Cari Tahu Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik

perbedaan iklan media cetak dan elektronik

Apa perbedaan iklan media cetak dan elektronik? Kedua media tersebut memang sudah tidak asing bagi kita semua. Khususnya untuk pihak yang berbisnis sambil membutuhkan dukungan dari media cetak dan elektronik.

Bisa dibilang hampir semua bisnis membutuhkan dukungan media untuk promosi. Promosi ini bisa untuk memperkenalkan bisnis, produk baru, hingga promosi lainnya. Setiap bisnis saling berlomba-lomba untuk mendapatkan eksposur terbanyak di dalam media-media yang ada. 

Keberadaan media cetak memang jauh lebih dulu dibandingkan elektronik. Hampir semua orang yang hidup saat ini pasti sudah merasakan kebesaran media cetak pada masanya. Namun seiring berkembangnya teknologi, akhirnya media elektronik berhasil menggeser media cetak dari puncak.

Sekarang, beriklan di media elektronik terhitung lebih relevan dan mampu memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan media cetak. Mengapa hal itu bisa terjadi? Apakah masih tetap relevan untuk beriklan di media cetak? Apa saja perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik yang dapat dirasakan, baik oleh bisnis maupun calon konsumen? Simak rangkuman informasi yang telah disiapkan tim ToffeeDev di bawah ini.

Pengenalan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Pengenalan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Sebelum kita memahami perbedaan di antara keduanya, mari kita memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang dimaksud dengan iklan media cetak dan iklan media elektronik.

Banner - SEO General

Apa itu Iklan Media Cetak?

Iklan media cetak adalah bentuk periklanan yang dicetak di media fisik seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan spanduk. Jenis iklan ini telah ada sejak lama dan tetap menjadi salah satu pilihan yang populer dalam dunia periklanan.

Di bawah ini adalah beberapa macam bentuk iklan media cetak yang beredar di masyarakat, antara lain:

  • Iklan di surat kabar: Iklan yang ditempatkan di surat kabar untuk mencapai audiens yang lebih luas.
  • Iklan di majalah: Iklan yang muncul di dalam majalah khusus untuk menargetkan audiens tertentu.
  • Brosur dan pamflet: Material cetak yang biasanya dibagikan di acara-acara atau di tempat-tempat umum.
  • Spanduk: Iklan besar yang biasanya ditempatkan di lokasi strategis untuk menarik perhatian.

Baca Juga: Berapa Biaya Iklan Instagram: Faktor serta Tips untuk Memaksimalkan ROI

Apa itu Iklan Media Elektronik?

Iklan media elektronik adalah bentuk periklanan yang disampaikan melalui media elektronik seperti televisi, radio, internet, dan perangkat seluler. Iklan ini memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai audiens yang lebih besar dan beragam.

Berikut ini adalah beberapa macam bentuk iklan media elektronik, antara lain:

  • Iklan televisi: Iklan yang disiarkan di saluran televisi untuk mencapai pemirsa yang besar.
  • Iklan radio: Iklan yang disiarkan melalui stasiun radio untuk menjangkau pendengar di berbagai segmen usia.
  • Iklan online: Iklan yang ditampilkan di situs web, platform media sosial, dan aplikasi.
  • Iklan seluler: Iklan yang muncul di perangkat seluler seperti ponsel dan tablet.

Saat mempertimbangkan iklan untuk bisnis Anda, penting untuk memilih platform yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Sebelum kita menjelaskan perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik, mari kita pahami mengapa memilih platform yang tepat itu sangat penting.

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Elektronik

Jika ditanya apa saja perbedaan iklan media cetak dan media elektronik, apakah Anda mampu menjawabnya? Sebenarnya sangat mudah untuk menjawab pertanyaan ini. 

Secara harfiah, iklan media cetak adalah iklan berbentuk fisik yang bisa disentuh. Dari segi namanya saja sudah terlihat bagaimana bentuk dari iklan di dalam media cetak. Sebaliknya, iklan media elektronik adalah iklan berbentuk non fisik yang hanya bisa Anda lihat saja. Penyebarannya pun hanya melalui media elektronik juga. 

Dari penjelasan ini, sebenarnya Anda sudah memahami bagaimana perbedaan di antara keduanya. Mari membahasnya lebih dalam.

Iklan dalam kategori iklan cetak memiliki beberapa contoh seperti poster, baliho, papan reklame, spanduk, iklan baris di koran, sebaran, hingga flyer

Untuk contoh iklan elektronik memiliki bentuk, seperti iklan di TV, iklan di radio, hingga iklan di internet. Khusus untuk iklan di internet juga dibagi dalam beberapa jenis, ada iklan baris, banner, dan iklan di media sosial. 

