Mengenal Sponsorship: Pengertian, Keuntungan, dan Jenisnya

sponsorship adalah

Sponsorship adalah sebuah bentuk investasi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mempromosikan produk atau brand perusahaan mereka dengan memberikan bentuk dukungan pada kegiatan atau acara tertentu.

Sebagai bentuk investasi pemasaran, sponsorship adalah sebuah strategi bisnis yang dilakukan dengan harapan mendapatkan pengembalian yang lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Strategi marketing dengan sponsorship menjadi poin penting dalam pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun hubungan target pasar, dan mencapai tujuan pemasaran serta bisnis.

Sponsorship telah menjadi sebuah strategi pemasaran yang populer bagi banyak perusahaan karena memiliki banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk para peserta dan pengunjung acara. Yuk pelajari lebih lanjut di bawah ini!

Apa itu Sponsorship?

Sponsorship adalah sebuah bentuk kemitraan antara perusahaan dengan penyelenggara acara atau kegiatan tertentu. Perusahaan yang menjadi sponsor akan memberikan dukungan dana finansial atau gerakan mendukung lainnya dalam bentuk produk atau jasa kepada penyelenggara acara atau kegiatan tersebut. Dalam hal ini, penyelenggara acara atau kegiatan bisa berupa sebuah tim olahraga, band, acara olahraga, acara seni dan budaya, acara amal, atau acara lainnya yang memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang luas.

Sebagai contoh, perusahaan A mensponsori sebuah tim sepak bola di liga profesional dengan menampilkan logo mereka di jersey pemain dan di stadion tempat tim bermain. Dalam hal ini, perusahaan A dapat memperoleh manfaat seperti meningkatkan awareness nama perusahaan mereka dan menghubungkan merek mereka dengan nilai-nilai seperti kekuatan, semangat juang, dan persatuan yang dimiliki oleh tim sepak bola tersebut.

Banner Ads - General 2

Keuntungan dari Sponsorship

Sponsorship adalah salah satu jenis kegiatan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan harapan dapat memperoleh manfaat dari keterlibatan pihak yang disponsori. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh oleh perusahaan melalui sponsorship.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan menampilkan logo atau merek perusahaan pada berbagai media promosi dan tempat yang terkait dengan acara atau organisasi yang disponsori, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan audiens yang lebih luas.

Hal ini dapat membantu perusahaan memperoleh exposure yang lebih baik dan menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan biaya promosi yang besar.

Contohnya, brand A menjadi sponsor utama sebuah konser musik, kemudian logo dan nama merek yang tampil secara konsisten dalam konser dapat menciptakan kesan positif dan mengingatkan konsumen potensial tentang merek tersebut, sehingga tujuan sponsorship brand A tercapai.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

Dalam beberapa kasus, perusahaan dapat memperoleh manfaat yang lebih besar dari segi citra dan reputasi, terutama jika acara atau organisasi yang disponsori terkait dengan isu sosial atau lingkungan yang penting bagi masyarakat.

Dalam hal ini, perusahaan dapat menunjukkan dukungan mereka pada isu-isu tersebut dan memperoleh citra positif di mata publik.

Sebagai contoh, perusahaan atau merek yang menukung kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), yang dapat memberikan citra positif lembaga atau perorangan yang memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Black Hat SEO dan White Hat SEO?

3. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Sponsorship dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan, kepercayaan, dan koneksi emosional yang lebih baik dengan konsumen atau target pasar mereka. Melalui keterlibatan dalam acara atau organisasi yang disponsori, perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen dan memperoleh kesempatan untuk mengenalkan produk atau layanan mereka secara lebih mendalam.

4. Meningkatkan Penjualan

Dalam beberapa kasus, sponsorship dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka. Sebagai contoh, jika perusahaan mensponsori sebuah acara olahraga yang disiarkan di televisi atau media sosial, maka merek mereka dapat dilihat oleh jutaan orang dan meningkatkan kesadaran merek serta minat konsumen pada produk atau layanan yang mereka tawarkan.

