10 Strategi Penjualan Tiket Konser untuk Meningkatkan Penjualan

strategi penjualan tiket konser

Seiring makin banyaknya musisi nasional maupun internasional yang mengadakan konser di tanah air, ini membuat industri konser musik Indonesia mengalami perkembangan yang sangat berarti. Tidak heran jika langkah ini membuka peluang besar bagi para promotor konser untuk meningkatkan strategi penjualan tiket konser dan memperluas jangkauan audiens mereka.

Mulai dari pianis, solois, hingga K-Pop, serta band Eropa dan Amerika, terdapat banyak musisi yang menggelar konsernya di Indonesia. Oleh karena itu, memahami sejumlah strategi dalam menjual tiket konser yang efektif berperan penting dalam keseluruhan upaya penjualan tiket yang sukses. Melalui artikel ini, simak sejumlah strategi dalam menjual tiket konser beserta dengan platform pihak ketiga yang dapat Anda pertimbangkan. 

Strategi Penjualan Tiket Konser

Menjadi acara yang banyak dinantikan bagi penikmat musik, implementasi strategi penjualan tiket konser yang efektif perlu dilakukan untuk memastikan kesuksesan dalam penjualan. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan.

Baca Juga: Mengenal Sponsorship: Pengertian, Keuntungan, dan Jenisnya

1. Membuat Harga Berjenjang

Strategi harga berjenjang menawarkan tiket dengan harga berdasarkan kategori kursi. Kategori kursi yang lebih dekat dengan panggung umumnya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, sedangkan kategori kursi yang lebih jauh dibanderol dengan harga yang lebih murah. Strategi ini memungkinkan Anda untuk menarik pembeli dari berbagai kalangan dengan budget yang berbeda-beda.

Banner Ads - General 2

2. Menetapkan Harga Jual Tiket Secara Cermat

Harga jual tiket harus ditetapkan secara cermat dan realistis dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti popularitas artis, lokasi konser, dan harga tiket konser serupa di pasaran. Untuk mendapatkan harga tiket minimum, Anda dapat membagi total biaya acara dengan jumlah peserta yang diharapkan. Umumnya, harga tiket minimum ini hanya perkiraan awal karena tergantung pada sejumlah faktor yang telah disebutkan sebelumnya. 

3. Memberikan Diskon Tambahan

Siapa yang tidak menyukai diskon? Diskon dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi pembeli. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan diskon early bird untuk pembelian di awal periode penjualan, diskon group pembelian untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau diskon khusus untuk pelajar dan komunitas tertentu.

4. Membuat Landing Page yang Menarik

Landing page yang menarik dan informatif dapat menjadi titik awal yang baik untuk menarik minat calon penonton. Landing page ini harus memuat informasi lengkap tentang konser, seperti tanggal, waktu, lokasi, daftar artis, dan harga tiket. Selain itu, gunakan gambar dan video yang menarik untuk meningkatkan daya tarik. Landing page yang baik dapat membantu Anda meningkatkan konversi penjualan.

5. Mempromosikan Acara di Platform Bisnis yang Sudah Ada

Memanfaatkan platform bisnis yang sudah dimiliki, seperti situs web, media sosial, dan e-mail newsletter menjadi langkah efektif untuk mempromosikan acara konser. Dalam promosi tersebut, pastikan Anda membuat konten yang menarik dan informatif, seperti poster, video teaser, dan artikel berita. Promosi di platform yang sudah dimiliki sebelumnya dapat membantu menjangkau audiens yang loyal terhadap merek.

Mempromosikan Acara di Platform Bisnis yang Sudah Ada

6. Menemukan Mitra dan Sponsor Acara

Bekerja sama dengan mitra dan sponsor acara dapat membantu dalam mempromosikan konser, serta meningkatkan visibilitas dan penjualan tiket. Sponsor dan mitra yang memiliki target audiens yang relevan dengan target audiens konser Anda dapat membantu dalam pendanaan acara dan promosi yang optimal.

7. Mempromosikan di Forum

Forum online menjadi platform yang digemari para penggiat internet untuk berdiskusi dan saling berbagi informasi. Platform ini menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan konser dan menjangkau audiens yang lebih spesifik. Untuk mengoptimalkan upaya ini, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan anggota forum, serta hindari spam dan promosi berlebihan. 

