4 Cara Mudah Cek Legalitas Perusahaan untuk Kelancaran Bisnis Anda

cek legalitas perusahaan

menjalankan bisnis. Dengan memiliki legalitas yang sah, Anda dapat menghindari masalah hukum yang dapat mengganggu kelancaran bisnis. Namun, memeriksa legalitas sebuah perusahaan tidak selalu mudah, terutama jika Anda tidak tahu di mana atau bagaimana melakukannya. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk melakukan pemeriksaan legalitas perusahaan agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Cara Cek Legalitas Perusahaan

Cara Cek Legalitas Perusahaan

Untuk menjamin bahwa suatu perusahaan memiliki izin yang sah dan valid, Anda dapat menggunakan beberapa situs resmi berikut.

Baca Juga: Macam-Macam Situs Web Beserta Contohnya yang Harus Anda Ketahui

1. Melalui Web Kemenkumham

Salah satu cara untuk memeriksa legalitas sebuah perusahaan adalah melalui website resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Anda dapat mengunjungi situs ahu.go.id dan melakukan pencarian menggunakan nama perusahaan yang ingin diperiksa. Hasil pencarian akan menampilkan informasi mengenai legalitas perusahaan tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat komputer atau ponsel Anda terhubung ke internet.
  • Buka peramban web (browser).
  • Kunjungi situs ahu.go.id.
  • Ketikkan nama perusahaan yang ingin Anda periksa (baca juga: Persyaratan Nama PT dan Panduan Memilih Nama Perusahaan).
  • Isi kode captcha yang muncul.
  • Hasil pencarian legalitas perusahaan akan ditampilkan.

Jika perusahaan yang Anda cari tidak muncul dalam hasil pencarian, bukan berarti perusahaan tersebut ilegal. Mungkin saja perusahaan tersebut tidak terdaftar di ahu.go.id. Anda juga dapat memeriksa legalitas badan usaha secara manual dengan mengunjungi pelayanan Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU).

Banner Ads - General 2

2. Melalui Situs OJK

Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga dapat digunakan sebagai referensi untuk memverifikasi legalitas perusahaan. Anda dapat mengunjungi situs resmi OJK dan menggunakan fitur pencarian untuk mencari nama perusahaan yang ingin diperiksa. Status kelegalan perusahaan akan ditampilkan di layar.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs resmi OJK di sini.
  • Data akan muncul langsung per bulan.
  • Untuk mencari nama perusahaan, pilih menu “Temukan di Halaman” dengan mengklik ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas.
  • Ketikkan nama perusahaan.
  • Status kelegalan perusahaan akan ditampilkan.

Di situs ini juga akan terdapat daftar perusahaan ilegal, terutama karena maraknya perusahaan pinjaman online (pinjol) dan perusahaan lain yang masih ilegal.

3. Melalui Web Kominfo

Tidak banyak yang tahu bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga menyediakan informasi tentang legalitas perusahaan. Anda dapat mengunjungi situs resmi Kominfo dan menggunakan fitur pencarian untuk mencari nama perusahaan. Informasi mengenai status legalitas perusahaan akan ditampilkan secara detail.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs resmi Direktorat Tata Kelola Aptika https://pse.kominfo.go.id/ PSE Kominfo.
  • Data akan ditampilkan di layar.
  • Untuk memeriksa legalitas perusahaan secara detail, pilih opsi “SE terdaftar”.
  • Untuk melihat daftar badan usaha yang izin usahanya dicabut, pilih opsi “SE dicabut”.
  • Kolom “SE lama” menyajikan daftar perusahaan yang sudah lama mendapatkan legalitas.

Keistimewaan data legalitas di situs Kominfo ini adalah Anda dapat melihatnya secara menyeluruh melalui scan QR. Informasi lengkap mencakup nama perusahaan, situs web, dan sistem.