5. Meningkatkan Hubungan Bisnis

Sponsorship juga dapat membantu perusahaan untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan mitra bisnis mereka. Sebagai contoh, perusahaan dapat memperoleh manfaat dari segi branding dan exposure dengan mensponsori acara atau konferensi yang dihadiri oleh para mitra bisnis mereka. Hal ini dapat membantu perusahaan memperkuat hubungan bisnis mereka dan meningkatkan kepercayaan mitra bisnis pada merek mereka.

Banner Ads - Ebook 2

Jenis-Jenis Sponsorship

Ada banyak sekali jenis-jenis sponsorship dalam pemasaran yang dapat dilakukan, mulai dari yang langsung dilakukan dengan organisasinya maupun melalui acara yang mereka lakukan.

Berikut ini adalah beberapa jenis sponsorship yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

1. Event Sponsorship

Event sponsorship merupakan jenis sponsorship yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Jenis sponsorship ini melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada sebuah acara tertentu, seperti konser, festival, pameran, atau konferensi.

Perusahaan yang mensponsori acara dapat menampilkan merek mereka secara besar-besaran dan memperoleh exposure yang lebih baik di hadapan audiens yang lebih luas.

2. Sports Sponsorship

Sports sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada sebuah tim olahraga, atlet, atau acara olahraga tertentu. Jenis sponsor ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang ingin menjangkau pasar olahraga atau memperoleh exposure yang lebih baik di hadapan audiens yang terkait dengan olahraga.

Perusahaan yang mensponsori sebuah tim olahraga dapat menampilkan merek mereka pada kostum, stadion, atau iklan yang terkait dengan tim tersebut. Hal ini memberikan kesempatan bagi perusahaan atau merek untuk menjangkau audiens yang bersemangat dan terlibat dalam olahraga.

3. Non-Profit Sponsorship

Non-profit sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada organisasi non-profit atau nirlaba yang memiliki tujuan sosial atau lingkungan tertentu. Perusahaan yang mensponsori organisasi nirlaba dapat memperoleh citra positif di mata publik dan menunjukkan dukungan mereka pada isu-isu sosial atau lingkungan yang penting bagi masyarakat, yang mana dapat meningkatkan citra perusahaan atau merek di mata masyarakat.

Jenis sponsorship ini adalah yang paling sering dilakukan oleh perusahaan yang ingin meningkatkan citra mereka di hadapan masyarakat luas.

Baca Juga: Brand Activation, Strategi Baru Menarik Perhatian Konsumen

4. Media Sponsorship

Media sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada sebuah acara atau program televisi, radio, atau media online tertentu. Perusahaan yang mensponsori sebuah media dapat menampilkan merek mereka pada iklan, jeda iklan, atau acara yang disponsori, dengan jenis ini memungkinkan perusahaan atau merek untuk menjangkau audiens yang luas melalui media yang populer dan relevan saat ini.

5. Celebrity Sponsorship

Celebrity sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada seorang selebritas atau tokoh terkenal tertentu. Perusahaan yang mensponsori seorang selebritas dapat menampilkan merek mereka pada acara atau iklan yang melibatkan selebritas tersebut, dan memperoleh exposure yang lebih baik di hadapan audiens dari selebritas tersebut.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari jenis sponsorship ini, perusahaan harus memastikan bahwa audiens yang dimiliki selebritas tersebut sudah sesuai dengan target yang ditentukan.

Baca Juga: Brand Recignition Adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

6. Cause-Related Sponsorship

Cause-related sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada isu sosial atau lingkungan tertentu, dengan tujuan untuk memperoleh exposure dan membangun citra positif di mata publik. Jenis sponsorship ini sering dilakukan oleh perusahaan yang ingin menunjukkan dukungan mereka pada isu-isu sosial atau lingkungan yang penting bagi masyarakat.

7. Education Sponsorship

Education sponsorship melibatkan dukungan finansial atau dukungan lainnya pada sebuah institusi pendidikan tertentu, seperti universitas atau sekolah. Jenis sponsorship ini dapat membantu perusahaan untuk menjangkau pasar pendidikan atau memperoleh exposure yang lebih baik di hadapan audiens yang terkait dengan institusi pendidikan tersebut. Contoh konkret dari jenis sponsorship ini dapat berupa pemberian beasiswa kepada siswa atau mahasiswa, pembangunan fasilitas pendidikan, dan masih banyak lagi.

