6 Strategi Lead Generation Ecommerce yang Efektif di 2024

lead generation ecommerce

Mencari dan mendatangkan pelanggan baru, atau lebih dikenal dengan nama lead generation, sudah sewajarnya menjadi tujuan dari setiap kegiatan pemasaran bisnis Anda. Mulai dari membangun website, membagikan konten di sosial media, hingga menggunakan media konvensional seperti billboard, brand kini memiliki banyak cara untuk melakukan lead generation. Di 2024 ini, bagaimana Anda dapat mengubah seorang pengunjung menjadi seorang pelanggan? Berikut adalah beberapa strategi lead generation ecommerce yang bisa Anda coba.

Strategi Lead Generation Ecommerce yang Efektif di 2024

Terdapat berbagai saluran pemasaran dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk mendatangkan pelanggan baru ke bisnis ecommerce Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization (SEO)

SEO merupakan praktik yang bertujuan untuk membuat website ecommerce Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang melalui kata kunci tertentu. Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang klinik kecantikan yang berada di Jakarta Barat. Idealnya, Anda ingin orang-orang menemukan website Anda ketika mereka mencari ‘klinik kecantikan jakarta barat’ melalui mesin pencari di Google.

Baca juga: 3 Cara Menggunakan AI untuk Lead Generation dalam Bisnis Anda 

Sebagai saluran pemasaran, SEO dikenal sebagai saluran yang memiliki nilai ROI cukup tinggi. Namun, Anda juga harus paham bahwa SEO bersifat jangka panjang; Anda tidak bisa mengoptimasi situs Anda hari ini dan berharap melihat ROI hingga berpuluh kali bulan berikutnya.

Banner Ads - General 2

Faktanya, mayoritas, bahkan sekitar 96%, pengunjung website bukanlah orang yang ingin melakukan pembelian saat itu juga. Itu berarti Anda harus membangun pengalaman yang baik dengan pelanggan dengan memberikan mereka sesuatu setiap kali mereka mengunjungi website ecommerce Anda untuk mengubah mereka dari sekedar pengunjung menjadi pelanggan.

Misalnya, sebagai pemilik brand produk skincare, Anda bisa memberikan konten panduan mengenali jenis-jenis kulit serta perawatan apa saja yang harus dilakukan untuk tiap jenis kulit. Anda tidak harus selalu membuat konten yang bersifat menjual; cukup berikan apa yang target audiens Anda inginkan. Proses ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas sehingga ketika mereka memutuskan untuk mengunjungi klinik kecantikan, mereka akan mengunjungi klinik Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan ROI Digital Marketing: Panduan Lengkap untuk Menghitung dan Memaksimalkan Return on Investment

SEO tidak hanya sebatas konten saja. Ada juga elemen-elemen teknis yang berhubungan dengan bagaimana website Anda dibangun. Temukan panduan SEO dari ToffeeDev yang dapat membantu membangun fondasi kesuksesan untuk strategi SEO Anda.

2. Advertising

Jika SEO merupakan strategi jangka panjang, maka beriklan, baik itu melalui Google Ads atau sosial media, merupakan strategi yang relatif lebih cepat memberikan hasil dengan tingkat ROI yang cukup tinggi. Umumnya, bisnis akan menjalankan strategi SEO mereka berbarengan dengan beriklan untuk menjangkau calon pelanggan yang sudah siap membeli.

Beriklan di Google juga menjadi cara yang efektif untuk memenangkan kata kunci yang bersifat transaksional serta memiliki persaingan tinggi. Google Ads juga sangat fleksibel; Anda dapat dengan mudah meningkatkan atau menurunkan biaya beriklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan data penunjang untuk membantu menargetkan orang-orang yang memang relevan dengan target audiens Anda.

3. Social Media Marketing

Sosial media merupakan salah satu platform yang efektif untuk membangun brand dan menonjolkan karakter dari bisnis Anda kepada pelanggan. Melalui sosial media, Anda dapat berinteraksi dan melayani pelanggan secara langsung.

Beberapa platform sosial media juga menawarkan opsi untuk beriklan yang efektif. Misalnya, di Facebook Anda dapat melakukan iklan yang sangat tertarget yang kemudian bisa Anda arahkan baik menuju halaman website atau WhatsApp bisnis Anda. Jika ingin tahu lebih banyak, Anda bisa menemukan panduan Facebook Ads untuk Pemula yang bisa membantu Anda memulai strategi beriklan di Facebook.

4. Email Marketing

email marketing

Email marketing dapat menjadi salah satu cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mayoritas pengunjung website Anda tidak datang untuk membeli. Anda masih harus membangun hubungan dan membuat mereka percaya dengan bisnis Anda. Email marketing dapat membantu bisnis Anda untuk melakukan hal tersebut.

Bagaimana cara untuk mendapatkan email pengunjung website? Jawabannya adalah berikan apa yang mereka inginkan. Misalnya, Anda bisa memberikan sebuah kupon diskon khusus asal pengunjung website memberikan alamat email mereka. Atau, Anda juga bisa menawarkan laporan gratis atau buku panduan gratis dan pengunjung harus memberikan alamat email mereka agar Anda bisa mengirimkan laporan atau panduan tersebut kepada mereka.

Email marketing tidak hanya efektif bagi calon pelanggan tapi juga pelanggan Anda yang sekarang. Anda dapat mengirim email notifikasi pada pelanggan ketika mereka masih memiliki beberapa barang di keranjang mereka atau memberikan produk komplementer atas produk yang baru saja mereka beli dari bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membangun Brand Image yang Efektif untuk Bisnis Anda

5. Personalisasi

Personalisasi merupakan strategi pemasaran yang membuat pengalaman orang yang berinteraksi dengan bisnis Anda menjadi unik dan menyenangkan. Pengunjung atau pelanggan tidak ingin mengulang dari awal ketika mereka berinteraksi dengan bisnis Anda. Mereka ingin menemukan produk yang sering mereka cari atau beli secara langsung atau menemukan halaman yang bisa membantu mereka lebih nyaman terkait kebiasaan mereka berinteraksi dengan brand Anda.

Personalisasi juga bisa Anda lakukan melalui pesan pemasaran. Misalnya, saat mengirim email, Anda bisa menyebutkan nama mereka sekaligus memberikan produk-produk yang mungkin menarik buat mereka berdasarkan pencarian mereka di website Anda sebelumnya. Anda juga bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun atau merayakan anniversary dengan memberikan diskon spesial.

6. Optimasi Pengalaman Mobile

Mobile First’ telah menjadi mantra utama banyak kegiatan pemasaran. Faktanya, hampir 88% pengguna internet di Indonesia melakukan pencarian hanya melalui handphone. Artinya, setiap kegiatan pemasaran sebaiknya berangkat dari pengalaman orang dalam menggunakan handphone atau smartphone mereka; desain website harus muncul dengan baik di layar handphone, kreatif iklan harus dapat dibaca dengan mudah melalui layar handphone, dan lainnya.

Itulah dia penjelasan strategi lead generation ecommerce yang bisa Anda jadikan panduan. Strategi digital marketing telah menjadi senjata utama banyak perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru. Anda bisa menemukan banyak platform dan strategi yang Anda coba. Apapun strategi atau platform yang Anda pilih, pastikan Anda menjalankan strategi digital marketing yang tepat sasaran.

Banner Ads - Lead Gen 2

ToffeeDev dapat membantu Anda untuk memilih platform dan meracik strategi digital marketing yang tepat sasaran. Pelajari lebih lanjut layanan digital marketing dari ToffeeDev dan lakukan konsultasi untuk menemukan solusi yang tepat untuk bisnis online Anda.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top