perlu dilalui untuk mencapai tujuan tersebut. Secara umum, terdapat empat tahapan scale up, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga: Bisnis Sepi? Simak 14 Strategi Promosi Advertising yang Menaikkan Penjualan

1. Melakukan Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal dalam proses scale up bisnis. Ini melibatkan analisis mendalam terhadap situasi bisnis saat ini, tujuan yang ingin dicapai, serta strategi yang akan diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam tahap ini, Anda perlu merumuskan rencana yang matang dan terperinci, termasuk rencana pengembangan produk, ekspansi pasar, dan alokasi sumber daya yang diperlukan.

2. Mendapatkan Dukungan Finansial

Scale up membutuhkan investasi yang signifikan, baik itu untuk ekspansi operasional, pengembangan produk, atau pemasaran. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan untuk memiliki dukungan finansial yang cukup guna mendukung proses scale up. Ini bisa melibatkan pencarian investor, pengajuan pinjaman, atau strategi pendanaan potensial lainnya.

3. Menetapkan Target yang Jelas

Tanpa tujuan yang jelas, proses scale up bisnis akan kehilangan arah dan fokus. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan target yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki batas waktu yang jelas. Langkah ini membantu Anda memantau kemajuan bisnis dan mengukur keberhasilan dari upaya scale up.

4. Melakukan Standarisasi Produk

Standarisasi produk merupakan langkah penting dalam proses scale up bisnis. Langkah ini melibatkan pengembangan proses produksi yang konsisten dan efisien, serta peningkatan kualitas produk secara keseluruhan. Standarisasi produk memastikan bahwa setiap produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas dan memenuhi ekspektasi pelanggan.

Banner - Ebook Ads

Cara Scale Up Bisnis

Setelah Anda memahami empat tahapan utama dari scale up bisnis, mari simak secara mendalam tentang sejumlah cara yang dapat dilakukan dalam praktik scale up bisnis. 

1. Memahami Sistem Bisnis Terkini

Sebelum memulai proses scale up, penting untuk memahami sistem bisnis yang sedang berjalan. Evaluasi secara menyeluruh tentang proses bisnis, margin keuntungan, pengeluaran, dan proses yang dapat membantu Anda meninjau berbagai hal yang perlu ditingkatkan maupun diperbaiki.

Baca Juga: 10 Aktivitas Bisnis yang Membuang Waktu dan Cara Mengatasinya

2. Merencanakan Tujuan dan Strategi dengan Matang

Setelah memahami sistem bisnis saat ini, langkah selanjutnya adalah merencanakan tujuan dan strategi dengan matang. Merencanakan tujuan dan strategi dengan matang memungkinkan Anda memiliki panduan yang jelas tentang arah yang ingin dicapai oleh bisnis. Sebaiknya, tentukan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan memiliki batas waktu. 

3. Mengoptimalkan Produk dan Layanan

Untuk meningkatkan skala bisnis, penting untuk terus mengoptimalkan produk dan layanan yang ditawarkan. Melalui pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan, Anda dapat menciptakan produk dan layanan berkualitas tinggi dan relevan. Hal ini akan membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan memperluas pangsa pasar.

4. Mengoptimalkan Kualitas Operasional

Operasional yang efisien merupakan kunci untuk mencapai skala bisnis yang lebih besar. Langkah penting ini dapat mengefisiensi biaya produksi dan meningkatkan produktivitas. Hal ini akan membantu perusahaan meningkatkan profitabilitas bisnis dan mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi.

manajemen finansial yang bijaksana
Sumber: Freepik

5. Manajemen Finansial yang Bijaksana

Menyediakan dukungan finansial yang cukup adalah kunci keberhasilan dalam meningkatkan skala bisnis. Anda dapat mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk meningkatkan skala bisnis dengan memiliki cukup modal tanpa khawatir tentang kekurangan dana. Sebagai pertimbangan, pilih opsi pendanaan yang berbeda, termasuk pinjaman, investasi, atau kemitraan untuk memenuhi kebutuhan finansial.

6. Membentuk Tim yang Berdedikasi

Membentuk tim yang berdedikasi dan solid adalah langkah penting dalam proses scale up bisnis. Sumber daya manusia yang solid, terampil, dan memiliki pengalaman yang sesuai dapat memudahkan proses operasional untuk mencapai tujuan bisnis dengan lebih efektif. Hal ini akan membantu meningkatkan produktivitas dan mencapai pertumbuhan yang lebih efektif.

7. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset berharga bagi bisnis. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dapat dilakukan dengan memberikan layanan yang berkualitas, mendengarkan feedback mereka, dan memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan tepat. Langkah ini akan membantu Anda meningkatkan dan menjaga retensi pelanggan dan menjaga keberlangsungan bisnis.

8. Memperluas Jangkauan Pasar Melalui Pemasaran Digital

Untuk mencapai skala bisnis yang lebih besar, Anda perlu memperluas jangkauan pasar guna meningkatkan penjualan dan mencapai pertumbuhan. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya Anda memerlukan berbagai strategi pemasaran yang efektif, seperti memanfaatkan iklan berbayar atau praktik SEO. Selain meningkatkan brand awareness, pemasaran digital juga dapat meningkatkan kemungkinan konversi. 

