Pentingnya Manajemen Waktu bagi Seorang Entrepreneur

Pentingnya Manajemen Waktu

Anda sebagai entrepreneur atau wiraswasta pasti memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Mulai dari mengoperasikan bisnis, rapat dengan klien atau supplier, hingga berdiskusi dengan tim internal bisnis, semua itu harus diselesaikan tepat waktu. Saat pekerjaan mulai rumit, Anda pun mulai menyadari pentingnya manajemen waktu dalam menjalankan bisnis.

Mungkin Anda telah memahami bahwa manajemen waktu sangat penting bagi bisnis, tetapi tidak tahu cara menerapkannya. ToffeeDev akan memberikan tips praktis mengaplikasikan manajemen waktu dalam pekerjaan Anda. Temukan tipsnya dalam artikel ini.

Pengertian Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan proses atau langkah mengontrol waktu dalam batas tertentu untuk mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan. Sama seperti manajemen lainnya, Anda pun perlu merencanakan dan menggunakan waktu secara efektif dan semaksimal mungkin. Waktu yang tersedia digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri atau orang lain.

Baca Juga: 20 Tips Menjadi Pengusaha Sukses

Pentingnya Manajemen Waktu bagi Seorang Entrepreneur

Seorang wiraswasta pun harus menyadari pentingnya manajemen waktu dalam menjalankan bisnis. Secara umum, manajemen waktu yang baik akan berdampak pada kelancaran bisnis secara internal maupun eksternal. Manajemen waktu yang baik pun akan melatih Anda menjadi wiraswasta yang andal dan cekatan dalam menjalankan bisnis.

Manajemen waktu dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dalam bisnis dengan tepat waktu. Proses ini melibatkan perencanaan sehingga Anda bisa mengetahui kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan sebelum mencapai tenggat waktu. Anda pun mengatur waktu dan jadwal untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut sehingga hasil pekerjaannya akan memuaskan.

Manajemen waktu akan melatih Anda menjadi pribadi yang tenang dan tidak panik selama bekerja. Rasa panik muncul bila Anda menunda-nunda pekerjaan atau tidak menentukan skala prioritas tugas yang akan dikerjakan. Akibatnya, Anda akan merasa lelah dan hal ini dapat mengganggu proses operasional bisnis yang sedang dijalankan.

Terakhir, manajemen waktu dapat mempererat relasi dengan pelaku bisnis lainnya ketika bekerja sama. Manajemen waktu yang buruk tidak hanya mengganggu proses pengerjaan proyek, tetapi juga berpengaruh pada relasi bisnis Anda. Sebaliknya, manajemen waktu yang baik dapat memberikan kesan bahwa Anda merupakan pebisnis yang kredibel dan bisa dipercaya untuk bekerja sama pada masa depan.

Baca Juga: Cara Kerja Marketing yang Harus Dipahami oleh Pebisnis

9 Tips Manajemen Waktu untuk Anda

Tips Manajemen Waktu untuk Anda

Anda pasti sudah memahami pentingnya manajemen waktu setelah membaca alasan di atas. Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan untuk menerapkan manajemen waktu yang baik dalam berbisnis? Terapkan tips manajemen waktu yang praktis dan sederhana di bawah ini.

1. Buat Jadwal dan Tenggat Waktu

Perencanaan jadwal merupakan langkah pertama dalam manajemen waktu. Anda perlu membuat daftar tugas atau pekerjaan yang harus dikerjakan serta tenggat waktunya. Tenggat waktu (deadline) sangat penting supaya Anda tidak memiliki alasan untuk menunda-nunda pekerjaan.

