Simak Pentingnya Penerapan Design Thinking dalam Strategi Branding Bisnis

Pentingnya Penerapan Design Thinking dalam Strategi Branding Bisnis

Sudahkah Anda menyusun strategi yang tepat dalam meningkatkan bisnis saat ini? Jika belum, Anda dapat mencoba untuk menerapkan salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan dalam menjalankan bisnis yaitu design thinking. Penerapan design thinking ini begitu penting untuk membantu bisnis menjadi lebih berkembang.

Design thinking sendiri pada dasarnya sudah dimanfaatkan oleh banyak brand terkemuka di dunia, seperti Google dan Apple. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar design thinking dan kaitannya dengan pengembangan bisnis, Anda bisa menyimak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Design Thinking?

Design thinking merupakan sebuah proses berpikir yang praktis dan strategis. Biasanya, strategi design thinking ini dilakukan secara berulang, sehingga pada akhirnya dapat diperoleh solusi yang solutif dan inovatif untuk membantu memecahkan sebuah masalah.

Saat melakukan penerapan design thinking, Anda perlu memiliki pemahaman mendalam tentang konsumen, dengan terlebih dahulu mencari tahu mengenai kebutuhan konsumen dan berbagai masalah yang mereka hadapi. Kemudian, setelah paham tentang masalah yang konsumen miliki, Anda dapat melakukan kegiatan brainstorming untuk mencari solusi yang dibutuhkan.

Ingat, fokus dari design thinking sendiri adalah pemecahan masalah dari user. Jadi, saat akan mencari solusi, Anda perlu menempatkan diri pada posisi konsumen. Bayangkan diri Anda sebagai seorang pelanggan agar solusi yang diperoleh untuk memecahkan masalah dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Metode Design Thinking dan Fungsinya untuk Digital Marketing

Tujuan Design Thinking

Penerapan design thinking memiliki tujuan penting yang ingin dicapai, yakni untuk memperoleh solusi atas berbagai masalah yang ada. Dalam ranah bisnis, masalah yang dimaksud bisa berupa banyak hal, misalnya masalah dalam produksi hingga masalah yang dihadapi target konsumen.

Bagi perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan, design thinking ini amat penting karena dapat membantu Anda untuk memahami kebutuhan pasar, sehingga kegiatan operasional dapat lebih dioptimalkan.

Pentingnya Penerapan Design Thinking dalam Strategi Branding Bisnis

Penerapan design thinking sendiri amat penting, terutama dalam strategi branding bisnis. Dengan melakukan penerapan design thinking, Anda tidak hanya dapat mencari solusi atas masalah yang tengah Anda hadapi, tapi juga bisa melakukan identifikasi dan pemahaman yang baik untuk bisnis Anda.

Anda tentu akan lebih mudah dalam melakukan branding ketika memiliki pemahaman yang baik. Pasalnya, design thinking membantu Anda untuk lebih mengenali dan memahami bisnis Anda, mulai dari keunikan, kekurangan, hingga produk yang dipasarkan. Alhasil, Anda jadi tahu hal apa saja yang perlu ditonjolkan untuk mendukung brand image Anda.

5 Tahapan Design Thinking

Mengingat manfaat yang ditawarkan design thinking, sudah saatnya bisnis Anda mulai menerapkannya. Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Empathize

Langkah pertama adalah empathize atau empati. Dalam melakukan kegiatan design thinking, Anda perlu melihat masalah dari sudut pandang konsumen Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencari solusi paling tepat bagi bisnis yang Anda jalankan.

2. Define

Langkah selanjutnya, Anda perlu memperoleh gambaran jelas mengenai kebutuhan yang dimiliki oleh konsumen Anda. Jadi, Anda perlu ‘define’ atau mendefinisikan masalah tersebut. Sehingga, Anda akan memiliki gambaran yang tepat mengenai masalah yang dihadapi oleh konsumen.

3. Ideate

Tahapan berikutnya yakni ideate. Setelah memperoleh gambaran tepat mengenai masalah yang konsumen hadapi, kini waktunya bagi Anda untuk melakukan ideate. Maksudnya, Anda bisa melakukan brainstorming untuk menemukan ide atau solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan calon konsumen.

4. Prototype

Setelah itu, langkah selanjutnya adalah prototype. Prototype sendiri merupakan pembuatan model produk dalam skala kecil, sehingga nantinya produk yang dibuat akan mampu memperjelas sekaligus menguji keberhasilan dari penerapan ide yang Anda pikirkan sebelumnya.

5. Test

Tahap terakhir adalah test atau pengujian. Pada tahap terakhir ini, Anda dapat menguji apakah produk yang Anda buat dapat mengatasi masalah yang dimiliki oleh konsumen Anda atau tidak.

Baca juga: 5 Macam Strategi Branding Produk dengan Digital Marketing

3 Cara Menjalankan Design Thinking dalam Membentuk Strategi Branding

Terakhir, mari masuk ke pembahasan mengenai cara menjalankan design thinking. Penerapan design thinking sendiri sebetulnya terbilang cukup kompleks. Akan tetapi, hasilnya dapat membantu untuk memahami kebutuhan konsumen sehingga solusi yang inovatif dapat diperoleh.

Kabar baiknya lagi, design thinking pun dapat Anda manfaatkan untuk menunjang strategi branding. Berikut tiga cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan design thinking dalam membentuk strategi branding.

1. Memahami Customer

Sebelum beranjak memikirkan hal lain, Anda perlu memahami customer terlebih dahulu agar branding dapat berhasil. Pelajari berbagai hal yang menunjang hal tersebut, seperti kebiasaan, sikap, cara berbelanja, hingga pendapatan yang dimiliki calon customer agar branding dapat berjalan dengan sesuai.

2. Melakukan Visualisasi Proses

Setelah paham tentang customer, Anda perlu melakukan visualisasi proses. Anda pun akan lebih terbantu untuk memahami dan mengingat proses yang terjadi, sehingga strategi branding dapat lebih memungkinkan untuk diterapkan.

Baca juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Online

3. Mengubah Masalah Menjadi Pertanyaan

Setelah melakukan visualisasi, berikutnya Anda dapat mengubah masalah menjadi pertanyaan yang dapat Anda jawab. Jadi, Anda akan makin paham, strategi branding seperti apa yang cocok atau tepat untuk Anda terapkan dalam bisnis yang Anda jalankan.

Jasa SEO

Itulah penjelasan mengenai penerapan design thinking dalam strategi branding bisnis Anda. Untuk menunjang branding, Anda pun dapat memanfaatkan digital marketing. Untuk kebutuhan satu ini, Anda bisa menggunakan jasa dari ToffeeDev. Kami menyediakan berbagai jasa digital marketing secara menyeluruh, mulai dari pembuatan website, SEO, dan masih banyak lagi. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top