Dari masing-masing bentuk iklan dalam media cetak dan iklan media elektronik, sekarang Anda lebih sering melihat yang mana dalam aktivitas sehari-hari? Pasti jawabannya adalah bentuk iklan media elektronik. 

Setiap hari, Anda pasti menggunakan internet untuk bekerja, mencari informasi penting, atau hanya sekadar hiburan saja. Apalagi media sosial sudah menjadi hal lazim untuk dibuka setiap beberapa waktu sekali. Maka iklan media elektronik sudah tidak asing bagi kita semua. 

Namun apa perbedaan yang bisa dirasakan dari iklan dalam media cetak dan iklan media elektronik? Tentu saja perbedaannya juga cukup banyak, tergantung dari behavior penerima iklan dan bentuk iklan itu 

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Iklan media cetak

Iklan dalam media cetak memiliki beberapa ciri-ciri unik:

  • Iklan media cetak hanya bisa ditangkap menggunakan indera penglihatan saja.
  • Iklan yang disajikan dalam media cetak dapat dibaca dan dilihat berulang-ulang serta kapan saja.
  • Iklan media cetak hanya berbentuk gambar diam serta tak mampu mengeluarkan suara.
  • Iklan yang disajikan dalam media cetak hanya menggunakan tulisan dan gambar saja.
  • Penggunaan kalimat dalam media cetak cukup terbatas, hanya beberapa baris saja, karena space yang tidak besar. 

Iklan media elektronik

Iklan elektronik juga memiliki beberapa ciri-ciri unik:

  • Iklan media elektronik hanya sekilas dan berlangsung dalam waktu itu saja.
  • Iklan media elektronik dapat ditangkap indera penglihatan dan pendengaran.
  • Iklan pada media elektronik menggunakan gambar bergerak dan suara.
  • Iklan elektronik bersifat informatif dengan narasi yang cukup panjang.
  • Iklan elektronik bersifat langsung dan nyata sehingga dapat menyajikan kejadian yang sebenarnya.

Banner SEO - Ebook 2

Dari seluruh ciri-ciri unik iklan media cetak dan elektronik, Anda bisa melihat bahwa keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan informasi atau promosi kepada masyarakat tentang suatu bisnis dan produk. Namun ada perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ketika iklan media cetak masih terasa old school karena hanya berbentuk gambar diam ditambah tanpa ada suara, iklan media elektronik menghadirkan teknologi lebih maju. Iklan di media elektronik dapat bergerak dan bersuara. Dengan begitu hasil akhir yang diberikan juga jauh lebih bagus dan menarik untuk orang-orang yang melihatnya.

Baca Juga: 7 Kesalahan dalam Iklan yang Harus Dihindari

Lebih Efektif Iklan Cetak atau Elektronik untuk Bisnis?

Untuk membahas segi efektivitas keduanya, Anda tidak bisa melepaskan peran target pelanggan. Masing-masing media iklan, baik iklan cetak dan elektronik, memiliki target pelanggannya masing-masing. Misalnya, target dari media cetak adalah orang-orang yang sudah berumur dan mungkin saja memiliki jabatan tinggi di sebuah perusahaan.

Sementara itu, media elektronik umumnya memiliki target pelanggan anak-anak muda atau paruh baya yang sudah memiliki tingkat literasi digital yang cukup tinggi.

Jadi, walaupun kita memang hidup di dalam jaman yang sudah sangat terkoneksi dengan internet, peran media cetak belum sepenuhnya punah; selama ada target pelanggan maka media tersebut akan masih efektif.

Kesimpulannya, untuk melihat efektivitas kedua jenis media iklan, perhatikan target pasar Anda; dimana mereka berada dan bagaimana mereka suka mengonsumsi konten?

Banner - SEO x CRO

Bentuk Iklan Media Elektronik untuk Bisnis

Dewasa ini, iklan media elektronik lebih disarankan untuk setiap bisnis yang ada. Khususnya bagi bisnis yang masih merintis dan berjuang untuk bertumbuh lebih besar lagi.

Beberapa bentuk iklan media elektronik ada di televisi, radio, dan internet. Namun bagaimana untuk iklan di internet sendiri? Apakah dapat dimanfaatkan dimanfaatkan untuk bisnis? Jawabanya adalah sangat bisa!

Saat ini sudah tersedia banyak sekali channel untuk iklan di internet. Dimulai dari media sosial, search engine, hingga di website Anda sendiri. Ya, benar sekali Anda juga bisa mencoba beriklan di website sendiri dengan melakukan optimasi SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi dalam digital marketing yang fokus pada optimasi website untuk dapat dicari dengan mudah di search engine. Ketika Anda memasukkan suatu keyword atau kata kunci di dalam search engine, pasti Anda berpikir bagaimana mendapatkan pilihan informasi terbaik di peringkat pertama. Untuk mencapai hasil pencarian di peringkat pertama di search engine pun tidak mudah. Walau tidak mudah, dampaknya sangat besar bagi bisnis.