2. Pertahankan Skala Prioritas

Selain jadwal, Anda pun perlu membuat skala prioritas tugas yang ingin dikerjakan. Bagi tugas tersebut menjadi empat kategori: penting dan mendesak, penting tetapi tidak mendesak, tidak penting tetapi mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak. Pastikan Anda mengeksekusi semua tugas dan rencana tersebut sesuai skala prioritas yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Pitch Deck dan Tips Membuatnya

3. Hindari Gangguan atau Distraksi Kecil

Distraksi sekecil apa pun, seperti notifikasi e-mail, panggilan telepon, atau media sosial bisa menjadi ‘senjata kecil’ yang bisa menghilangkan fokus selama bekerja. Untuk itu, Anda perlu membuat jadwal khusus untuk menjawab telepon, membalas e-mail, atau membuka media sosial bisnis.

4. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Fokus bekerja bukan berarti Anda tidak memiliki waktu khusus untuk beristirahat. Istirahat justru diperlukan supaya pikiran tetap segar dan Anda memiliki cukup tenaga untuk melanjutkan pekerjaan. Luangkan waktu beberapa menit untuk makan siang, beristirahat sebentar, atau sekadar meregangkan tubuh.

Jasa SEO

5. Tetapkan Tujuan dan Reward suatu Pekerjaan

Semangat dan fokus makin bertambah apabila Anda memiliki tujuan yang realistis dalam setiap tugas. Contohnya, menyelesaikan pekerjaan sebelum weekend agar bisa menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, Anda bisa menetapkan rewards apabila berhasil mencapai tujuan tersebut.

6. Hilangkan Tugas yang Tidak Sesuai Tujuan

Anda perlu mengingat tujuan atau target yang ingin dicapai dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, Anda harus menghindari tugas atau proyek yang tidak selaras dengan tujuan tersebut. Tips ini akan membuat Anda makin fokus dan efektif dalam mengelola waktu selama menjalankan bisnis.

7. Atur Ruang Kerja Anda

Anda tentu tidak akan merasa fokus bekerja apabila melihat ruang kerja yang berantakan, bukan? Itulah pentingnya merapikan dan mengatur ruang kerja Anda setiap saat. Pikiran pun makin rileks sehingga Anda dapat memikirkan inovasi atau ide baru yang membantu pengembangan bisnis.

Baca juga: 8 Tantangan dalam Bisnis dan Strategi Menghadapinya

8. Gunakan Tools Manajemen Waktu

Ada banyak tools atau aplikasi yang berguna untuk manajemen waktu selama bekerja. Anda bisa menggunakan planner atau to-do-list untuk merencanakan setiap pekerjaan atau meeting yang ingin dilakukan dalam satu hari. Selain itu, ada pula tools Pomodoro yang membuat Anda tetap fokus dalam mengerjakan tugas, tetapi memiliki waktu istirahat di sela-sela bekerja.

9. Hindari Micromanaging

Kunci penting keberhasilan manajemen waktu adalah tidak melakukan micromanaging atau mengerjakan semua hal secara berlebihan. Anda tidak perlu menerapkan micromanaging karena akan membuat pekerjaan utama jadi tambah terbengkalai. Pada akhirnya, Anda justru akan merasa burnout sehingga tidak sanggup menjalankan bisnis dalam waktu tertentu.

Solusinya, Anda perlu belajar mendelegasikan tugas kepada karyawan sesuai kemampuan mereka. Selain karyawan, cobalah bekerja sama dengan bisnis lain untuk memaksimalkan bidang lainnya dalam bisnis. Contohnya, ToffeeDev yang dapat membantu dengan jasa Digital Marketing untuk mempromosikan bisnis Anda.

Jangan ragu untuk berpartner bersama kami dalam memasarkan produk Anda. Kami akan menjalankan strategi Digital Marketing yang efektif dan cocok dengan target bisnis Anda. Hubungi kami sekarang dan promosikan bisnis Anda lebih luas dengan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev.

Seorang pebisnis harus menyadari pentingnya manajemen waktu dalam menjalankan usahanya. Terapkan pula sembilan cara di atas supaya manajemen waktu Anda berjalan lebih efektif sehingga usaha Anda berjalan lebih lancar.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top