5 Syarat Pensiun Dini yang Harus Anda Penuhi dan Ajukan

syarat pensiun dini

Pensiun dini sedang banyak dibicarakan khususnya di kalangan anak-anak muda. Bagaimana tidak, semua orang pasti ingin merasakan hidup tenang dan bahagia tanpa terganggu oleh deadline yang membuat tekanan. Namun faktanya berkata tidak semua orang bisa melakukan pensiun dini. Mungkin Anda jadi bertanya-tanya sebenarnya apa syarat pensiun dini?

Secara sederhana, syarat pensiun dini sesungguhnya kembali kepada masing-masing individu. Ada pengalaman seseorang berumur 35 sudah pensiun dini, tetapi ada juga yang baru bisa pensiun dini pada usia 45. Untuk pemahaman yang lebih jelas soal pensiun dini, coba Anda perhatikan informasi lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Pensiun Dini? 

Pensiun dini adalah kondisi ketika seseorang memilih untuk berhenti bekerja pada usia yang lebih muda daripada batas normal pensiun. Di Indonesia sendiri, pensiun dini bisa mengacu kepada dua hal. Pertama, seseorang yang memutuskan sendiri untuk berhenti dari segala pekerjaannya lalu mulai menikmati kehidupan. 

Kedua, seseorang yang berhenti bekerja setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pemerintah. Meski keduanya sama-sama berhenti bekerja saat usia produktif, tetapi ada perbedaan yang cukup signifikan dalam praktiknya. 

Kali ini Anda akan diajak untuk melihat lebih jauh tentang pensiun dini yang ditetapkan oleh pemerintahan, secara khusus PNS dan beberapa karyawan dalam suatu perusahaan. Meskipun pensiun dini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang, tetapi Anda harus memahami apa saja konsekuensi yang perlu ditanggung setelahnya. 

Ingat bahwa pensiun dini berarti Anda tidak akan memiliki pemasukan dari pekerjaan yang selama ini dilakukan. Anda tidak lagi bekerja untuk suatu perusahaan, pemerintahan, atau institusi lainnya sehingga tidak ada kewajiban mereka untuk memberikan gaji pokok. 

Itu sebabnya Anda perlu memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan pada masa mendatang setelah tidak lagi mendapatkan pemasukan pasti setiap bulannya. Pastikan kondisi keuangan Anda sudah cukup untuk membiayai semua kebutuhan keluarga sehari-hari. 

Jika Anda masih memiliki tanggungan seperti sekolah anak maka sudah seharusnya hal ini juga diperhitungkan sebelum memutuskan akan melakukan pensiun dini.

Selain diputuskan oleh masing-masing individu, Anda perlu tahu bahwa ada juga pensiun dini yang diberikan oleh pemerintah maupun perusahaan. Biasanya pensiun dini yang diberikan oleh institusi disimbolkan sebagai bentuk penghargaan karena karyawan tersebut dirasa sudah banyak berkontribusi. 

Baca Juga : 10 Tips Bisnis Kecantikan Untuk Pemula

8 Manfaat Pensiun Dini

syarat pensiun dini - manfaat

Bagi sebagian orang, pensiun dini dapat menjadi suatu momen yang menyeramkan. Namun bagi sebagian orang lainnya, pensiun dini merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena mereka akhirnya bisa menikmati kehidupan. Kalau Anda termasuk orang yang takut dengan pensiun dini, coba cari tahu berbagai manfaat melakukannya berikut ini. 

1. Memiliki Waktu yang Lebih Banyak untuk Menikmati Hidup

Salah satu manfaat pensiun dini ialah Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Anda dapat menikmati hobi, melakukan perjalanan, berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, atau bahkan memulai bisnis kecil. Melalui pensiun dini, Anda bisa banyak menikmati waktu luang tanpa harus terbebani dengan deadline pekerjaan.

2. Menghindari Stres dan Tekanan Kerja

Pekerjaan seringkali menjadi penyebab stres yang berat, apalagi kalau Anda bekerja dalam lingkungan industri yang sangat kompetitif. Ketika Anda melakukan pensiun dini maka stres dan tekanan kerja yang berat jadi dapat dihindari. Anda pun bisa menikmati hidup yang lebih santai tanpa dikejar apa pun atau siapa pun.

3. Menghemat Waktu dan Uang untuk Perjalanan

Melakukan pensiun dini membuat Anda bisa banyak melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Anda tidak akan terhalang cuti maupun tugas tanggung jawab yang selama bekerja harus ditanggung. 

Anda jadi dapat mengunjungi tempat-tempat yang selama ini diimpikan dengan hati yang damai. Selain itu Anda juga dapat menghemat uang dengan merencanakan perjalanan lebih baik sekaligus memanfaatkan diskon-diskon khusus untuk pensiunan.