Baca Juga: 7 Perbedaan Digital dan Offline Marketing, Mana Pilihan Anda?

Bagaimana Memilih Platform yang Tepat untuk Iklan Anda

Bagaimana Memilih Platform yang Tepat untuk Iklan Anda?

Setelah memahami perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik, langkah selanjutnya adalah memilih platform yang paling cocok untuk iklan Anda. Berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Tujuan iklan: Tentukan dengan jelas apa yang ingin Anda capai dengan iklan Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan produk tertentu, meningkatkan kesadaran merek, atau mengumumkan promosi khusus?
  • Audiens target: Identifikasi siapa target audiens Anda. Apakah mereka lebih cenderung mendapatkan informasi dari media cetak atau media elektronik? Ini akan membantu Anda memilih platform yang sesuai.
  • Anggaran: Tentukan berapa anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk iklan Anda. Sesuaikan anggaran Anda dengan biaya iklan di platform yang Anda pilih.
  • Konten iklan: Pertimbangkan jenis konten iklan yang ingin Anda tampilkan. Apakah pesan Anda lebih efektif disampaikan melalui teks, gambar, atau video?
  • Keterlibatan yang diinginkan: Modifikasi tingkat keterlibatan yang Anda inginkan dari audiens. Apakah Anda ingin audiens berinteraksi aktif dengan iklan Anda atau cukup dengan melihatnya?
  • Analisis hasil: Pastikan Anda memiliki metode untuk melacak dan menganalisis hasil kampanye iklan Anda. Ini akan membantu Anda mengukur keberhasilan dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Conversion Objective Facebook Ads untuk Hasil Maksimal

Setelah Anda mempertimbangkan faktor-faktor di atas, pertimbangkan berbagai platform iklan yang tersedia. Jika Anda ingin mencapai audiens yang lebih luas dengan pesan yang visual, iklan televisi atau online mungkin merupakan pilihan yang baik. Namun, jika Anda memiliki audiens yang ingin Anda targetkan secara spesifik dan ingin memberikan pesan yang rinci, iklan media cetak seperti surat kabar atau majalah bisa lebih efektif.

Perlu dicatat bahwa kombinasi dari berbagai jenis iklan juga bisa menjadi strategi yang efektif. Misalnya, Anda dapat menggunakan iklan media cetak untuk meningkatkan kesadaran merek dan iklan media elektronik untuk memicu konversi langsung.

SEO mampu meningkatkan brand awareness dan leads potensial yang akan membeli produk atau jasa Anda. Peningkatan traffic ke dalam website juga pasti sangat terasa. Dengan begitu, semakin banyak yang mengenal bisnis dan produk Anda. 

Selain memanfaatkan SEO, Anda juga bisa menggunakan Ads di media sosial dan search engine. Khusus untuk Ads, Anda bisa memasang iklan di berbagai platform untuk mempromosikan bisnis, produk, hingga promosi lainnya yang lebih cepat dilihat oleh masyarakat pengguna internet.

Mereka bisa lebih cepat mengetahui bisnis Anda karena dengan kemajuan teknologi yang ada, Ads di internet dapat langsung menargetkan market bisnis Anda. Itulah yang membuat banyak bisnis yang memilih untuk memasang iklan di media elektronik, dibandingkan media cetak.

Jadi itulah informasi mengenai perbedaan antara iklan media cetak dan elektronik yang telah diberikan tim ToffeeDev hanya untuk Anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan insight baru mengenai dunia iklan di dalam industri saat ini.

Untuk menjalankan SEO dan Ads memang memerlukan dukungan tim profesional yang sudah memiliki pengalaman untuk berbagai jenis bisnis. Inilah mengapa ToffeeDev hadir untuk memberikan dukungan promosi bisnis Anda melalui SEO dan Ads.

Tim SEO dan Ads dari ToffeeDev telah memiliki pengalaman dalam mendukung berbagai jenis industri dan bisnis yang ingin meningkatkan brand awareness hingga sales. Melalui pengalaman yang ada, tim SEO dan Ads ToffeeDev siap membantu Anda untuk mencapai target bisnis selanjutnya dan mendukung bisnis agar terus bertumbuh pesat. 

Segera hubungi tim ToffeeDev untuk melakukan konsultasi bisnis dan manfaatkan strategi promosi SEO dan Ads sekarang juga!

Share this post :

Scroll to Top