8. Memberikan Kemudahan Akses

Memberikan kemudahan akses menjadi salah satu pelayanan pelanggan yang dapat meningkatkan brand awareness bisnis. Anda dapat menjual tiket konser di platform yang mudah diakses oleh calon penonton, seperti platform online ticketing tepercaya, situs web resmi konser, dan aplikasi mobile. Makin banyak platform yang digunakan untuk menjual tiket, maka makin mudah bagi pembeli untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Memahami Contoh Promosi Jasa yang Efektif di Berbagai Bidang Industri

9. Menyesuaikan dengan Situasi

Kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan strategi penjualan tiket dengan situasi pasar merupakan kunci sukses bagi para promotor. Sebagai contoh, Anda dapat memilih tanggal penyelenggaraan konser yang bertepatan dengan waktu ketika banyak orang memiliki waktu luang. Sebaiknya, hindari memilih hari, tempat, dan waktu konser yang berdekatan dengan acara sejenis dari kompetitor.

Banner Ads - Ebook 2

10. Mengoptimalkan Penggunaan Digital Marketing

Digital marketing menjadi salah satu alat yang sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas kampanye. Anda dapat memanfaatkan media sosial, iklan online, hingga e-mail marketing untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, pantau dan analisis data dari berbagai kampanye digital yang dijalankan, serta perhatikan metrik engagement, jumlah klik, dan konversi untuk memastikan pemasaran yang Anda lakukan sudah tepat. 

Mengoptimalkan Penggunaan Digital Marketing

Platform Pihak Ketiga untuk Menjual Tiket Konser Musik

Memilih platform yang tepat untuk menjual tiket konser sangat penting untuk keberhasilan acara Anda. Selain membangun situs web sendiri, berikut adalah beberapa platform yang dapat Anda pertimbangkan untuk menjual tiket konser musik.

Baca Juga: Jenis-Jenis Media Sosial dan Cara Memilih Platform yang Tepat

1. Platform Loket.com

Loket.com merupakan platform penjualan tiket online di Indonesia yang telah bekerja sama dengan berbagai promotor konser dan menawarkan berbagai pilihan tiket konser musik. Platform ini memungkinkan Anda membuat event tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. Bukan hanya itu, platform ini juga menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, GoPay, Indomaret, hingga kartu Debit atau Kredit.

2. Platform Tiket.com

Selain menjual tiket perjalanan dan hotel, platform Tiket.com menyediakan berbagai pilihan tiket konser musik lokal hingga internasional. Platform ini menawarkan pengalaman pengguna yang responsif dan memungkinkan promotor menjangkau khalayak yang lebih luas. Menariknya, platform Tiket.com biasanya menyediakan informasi mengenai lokasi konser agar calon penonton dapat dengan mudah menuju lokasi konser melalui panduan Google Maps.

3. Platform Eventbrite

Platform Eventbrite merupakan platform penjualan tiket online global  yang memungkinkan promotor konser untuk menjangkau audiens di seluruh dunia. Untuk memudahkan akses, Eventbrite juga menyediakan aplikasi mobile. Bukan hanya itu, platform ini juga terintegrasi dengan Facebook sehingga penonton dapat mengetahui jika ada teman mereka di Facebook yang juga ikut ke acara tersebut. 

4. Platform KiosTix

KiosTix adalah platform yang menawarkan solusi menyeluruh untuk berbagai acara, termasuk konser musik. Platform ini bekerja sama dengan berbagai promotor konser lokal dan menawarkan fitur terintegrasi yang memudahkan pengelolaan penjualan tiket. Selain itu, platform KiosTix  memberikan kemudahan dalam pembayaran, mulai dari kartu kredit, transfer bank, tunai, hingga pembayaran online lainnya.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Platform Traveloka

Traveloka merupakan platform pemesanan travel dan lifestyle yang juga menawarkan penjualan tiket konser musik. Memiliki hingga jutaan basis pengguna, platform ini menawarkan berbagai fitur yang menarik, seperti paket wisata konser dan promo cashback. Bukan hanya itu, Traveloka juga menyediakan kolom rating dan ulasan pengguna di halaman pembelian tiket sehingga calon penonton dapat memiliki gambaran realistis tentang konser tersebut.

Dengan demikian, mengembangkan strategi penjualan tiket konser menjadi penting di era persaingan industri yang makin ketat. Mulai dari membuat harga berjenjang, memanfaatkan platform penjualan yang tepat, dan memanfaatkan digital marketing, Anda dapat meningkatkan penjualan tiket konser dan memperluas jangkauan acara tersebut. 

Apabila Anda ingin memaksimalkan potensi penjualan, pertimbangkan untuk menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Kami menyediakan beragam layanan digital untuk menjangkau calon pembeli yang lebih luas, mulai dari SEO, iklan online, hingga pengoptimalan situs web. Layanan kami menawarkan analisis data yang mendalam, serta penyesuaian iklan yang tepat sesuai dengan platform yang digunakan.

Jadi, jangan menunda lagi! Jadwalkan konsultasi gratis bersama ToffeeDev hari ini atau hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat