Apa itu Consultative Selling? Pelajari Arti dan 6 Teknik yang Dapat Dicoba

consultative selling adalah

Dalam berbisnis, ada berbagai teknik yang bisa Anda terapkan agar dapat menghasilkan banyak penjualan. Tujuannya tentu agar Anda dapat memperoleh keuntungan sesuai target. Nah, consultative selling adalah salah satu teknik yang dapat Anda manfaatkan dalam kegiatan penjualan tersebut. Memangnya, apa itu consultative selling? Simak penjelasan lebih lanjut mengenai teknik  consultative selling berikut ini.

Pengertian Consultative Selling

Consultative selling adalah salah satu jenis teknik penjualan yang berfokus pada kebutuhan konsumen. Dengan begitu, Anda akan tahu solusi yang cocok untuk diberikan lewat produk yang Anda tawarkan.

Consultative selling sendiri terbilang amat penting karena dengan membantu konsumen Anda dalam mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan mereka, maka loyalitas konsumen terhadap brand Anda akan terbentuk dengan mudah. Sehingga, pada akhirnya, terjalin ikatan yang baik antara konsumen dengan brand yang Anda miliki.

Cara Kerja Consultative Selling

Cara kerja dari teknik consultative selling adalah dimulai dengan mengenali produk yang Anda miliki. Pelajari apa saja kelebihannya, siapa target konsumennya, bagaimana manfaatnya, dan sebagainya.

Nah, setelah Anda paham betul dengan produk Anda, maka pada langkah berikutnya, Anda dapat mulai melakukan proses pendekatan kepada konsumen yang potensial. Mulailah mendekati target konsumen dengan menyapa mereka secara ramah dan jika respons yang diberikan atas sapaan Anda baik, maka pada langkah berikutnya Anda dapat mulai mengajak mereka berdiskusi.

Anda dapat bertanya mengenai kebutuhan mereka, seperti produk seperti apa yang konsumen Anda cari, fitur apa saja yang ingin didapatkan oleh konsumen Anda, dan tujuan para konsumen dalam mencari produk tersebut.

Dengarkan penjelasan mereka dengan baik dan cobalah untuk melakukan persuasi dengan mengaitkan kebutuhan yang dimiliki oleh para konsumen atas produk yang Anda miliki. Tawarkan produk yang Anda miliki dengan memberikan penjelasan secara langsung terkait kegunaan produk Anda dan alasan mengapa produk Anda bisa menjawab kebutuhan para konsumen. 

Consultative selling adalah strategi pemasaran yang pada dasarnya terbilang ampuh untuk meningkatkan penjualan. Sudah ada banyak orang yang menerapkan teknik ini untuk menghasilkan penjualan dan membuat produk yang dimiliki terjual secara maksimal.

Baca juga: Jenis-Jenis Strategi Pemasaran yang Sering Digunakan

Tujuan dan Manfaat Consultative Selling

1. Memberikan Perspektif bagi konsumen

Tujuan sekaligus manfaat pertama dari teknik consultative selling adalah untuk memberikan perspektif bagi konsumen. Dengan memberikan penjelasan dan membantu konsumen dalam menyelesaikan masalah yang mereka miliki lewat produk Anda, maka perspektif baru bagi konsumen akan lebih terbuka. Artinya, mereka juga jadi lebih terbuka dalam mencoba produk Anda.

2. Menjadikan Penjualan Makin Bernilai

Salah satu manfaat penting dari teknik consultative selling adalah menjadikan penjualan makin bernilai bagi anda maupun konsumen. Hal ini karena Anda dan konsumen tidak sekadar bertukar uang dengan barang atau jasa. Lebih dari itu, ada sesi diskusi penting yang dilakukan untuk membangun value lebih, sehingga dengan menerapkan teknik consultative selling ini, kegiatan penjualan jadi lebih bernilai.

Baca juga: 3 Cara Melakukan Analisis Strategi Pemasaran

3. Membangun Hubungan yang Kuat

Salah satu manfaat yang tidak kalah penting dari teknik consultative selling ini adalah hubungan antara Anda dengan konsumen Anda dapat terjalin secara lebih optimal. Tidak hanya saat transaksi, hubungan kuat ini akan bisa bertahan sehingga memungkinkan Anda untuk menjalinnya dalam jangka waktu panjang, seperti dengan melakukan follow up atau mengirimkan berbagai promosi menarik

6 Teknik Consultative Selling yang Bisa Anda Coba

Dalam kegiatan consultative selling sendiri, terdapat enam buah teknik yang bisa Anda terapkan agar kegiatan penjualan dapat berjalan secara lancar. Simak penjelasan keenam teknik tersebut berikut ini.

1. Teknik Pre-sales

Sebelum mulai melakukan teknik consultative selling, Anda tentu perlu melakukan persiapan yang optimal dan mendetail. Itulah mengapa, teknik pertama ini amat penting untuk Anda terapkan agar penjualan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Jadi, Anda perlu melakukan riset yang tepat, mulai dari tentang produk Anda hingga terkait minat dan kebiasaan yang dimiliki para konsumen Anda.

2. Mengajukan Pertanyaan

Consultative selling adalah teknik menarik yang bisa dibilang berbeda dari teknik penjualan tradisional. Pasalnya, dalam teknik consultative selling ini, Anda yang secara aktif mendekati konsumen dan menanyakan seputar kebutuhan yang mereka miliki.

3. Mendengarkan konsumen secara Aktif 

Selain fokus pada kegiatan mengajukan pertanyaan, sebagai penjual yang baik, Anda pun tidak hanya harus pintar menggali informasi dan bertanya, melainkan perlu juga mendengarkan konsumen secara aktif. Selain memang hal ini merupakan dasar dari kesopanan, dengan mendengarkan konsumen, mereka akan merasa lebih dihargai hingga akhirnya tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Membangun Kepercayaan

Agar dapat menghasilkan penjualan, dalam menjalankan teknik consultative selling ini, Anda perlu menerapkan teknik membangun kepercayaan. Kepercayaan yang dimiliki oleh pelanggan akan memudahkan Anda saat menawarkan produk kepada mereka.

Baca juga: Cara Menyusun Strategi Pemasaran E-commerce yang Tepat

5. Menanyakan Feedback 

Nah, jika sudah menerapkan keempat teknik sebelumnya, Anda pun dapat mulai menanyakan feedback atau tanggapan dari pelanggan agar Anda tahu sejauh mana pemahaman mereka tentang penjelasan yang telah Anda berikan. Jika belum jelas, Anda bisa memberikan penjelasan lebih lanjut dengan cara yang sederhana. Nah, apabila sudah jelas, maka Anda bisa langsung beralih ke teknik terakhir.

6. Melakukan Kegiatan Follow Up

Ingat, dalam menerapkan consultative selling, Anda tidak boleh melewatkan teknik satu ini. Melalui follow up inilah Anda dapat segera menuntaskan transaksi yang dimiliki. Jadi, akan makin mudah bagi Anda untuk menghasilkan penjualan lewat teknik consultative selling itu sendiri.

Consultative selling adalah teknik penjualan di mana Anda lebih aktif mendengarkan kebutuhan pelanggan. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan harapan Anda. Agar hasilnya makin optimal, imbangi pula dengan penerapan Digital Marketing seperti pembuatan website, SEO, dan masih banyak lagi. 

Jasa SEO

Untuk kebutuhan Digital Marketing ini, serahkan saja kepada tim ToffeeDev yang telah berpengalaman dalam menjalankan berbagai strategi Digital Marketing. Jika tertarik, Anda dapat langsung menghubungi kami di sini.

Share this post :

Scroll to Top