Peran Sponsor dan Pihak yang Terlibat

Ketika melaksanakan program sponsorship, setiap pihak yang terlibat memiliki perannya masing-masing. Berikut ini adalah peran dari sponsor dan pihak yang terlibat.

1. Perusahaan atau Merek sebagai Sponsor

Perusahaan atau merek yang menjadi sponsor bertanggung jawab untuk menyediakan dukungan finansial, sumber daya, atau barang kepada penerima sponsor. Mereka juga berperan dalam mengaktifkan hak-hak sponsor dan memastikan merek mereka terlihat dengan baik dalam kegiatan atau acara yang disponsori.

2. Organisasi atau Individu sebagai Penerima Sponsorship

Organisasi atau individu yang menerima sponsor bertanggung jawab untuk menyediakan platform atau kesempatan bagi pihak yang menyediakan sponsor untuk mempromosikan perusahaan atau mereknya. Mereka juga harus memastikan keterlibatan sponsor dapat terintegrasi dengan baik dalam kegiatan yang disponsori.

3. Media dan Penyelenggara sebagai Perantara

Dalam beberapa kasus, media atau penyelenggara dapat berperan sebagai perantara antara pihak yang memberi sponsor dan yang menerima sponsor. Mereka dapat berperan untuk membantu menyusun kesepakatan sponsorship, memfasilitasi komunikasi antara kedua belah pihak, dan memastikan pelaksanaan program sponsorship yang sukses.

Tantangan dalam Sponsorship

Program sponsorship yang dijalankan tentu saja akan memiliki tantangan-tantangan yang harus dapat diatasi agar dapat berjalan dengan baik. Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang paling umum ketika menjalani program sponsorship.

1. Persaingan Antar Sponsor dalam Suatu Acara

Acara atau kegiatan yang populer seringkali memiliki banyak sponsor dari perusahaan atau merek lain. Oleh karena itu, mencari kesempatan sponsorship yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika ada batasan anggaran atau ketersediaan kesempatan sponsorship yang terbatas.

2. Pengelolaan Anggaran dan Sumber Daya

Sponsorship memerlukan investasi finansial dan alokasi sumber daya yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan atau merek perlu melakukan pengelolaan anggaran dengan baik agar dapat menghadirkan dukungan yang memadai dan mengoptimalkan manfaat sponsorship. Tidak hanya itu saja, suatu acara atau kegiatan juga biasanya akan memprioritaskan perusahaan atau merek yang memberikan mereka jumlah sponsor yang lebih besar.

Banner Ads - Lead Gen 2

3. Pengukuran Efektivitas dan Nilai Sponsorship

Mengukur efektivitas dan nilai sponsorship dapat menjadi tantangan tersendiri. Beberapa metrik yang digunakan untuk mengukur dampak sponsorship mungkin tidak memberikan gambaran yang lengkap atau objektif. Oleh karena itu, perusahaan atau merek harus memiliki strategi pengukuran yang terperinci serta memperhatikan aspek kualitatif dan kuantitatif dari program sponsorship yang dijalankan.

Sponsorship adalah sebuah strategi pemasaran yang populer bagi banyak perusahaan karena memiliki banyak keuntungan. Keuntungan-keuntungan tersebut tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk para peserta dan pengunjung acara. Dalam memilih jenis sponsorship yang tepat, perusahaan perlu mempertimbangkan tujuan mereka dalam melakukan sponsorship dan kecocokan antara merek mereka dengan acara atau kegiatan yang akan didukung. Dengan melakukan sponsorship secara tepat, perusahaan dapat memperkuat citra merek mereka dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek mereka.

Namun, melakukan sponsorship saja tidak cukup. Anda harus memastikan bahwa upaya pemasaran lain yang dilakukan dapat bekerja dengan baik agar sponsorship yang dilakukan tidak sia-sia. Salah satu strategi pemasaran terbaik yang dapat dilakukan saat ini adalah pemasaran digital, baik itu melalui SEO maupun Ads. Jika Anda tertarik melakukannya, Digital Marketing Agency ToffeeDev siap membantu Anda!

ToffeeDev memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam melakukan strategi pemasaran digital yang efektif dan tepat sasaran, seperti SEO, Ads, Web Developer, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat