Apa saja Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Anda?

manfaat media sosial untuk bisnis

Ada begitu banyak manfaat media sosial untuk bisnis yang dapat Anda peroleh. Anda tentu tahu bahwa di masa seperti saat ini, kita tidak dapat hanya mengandalkan penjualan melalui offline saja. Anda perlu membuat inovasi dan memunculkan ide-ide baru untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

Mungkin sebagian dari Anda masih belum memahami mengapa begitu banyak pelaku bisnis yang memasarkan usaha mereka secara online. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis yang Penting untuk Diketahui

Media sosial mempunyai platform yang banyak sesuai dengan kebutuhan penggunanya seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, bahkan TikTok. Dengan banyaknya platform yang tersedia, Anda dapat memilih untuk menggunakan media sosial yang mana untuk mempromosikan bisnis Anda. Tentunya, semua platform media sosial memiliki manfaat yang sama, yaitu:

1. Memberikan Informasi Terkini Lebih Cepat

Apakah Anda sedang mempunyai produk atau jasa terbaru yang ingin diluncurkan? Maka Anda bisa menggunakan media sosial untuk memberitakannya dan bisa dipastikan bahwa customer Anda dapat menerimanya secara langsung. Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk memberitakan informasi baru kepada customer Anda. Hanya dengan membuat sebuah visual desain dan sedikit caption sebagai penjelasan, maka informasi yang ingin Anda bagikan dapat langsung tersebar dan sampai di media sosial customer Anda.

2. Menjaga Komunikasi dan Membangun Kepercayaan Customer

Media sosial juga bisa menjadi sarana untuk menjaga komunikasi dan membangun kepercayaan customer Anda. Hal ini dikarenakan customer dapat lebih mudah untuk menyampaikan feedback dan Anda bisa langsung membacanya dan bahkan melakukan evaluasi secara cepat. Dengan demikian, customer akan merasa lebih puas dengan aksi cepat yang Anda lakukan dan bukan tidak mungkin jika mereka membantu untuk mempromosikan produk atau servis Anda kepada orang-orang di sekitarnya. 

Baca Juga : 5 Strategi Untuk Membangun Kepercayaan Konsumen

3. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Tahukah Anda bahwa pengguna media sosial terus meningkat setiap tahunnya? Menurut datereportal.com, per Januari 2021 kemarin total pengguna media sosial di Indonesia ada sekitar 170 juta pengguna. Terjadi peningkatan sebanyak 10 juta pengguna antara tahun 2020 dan 2021. Banyak sekali bukan pengguna media sosial di Indonesia? 170 juta pengguna media sosial ini merupakan peluang bagi Anda untuk mengembangkan bisnis dan tentunya meningkatkan pemasukan bisnis Anda.

Banner - Ads General

4. Dapat Melakukan Promosi dengan Biaya yang Lebih Rendah

Hal yang paling menguntungkan dari menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnis adalah Anda dapat melakukan promosi dengan biaya yang relatif lebih rendah. 

Jika biasanya Anda perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat dan juga biaya operasional lainnya, maka dengan media sosial Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sebesar itu. Anda bisa memanfaatkan Ads pada media sosial untuk dapat mempromosikan bisnis Anda.

5. Membantu Meningkatkan Traffic Website

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan media sosial adalah meningkatnya traffic website yang Anda miliki. Jika Anda memiliki website sendiri, tentunya sangat penting untuk Anda meningkatkan traffic website tersebut, bukan? 

Dengan media sosial, Anda bisa mengarahkan pengunjung untuk masuk ke dalam website Anda dengan mengarahkannya kepada konten-konten yang bermanfaat untuk mereka. Anda juga bisa meletakkan link website pada bagian data diri media sosial Anda agar pengunjung dapat menuju ke website kapanpun mereka mau.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Traffic Website Secara Organik

6. Meningkatkan Otoritas Merek

Dengan rutin mengunggah di media sosial dan berkomunikasi dengan audiens, Anda dapat membangun citra positif di benak audiens. Berinteraksi secara teratur dengan audiens, mengunggah konten dan berbagi informasi relevan, serta mempromosikan bisnis, bisa menjadi bukti kepada audiens bahwa perusahaan Anda fokus memberikan kemudahan bagi mereka. Saat Anda dipercaya memiliki otoritas, akan lebih banyak audiens yang bersedia mendengarkan pesan Anda dan membeli produk Anda.

7. Memanusiakan Merek 

Sebagian besar pelanggan tidak memercayai suatu merek kecuali mereka melihat bukti nyata bahwa bisnis tersebut tepercaya. Langkah pertama untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan adalah dengan menunjukkan bahwa Anda bukan sekadar merek jualan. Media sosial memungkinkan bisnis untuk membuat koneksi nyata secara real-time dengan audiens. Melalui platform ini, Anda dapat dengan mudah menjangkau seluruh audiens dengan sentuhan personal yang membangun kepercayaan terhadap bisnis.

Banner - Ebook Ads

3 Cara Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Kesuksesan Bisnis

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan penggunaan marketing di media sosial agar bisnis bisa merasakan semua manfaat yang telah disebutkan di atas? Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini:

1. Mulailah dengan Rencana

Setiap strategi bisnis yang baik dimulai dengan rencana yang baik. Meskipun media sosial gratis, tetapi waktu dan upaya yang Anda lakukan merupakan investasi dalam bisnis. Jadi, luangkan waktu untuk mencari dan membuat rencana media sosial di awal untuk memastikan keseluruhan strategi media sosial Anda mendukung tujuan bisnis.

2. Putuskan Platform yang Tepat 

Untuk memastikan penggunaan media sosial yang efektif, Anda perlu melakukan riset. Riset akan membantu dalam memahami bagaimana audiens di industri spesifik Anda menghabiskan waktu secara online. Anda dapat menggunakan saluran sosial yang berbeda untuk menjangkau audiens yang berbeda pula atau untuk memenuhi tujuan bisnis yang berbeda.

Baca Juga: 11 Teknik Pemasaran dengan Media Sosial

3. Kenali Audiens Anda

Salah satu alasan mengapa manfaat media sosial untuk bisnis sangat besar adalah Anda dapat menargetkan audiens Anda secara mendetail. Untuk itu, pahamilah siapa saja target audiens Anda. Mulailah dengan mengumpulkan data tentang pelanggan Anda saat ini, kemudian gali lebih dalam dengan analitik tentang pengguna media sosial untuk memahami siapa yang membeli dan berinteraksi dengan bisnis Anda secara online.

Banner - Lead Gen Ads

Ini Saatnya untuk Mengembangkan Bisnis Melalui Media Sosial

Jadi, setelah mengetahui kelima manfaat media sosial untuk bisnis, Anda pasti yakin untuk melebarkan sayap bisnis Anda melalui media sosial, bukan? Silakan hubungi kami sekarang juga karena ToffeeDev menyediakan jasa design social media yang dapat membantu Anda dalam memasarkan bisnis secara online.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top