4. Melalui Web Bappebti

Web Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) juga dapat menjadi sumber informasi untuk memeriksa legalitas perusahaan, khususnya perusahaan dagang. Anda dapat mengunjungi situs web Bappebti dan menggunakan fitur pencarian untuk mencari informasi tentang legalitas perusahaan yang dicari.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Gunakan mesin pencari dan cari situs web Bappebti.
  • Pilih opsi “Pelaku Pasar” di bagian atas halaman.
  • Akan muncul pilihan seperti BPK, SRG, Pedagang Fisik, dan Pasar Lelang.
  • Pilih jenis perusahaan yang ingin Anda periksa.
  • Informasi mengenai legalitas perusahaan akan ditampilkan secara lengkap.

Bagaimana Suatu Perusahaan Mendapat Legalitas?

Legalitas sebuah perusahaan merupakan fondasi yang penting dalam menjalankan bisnis yang sah dan tepercaya di mata hukum. Proses mendapatkan legalitas perusahaan melibatkan beberapa tahapan yang harus dilalui dengan teliti dan sesuai prosedur yang berlaku. 

Berikut adalah langkah-langkah detail yang biasanya ditempuh untuk memperoleh legalitas perusahaan:

1. Mengurus Terlebih dahulu NPWP Pemilik Perusahaan

Langkah pertama dalam memperoleh legalitas perusahaan adalah dengan mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atas nama pendiri atau pemilik perusahaan. NPWP ini menjadi dasar penting dalam proses perizinan lebih lanjut, serta memudahkan dalam melakukan transaksi perpajakan.

2. Membuat Akta Pendirian Perusahaan

Setelah memiliki NPWP, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian perusahaan. Akta pendirian ini berisi informasi mengenai nama perusahaan, struktur organisasi, tujuan bisnis, dan pemegang saham. Proses pembuatan akta pendirian ini biasanya dilakukan di hadapan notaris dan didaftarkan ke instansi yang berwenang, seperti Kementerian Hukum dan HAM.

3. Melakukan Pendaftaran Akta Pendirian Perusahaan

Setelah akta pendirian perusahaan dibuat, langkah berikutnya adalah melakukan pendaftaran akta pendirian tersebut ke instansi yang berwenang, seperti Kantor Notaris atau Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran ini bertujuan untuk mendapatkan pengesahan resmi mengenai status legalitas perusahaan.

Banner Ads - Ebook 2

4. Mengurus NPWP dengan Mengatasnamakan Perusahaan

Selanjutnya, perusahaan perlu mengurus NPWP atas nama perusahaan di kantor pajak yang berada di domisili kantor perusahaan. NPWP perusahaan diperlukan untuk keperluan administrasi perpajakan dan juga sebagai syarat dalam membuka rekening bank atas nama perusahaan.

Baca Juga: 10 Marketing Trends di Tahun 2024: Pemanfaatan Media Sosial Hingga Teknologi AI

5. Mendapatkan Izin Dasar dengan Membentuk NIB

NIB (Nomor Induk Berusaha) merupakan identitas usaha yang diperlukan sebagai bukti legalitas perusahaan. Proses pembuatan NIB biasanya dilakukan melalui sistem Online Single Submission (OSS) yang disediakan pemerintah. Setelah mendapatkan NIB, perusahaan dianggap telah memenuhi persyaratan dasar dalam menjalankan bisnis secara legal.

6. Mengurus Izin Komersial

Selanjutnya, perusahaan perlu mengurus izin komersial sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bidang usahanya masing-masing. Izin komersial ini dapat berupa izin usaha perdagangan, izin industri, atau izin lainnya yang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

7. Mengurus Data dan Pendaftaran Karyawan pada Program Jaminan Ketenagakerjaan

Langkah terakhir adalah mengurus data karyawan dan melakukan pendaftaran pada program jaminan ketenagakerjaan, seperti BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk memastikan perlindungan bagi karyawan serta memenuhi kewajiban perusahaan dalam hal ketenagakerjaan.

Mengapa Legalitas Penting untuk Bisnis Perusahaan?

Mengapa Legalitas Penting untuk Bisnis Perusahaan?

