4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Dalam menjalankan bisnis, pembukuan keuangan menjadi salah satu hal yang penting untuk dipelajari. Cara membuat pembukuan keuangan usaha dengan skala kecil pun harus diketahui oleh para pelaku usaha. Hal ini dikarenakan pembukuan keuangan mampu memberikan gambaran mendetail mengenai keuntungan dan kerugian dari bisnis yang dijalankan.

Banyak orang terutama para pelaku usaha kecil masih meremehkan kepentingan pembukuan keuangan karena menilai belum terlalu membutuhkan. Padahal, sekecil apapun keuntungan dan kerugian tetap perlu dicatat. Jika tidak, bisnis akan terhambat karena tidak mengetahui arus kas yang ada. Yuk simak informasi lengkapnya di sini.

4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

4 Cara Membuat Pembukuan Keuangan

Membuat pembukuan keuangan bukan hanya tentang mencatat pemasukan dan pengeluaran dari bisnis Anda. Perlu memperhatikan beberapa cara untuk dapat memaksimalkan fungsinya. Lalu, seperti apa cara membuat pembukuan keuangan untuk usaha kecil? Informasi lengkapnya dapat Anda simak di sini.

Baca juga: 4 Cara Membuat Pembukuan Penjualan

1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan Secara Terpisah

Biasanya ketika membuat catatan keuangan, kebanyakan orang justru menyatukan catatan pengeluaran dan pemasukan. Padahal, hal tersebut justru dapat menyebabkan kebingungan jika suatu saat perlu dicek ulang. Jadi, lebih baik Anda mencatat pengeluaran dan pemasukan dari bisnis Anda secara terpisah.

Catatan pengeluaran dan pemasukan secara terpisah dapat memudahkan Anda untuk mengecek ulang, terutama jika sudah dalam waktu yang cukup lama. Anda juga dapat melihat apakah pengeluaran dan pemasukan Anda berjalan selaras atau malah besar pengeluaran daripada pemasukan. Jika Anda membuat catatannya menjadi satu, Anda akan kesulitan menemukan transaksi secara cepat.

Selain itu, mencatat pengeluaran dan pemasukan secara terpisah juga dapat membantu Anda memastikan tidak ada transaksi yang tertinggal. Seluruh transaksi bisnis Anda akan terekam lengkap, sesuai dengan keuangan Anda.

2. Buat Catatan Arus Kas Utama

Setelah membuat catatan pengeluaran dan pemasukan secara terpisah, cara selanjutnya adalah membuat catatan arus kas utama. Gabungkan data yang ada, gunakan kolom debit dan kredit dalam catatan arus kas utama Anda. Catatan arus kas utama ini mampu Anda jadikan acuan apakah keuangan bisnis Anda aman atau tidak.

Pastikan Anda mempelajari kepentingan kolom debit dan kredit dalam pembukuan Anda. Hal ini juga dapat memperlihatkan bagaimana keuangan dalam bisnis Anda berjalan, sehingga plus dan minus keuangan dapat terdeteksi dengan seksama.

Jasa SEO

3. Buat Daftar Inventaris dan Stok Barang

Jika sudah, lanjutkan dengan membuat daftar inventaris dan stok barang. Pembuatan daftar ini juga berfungsi untuk mengetahui uang yang Anda keluarkan untuk kebutuhan inventaris dan stok barang. Dengan ini, Anda akan lebih mudah mengetahui apakah pengeluaran inventaris dan stok barang Anda sesuai kebutuhan dan budgeting yang Anda buat atau justru melebihinya.

Selain untuk kepentingan catatan keuangan, daftar inventaris dan stok barang juga dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah ada inventaris yang perlu diganti atau stok barang yang perlu ditambah. Hal ini akan membantu kelancaran jalannya usaha kecil yang Anda miliki.

4. Hitung Laporan Laba Rugi

Cara terakhir yang dapat dilakukan dalam membuat pembukuan keuangan usaha kecil adalah menghitung laporan laba rugi. Laporan laba rugi ini dapat disusun melalui catatan arus kas utama yang telah Anda buat sebelumnya. Dengan ini, Anda dapat mengetahui apakah bisnis Anda merugi atau meraup keuntungan sesuai dengan tujuan Anda.

Laporan laba rugi juga dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan untuk bisnis Anda. Apabila merugi, maka Anda perlu memutar otak untuk mengembangkan bisnis Anda atau menggencarkan promosi. Jika Anda sudah memperoleh keuntungan, penting untuk tidak cepat merasa puas dan lebih kreatif untuk mempertahankan bahkan memperbesar perolehan keuntungan yang ada dalam bisnis Anda.

Baca juga: Sistem Manajemen Kinerja Karyawan untuk Usaha Kecil

Pentingnya Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Setelah Anda mengetahui cara-cara untuk membuat pembukuan keuangan, lalu apa sih kepentingan dari pembukuan keuangan terutama untuk usaha kecil? Pembukuan keuangan memiliki banyak sekali manfaat baik untuk operasional bisnis Anda. 

Tidak bisa diremehkan, kunci kelancaran bisnis salah satunya berasal dari keuangan. Jadi, pembukuan keuangan ini juga sama pentingnya. Pembukuan keuangan ini berguna dalam melihat kondisi dan perkembangan bisnis. 

Melalui pembukuan keuangan, Anda dapat melihat apakah bisnis Anda dalam kondisi yang baik dan perkembangannya positif atau malah sebaliknya. Jika sedang dalam kondisi kritis, maka Anda perlu mempertimbangkan kelanjutan bisnis Anda kedepannya.

Baca juga: 7 Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil yang Perlu Diketahui

Fungsi pembukuan keuangan yang paling penting adalah mengetahui keuntungan dan kerugian bisnis Anda. Tujuan utama dari berbisnis pastinya adalah meraup keuntungan semaksimal mungkin, oleh karena itu Anda perlu mengetahui apakah bisnis Anda berjalan sesuai tujuan atau justru membuat Anda merugi.

Tidak hanya tentang keuangan, pembukuan juga dapat menjadi berbagai alat dalam bisnis. Mulai dari alat penilaian kesuksesan bisnis Anda, alat perencana langkah strategis bisnis seperti apa yang Anda perlukan dan juga alat pengambilan keputusan dalam bisnis Anda. Jadi, pembukuan keuangan tidak bisa untuk diremehkan.

Nah, itulah tadi cara-cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil dan peran pentingnya dalam bisnis. Sekecil apapun skala bisnis Anda, baru merintis sekalipun, pembukuan keuangan tetaplah penting. Pembukuan keuangan dapat membantu Anda memastikan bisnis berjalan lancar juga menghindari hambatan-hambatan keuangan yang terjadi kedepannya.Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, Anda juga dapat menggunakan berbagai layanan digital marketing seperti website dan SEO sehingga brand bisnis Anda dapat berkembang diketahui banyak orang. Toffeedev menyediakan berbagai layanan seperti website dan SEO yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu perkembangan bisnis Anda. Hubungi Toffeedev sekarang juga, dapatkan layanan terbaik untuk bisnis Anda.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top