8 Strategi Local Marketing yang Jitu Datangkan Banyak Pelanggan

strategi local marketing

Di era digital ini, menjangkau pelanggan secara lokal sama pentingnya dengan menjangkau pasar global. Meskipun pasar global menawarkan potensi untuk menjangkau audiens yang lebih luas, fokus pada pemasaran lokal memiliki keuntungan yang tidak bisa diabaikan dalam membangun keberhasilan bisnis. Untuk itu, Anda harus mengetahui strategi local marketing.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari strategi local marketing secara menyeluruh, mulai dari pengertiannya, keuntungannya jika dibandingkan dengan pemasaran global, hingga strategi jitu yang dapat diterapkan untuk mendatangkan banyak pelanggan. Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai tuntas artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Local Marketing?

Local marketing merupakan serangkaian strategi yang bertujuan untuk menjangkau audiens yang berlokasi di sekitar bisnis berdiri. Ciri khas dari strategi ini adalah penekanan pada personalisasi dan relevansi. Daripada menyajikan pesan yang generik, strategi local marketing menyesuaikan komunikasi dengan kebutuhan, preferensi, dan budaya lokal.

Banner Ads - General 2

Keuntungan Strategi Local Marketing Dibandingkan Global Marketing

Dibandingkan dengan global marketing yang cenderung menjangkau audiens yang lebih luas secara geografis, strategi pemasaran lokal menawarkan beberapa keuntungan yang signifikan. Berikut keuntungan tersebut.

Baca Juga: Memahami B2B Integrated Marketing dan Langkah Melakukannya

1. Target yang Lebih Tepat Sasaran

Keuntungan utama dari local marketing adalah kemampuannya untuk menyesuaikan pesan dan penawaran dengan kebutuhan maupun preferensi pelanggan setempat. Hal tersebut dikarenakan penyampaian pesan disesuaikan dengan konsumen di daerah lokal. Ini memungkinkan untuk menciptakan kampanye pemasaran yang berfokus untuk menjangkau karakteristik demografis, budaya, dan perilaku konsumen melalui pesan berbasis kearifan lokal yang disampaikan lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat pelanggan setempat.

2. Kompetisi yang Lebih Rendah

Dalam skala lokal, persaingan sering kali lebih terkendali dibandingkan dengan pasar global yang padat. Faktor ini membuka kesempatan yang lebih baik untuk menonjol dan memenangkan perhatian pelanggan. Sebagai contoh, toko kecil yang menjual produk-produk unik atau handmade memiliki keunggulan kompetitif yang lebih besar dalam menarik pelanggan lokal dibandingkan dengan merek besar yang bersaing di pasar global.

Kompetisi yang Lebih Rendah

3. Koneksi Emosional

Aspek penting dari strategi ini adalah kemampuannya untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan emosional dengan pelanggan. Hal tersebut dikarenakan strategi local marketing sering kali menggunakan kegiatan lokal, seperti acara komunitas atau program amal untuk dapat membentuk ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan.

4. Biaya yang Lebih Rendah

Keuntungan selanjutnya adalah biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan upaya pemasaran global. Berbeda dengan strategi global marketing, strategi ini lebih terjangkau dalam iklan, transportasi, atau logistik. Karena hal tersebut, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien. Pada dampaknya, anggaran pemasaran dapat digunakan dengan lebih efektif, tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk mencapai audiens yang lebih luas.

8 Strategi Local Marketing

Dalam upaya untuk meningkatkan menarik pelanggan baru, berbagai strategi local marketing dapat diterapkan. Berikut delapan strategi yang efektif untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Behavioral Data Marketing untuk Menjangkau Pelanggan yang Spesifik

1. Pahami Perilaku Konsumen Lokal

Memahami perilaku konsumen lokal akan menjadi jalan untuk memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka. Selain itu, melalui cara ini, Anda mampu merancang strategi marketing yang tepat dan menarik bagi mereka. Tentunya, kampanye marketing yang tepat sasaran ini akan meningkatkan efektivitas dan menghasilkan ROI (Return on Investment) yang lebih tinggi.

Banner SEOCon Landing Page 15-2

2. Optimasi Google My Business

Pastikan profil bisnis Anda di Google My Business terisi dengan lengkap dan diperbarui secara berkala. Dengan melakukan hal ini, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian lokal. Pastikan untuk mengisi deskripsi bisnis dengan informatif, alamat yang jelas, dan ulasan pelanggan yang positif untuk membantu menarik perhatian pelanggan potensial.

3. Kolaborasi dengan Bisnis Lokal Lain

Menjalin kemitraan dengan bisnis lokal lainnya dapat menjadi strategi yang saling mendukung dan dapat memperluas jangkauan masing-masing. Anda dapat melakukan promosi bersama, acara bersama, atau program loyalitas gabungan. Melalui cara ini, Anda dapat memperluas jaringan dan menjangkau audiens yang sebelumnya belum terjangkau.

4. Menjadi Sponsor dalam Acara Setempat

Strategi local marketing selanjutnya adalah menjadi sponsor dalam acara komunitas setempat. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan kehadiran dan citra merek Anda di wilayah lokal. Dengan mendukung acara-acara seperti festival, pertunjukan seni, atau kegiatan amal, Anda dapat memperkuat hubungan dengan komunitas dan mendapatkan eksposur yang berharga.

5. Optimasi SEO Lokal

SEO juga dapat diterapkan dengan memanfaatkan kata kunci lokal untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian. Untuk itu, lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci lokal yang relevan dengan bisnis dan sering dicari oleh orang-orang di sekitar Anda. Gunakan kata kunci tersebut dalam judul halaman, meta description, dan konten website.

Baca Juga: 7 Alasan bagi Bisnis Lokal untuk Menggunakan SEO

6. Pemasaran Media Sosial Geografis

Gunakan fitur targeting geografis di platform media sosial untuk menjangkau audiens yang berada dalam jangkauan lokal. Dalam mendukung fitur tersebut, buatlah konten yang relevan dan menarik untuk membangun keterlibatan dengan pelanggan potensial. Selain itu, jangan lupa untuk berinteraksi secara aktif dengan audiens lokal agar dapat membangun hubungan yang lebih dekat serta memperluas jangkauan merek Anda.

7. Buat Acara Demo Produk

Strategi lainnya yang tidak kalah jitu adalah mengadakan acara demo produk di toko atau lokasi populer di wilayah setempat. Cara ini dapat menjadi strategi yang efektif untuk memperkenalkan produk, serta memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mencobanya secara langsung. Lebih dari itu, Anda dapat meminta umpan balik untuk dapat melakukan perbaikan yang lebih baik.

Banner Ads - Lead Gen 2

8. Partisipasi dalam Acara Lokal

Hadirilah acara komunitas lokal, seperti festival, pameran, atau kegiatan amal, untuk memperkenalkan bisnis kepada audiens lokal secara langsung. Strategi ini merupakan kesempatan untuk membangun hubungan secara langsung dengan pelanggan potensial. Dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan lokal, Anda dapat memperluas jaringan dan memperkuat koneksi dengan komunitas setempat.

Itulah delapan strategi local marketing yang jitu datangkan pelanggan baru. Melalui strategi tersebut, Anda dapat mengenalkan produk atau layanan dengan lebih tertarget, menjadi lebih menonjol dalam memenangkan hati pelanggan dibandingkan kompetitor, hingga mendatangkan banyak pelanggan baru.

Namun untuk lebih memaksimalkan strategi pemasaran, cobalah menggunakan jasa Digital Marketing dari ToffeeDev. Kami dapat merancang strategi pemasaran digital yang efektif untuk memperluas jangkauan audiens Anda. Strategi tersebut mencakup optimasi website, SEO, hingga iklan online.

Jangan biarkan bisnis Anda tertinggal di belakang, segera bermitra dengan ToffeeDev dan mulailah selangkah lebih depan untuk sukses di era digital ini. Jadwalkan konsultasi sekarang juga!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top