9. Mengoptimalkan Upaya Konversi

Salah satu hal yang tak boleh tertinggal dalam proses scale up bisnis adalah mengoptimalkan upaya konversi. Langkah ini tentunya membutuhkan identifikasi berbagai faktor yang memengaruhi konversi, seperti user experience, proses pembelian, dan strategi promosi. Melalui peningkatan konversi, Anda juga dapat meningkatkan pendapatan dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. 

10. Terus Beradaptasi dan Berinovasi

Di era serba digital saat ini, pasar dan industri cenderung lebih dinamis sehingga inovasi produk dan kemampuan beradaptasi terhadap pasar sangat diperlukan. Langkah ini dapat dilakukan dengan memantau tren pasar, identifikasi peluang baru, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan produk, layanan, dan proses operasional bisnis. Ini memungkinkan Anda menanggapi perubahan tren dan mengambil langkah yang diperlukan secara lebih cepat.

11. Memprediksi Masa Depan

Jika Anda mampu mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih serius, Anda akan memiliki kesempatan untuk menemukan akar penyebab dan menentukan solusinya.

Masalah dapat diidentifikasi melalui analisis data, sehingga Anda bisa segera mengatasinya atau mengambil langkah-langkah pencegahan. Selalu perhatikan kondisi keuangan, pantau arus kas, dan evaluasi kinerja perusahaan Anda setiap hari.

Tantangan Melaksanakan Scale Up

Meskipun bisa meningkatkan kualitas perusahaan, proses scale up juga berpotensi mengganggu kelancaran bisnis jika tidak dilakukan dengan tepat. Berikut adalah beberapa tantangan yang perlu Anda waspadai.

1. Belum menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh para pemilik bisnis adalah terlalu cepat melakukan scale up.

Banyak pemilik bisnis terburu-buru meningkatkan produksi padahal masih terdapat banyak kesalahan dalam produk, target pasar belum jelas, atau mereka belum mengetahui apakah pasarnya berkelanjutan atau tidak.

Jika Anda belum mengatasi kendala-kendala tersebut, maka perusahaan Anda belum siap untuk meningkatkan skala. Selesaikan masalah, sempurnakan produk, dan perkuat fondasi perusahaan Anda sebelum melakukan scale up.

2. Bekerja dengan Orang yang Salah

Memilih orang yang tidak tepat, baik itu supplier, staf, investor, atau tim internal, merupakan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh founder.

Menerima bantuan dari orang lain mungkin terlihat mudah, tetapi Anda harus memikirkan dampaknya dalam jangka panjang. Ingat bahwa orang-orang tersebut memiliki pengaruh langsung terhadap bisnis Anda.

Jika memungkinkan, rekrutlah orang yang berpengalaman dalam melakukan scale up dan andalkan keahlian mereka, namun pertimbangkan juga kompetensi dan kesesuaian mereka dengan budaya perusahaan Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

3. Terlibat dalam Perang Harga

Ketika mulai meningkatkan skala bisnis, godaan untuk bersaing harga dengan kompetitor memang besar. Anda mungkin berpikir bahwa dengan meningkatkan produksi, Anda bisa menurunkan harga dan tetap mendapatkan keuntungan.

Meskipun terkadang strategi ini berhasil, persaingan harga lebih sering merugikan bisnis Anda, baik dari segi keuntungan maupun kualitas.

Lebih baik bersaing dalam hal kualitas, inovasi, dan layanan pelanggan daripada berlomba-lomba menjadi perusahaan dengan harga terendah.

Jika Anda menjual produk dengan harga yang sebanding dengan kualitasnya, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang persaingan harga.

Dengan demikian, cara scale up bisnis merupakan langkah yang penting untuk mencapai pertumbuhan yang signifikan dalam bisnis Anda. Adapun terdapat berbagai cara untuk mengoptimalkan potensi bisnis dan bersaing di pasar yang makin kompetitif, seperti melakukan perencanaan yang matang, mendapat dukungan finansial, membentuk tim yang solid, hingga melakukan pemasaran digital.

Apabila Anda sedang meningkatkan skala bisnis, pertimbangkan untuk menggunakan layanan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Bersama tim ahli yang berpengalaman menangani klien di berbagai sektor, kami siap membantu Anda menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan dalam skala bisnis tingkat selanjutnya.

Di ToffeeDev, kami berfokus pada search marketing dan menggunakan strategi iklan yang tepat sasaran untuk menjangkau pasar bisnis Anda secara online dan meningkatkan konversi. Kami memahami bahwa setiap bisnis unik. Oleh karena itu, kami mengutamakan perencanaan strategi digital marketing yang dipersonalisasi sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi ToffeeDev hari ini untuk mewujudkan bisnis yang unggul di era digital. Jadwalkan konsultasi gratis dengan kami sekarang!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top