Legalitas perusahaan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis dengan baik dan terhindar dari masalah hukum. Legalitas memastikan bahwa bisnis Anda diakui secara resmi oleh pemerintah dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk beroperasi. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa legalitas sangat penting untuk bisnis perusahaan:

1. Kredibilitas dan Kepercayaan

Legalitas memberikan kredibilitas dan kepercayaan kepada pelanggan, mitra bisnis, dan pihak lainnya. Dengan memiliki izin dan dokumen-dokumen yang sah, bisnis Anda terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya. Pelanggan akan merasa lebih nyaman untuk bertransaksi dengan perusahaan yang memiliki legalitas yang jelas.

2. Perlindungan Hukum

Legalitas melindungi bisnis dari masalah hukum yang dapat timbul. Dengan memiliki izin dan dokumen yang lengkap, Anda memiliki dasar hukum yang kuat dalam menyelesaikan perselisihan atau masalah yang mungkin timbul pada masa depan. Selain itu, legalitas juga memberikan perlindungan terhadap hak dan kewajiban perusahaan Anda.

3. Kemudahan Akses Keuangan

Bisnis yang legal memiliki akses lebih mudah ke layanan keuangan seperti pinjaman bank, investasi, dan pembiayaan. Bank dan lembaga keuangan lainnya cenderung lebih percaya untuk memberikan dukungan finansial kepada bisnis yang memiliki legalitas yang lengkap dan tepercaya.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

4. Kesempatan Bisnis yang Lebih Luas

Dengan legalitas yang sah, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk mengakses pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Banyak pihak, termasuk pemerintah dan perusahaan besar, cenderung lebih memilih untuk bermitra dengan bisnis yang memiliki legalitas yang jelas dan memenuhi standar yang ditetapkan.

Banner Ads - General 2

5. Pertumbuhan Bisnis yang Berkelanjutan

Legalitas memberikan dasar yang kokoh bagi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan memiliki izin dan dokumen yang lengkap, Anda dapat menjalankan bisnis dengan lebih efisien dan aman dari risiko-risiko yang tidak terduga. Ini dapat membantu Anda untuk fokus pada pengembangan bisnis dan mencapai tujuan-tujuan jangka panjang.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa legalitas perusahaan adalah hal yang sangat penting untuk kelancaran dan keberlangsungan bisnis Anda. Melalui proses cek legalitas perusahaan yang telah dijelaskan, Anda diharapkan dapat memperoleh legalitas dengan cara yang aman dan mudah. Dengan memiliki legalitas yang sah, setiap kegiatan bisnis akan dapat berjalan dengan lancar dan dilindungi oleh hukum yang berlaku.

Selain itu, perlu diingat bahwa selain urusan legalitas, faktor kesuksesan bisnis lainnya juga perlu diperhatikan, salah satunya adalah brand awareness. Namun, dengan banyaknya prioritas yang ada, Anda mungkin kewalahan untuk memfokuskan hanya pada brand awareness saja. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis Anda.

Untuk membantu mengatasi tantangan tersebut, kami merekomendasikan Anda untuk memanfaatkan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Kami adalah agensi pemasaran digital yang dapat membantu bisnis Anda untuk menerapkan setiap strategi pemasaran dengan tepat dan efektif. Tim profesional kami siap membantu Anda dalam mencapai target di setiap proses bisnis, mulai dari proses awal hingga akhir.

Keunggulan layanan ToffeeDev meliputi:

  • Strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.
  • Tim profesional yang ahli dalam berbagai aspek digital marketing, termasuk SEO, SEM, social media marketing, dan lainnya.
  • Analisis mendalam untuk memahami pasar dan pesaing Anda.
  • Layanan yang komprehensif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi.
  • Komitmen untuk memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan ekspektasi Anda.

Jangan biarkan kesulitan dalam memprioritaskan berbagai aspek bisnis menghambat pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda. Manfaatkan layanan ToffeeDev sekarang juga untuk mengoptimalkan kinerja bisnis secara online.

Pelajari solusi terbaik ToffeeDev untuk bisnis Anda dengan jadwalkan konsultasi gratis bersama kami!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top