4. Lebih Banyak Waktu untuk Keluarga

Bekerja dalam dunia yang serba cepat memang banyak memberikan keuntungan dalam pendapatan dan produktivitas. Namun cara ini seringkali membuat Anda tidak punya waktu untuk dihabiskan bersama keluarga. 

Melalui pensiun dini, Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Hal ini jelas akan membantu memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang terdekat.

Baca Juga : 4 Manfaat SEO Sebagai Penambah Income

5. Meningkatkan Kesehatan

Pensiun dini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan. Anda dapat mengambil waktu untuk berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. 

Semua waktu sibuk yang biasanya dihabiskan untuk bekerja jadi bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki kesehatan dan kebugaran tubuh. Pada akhirnya kualitas hidup Anda pun akan meningkat secara keseluruhan.

6. Memulai Bisnis Kecil

Selalu bermimpi punya usaha sendiri? Tentu Anda bisa melakukannya setelah memutuskan pensiun dini. Anda dapat menjalankan bisnis tersebut tanpa harus khawatir dengan tekanan kerja dan tanggung jawab di kantor. Selain itu pengalaman kerja selama ini juga dapat menjadi modal yang berguna untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Jasa SEO banner

7. Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas didapat dari mencoba melakukan berbagai macam kegiatan. Anda jadi punya perspektif baru ataupun sistem berbeda dari yang selama ini dilakukan. Kalau biasanya Anda terlalu sibuk menyelesaikan pekerjaan yang sudah jadi kebiasaan maka akan sulit untuk menemukan kreativitas. 

Oleh karena itu sebenarnya pensiun dini dapat membantu meningkatkan kreativitas Anda. Ketika akhirnya Anda punya kesempatan menjelajahi hobi baru atau mengembangkan bakat yang selama ini terpendam maka kreativitas bisa muncul dengan sendirinya. 

Alhasil hidup yang Anda jalani dapat lebih bermakna serta bermanfaat untuk mengembangkan potensi diri yang belum tergali.

8. Menyediakan Waktu untuk Pendidikan atau Pelatihan

Berapa pun usia Anda sebagai orang dewasa, tidak ada kata terlambat untuk belajar dan masuk dalam dunia pendidikan. Ketika melakukan pensiun dini, Anda akhirnya jadi punya lebih banyak waktu untuk belajar dan mengembangkan diri melalui pendidikan atau pelatihan. 

Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengambil kursus, mengikuti seminar, atau bahkan memperoleh gelar yang selama ini diimpikan. Hal ini akan membantu meningkatkan keterampilan dan peluang Anda dalam mencari pekerjaan baru atau menjalankan bisnis sendiri.

Baca Juga : Content Creator: Pengertian, Kemampuan yang dibutuhkan dan Prospek Kerja Kedepan

5 Syarat Pensiun Dini 

syarat pensiun dini - syarat

Melakukan pensiun dini nyatanya memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh masing-masing individu. Sebenarnya bisa saja karyawan mengundurkan diri tanpa mengajukan pensiun dini. 

Namun hal ini akan menyusahkan apabila orang tersebut tidak memiliki perencanaan yang matang. Itu sebabnya lebih baik Anda mengikuti beberapa syarat berikut untuk menjamin keberlangsungan hidup pada masa mendatang. 

1. Usia minimal

Untuk memenuhi syarat pensiun dini, biasanya seseorang harus mencapai usia tertentu yang telah ditentukan. Umur minimum ini bervariasi tergantung pada negara atau perusahaan tempat seseorang bekerja. 

Kalau berkaca dari Peraturan Pemerintah (PP) No.11 Tahun 2017 maka para PNS yang ingin melakukan pensiun dini harus memiliki usia minimal 45 tahun. Namun peraturan pensiun bisa dikembalikan kepada masing-masing perusahaan tempat seseorang bekerja. Jadi setiap karyawan perlu sadar mengenai peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan tempat dia bekerja.

2. Masa kerja

Selain usia, masa kerja juga menjadi syarat penting untuk pensiun dini. Seseorang harus memiliki masa kerja yang cukup lama di perusahaan atau instansi tempat dia bekerja. Syarat ini juga bervariasi tergantung pada peraturan dan kebijakan perusahaan atau instansi terkait.

Beberapa perusahaan atau instansi mensyaratkan minimal masa kerja sekitar 15 hingga 20 tahun sebelum seseorang dapat mengajukan pensiun dini. Dalam beberapa kasus, seseorang juga dapat memenuhi syarat pensiun dini jika dia mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan pensiun dini.

3. Tidak Terikat Kontrak Kerja

Syarat lain untuk pensiun dini ialah Anda tidak terikat kontrak kerja dengan perusahaan atau lembaga tempat bekerja. Jika masih terikat kontrak kerja maka pastikan Anda sudah  mempertimbangkan konsekuensi dari pensiun dini yang akan diambil. 

Biasanya kontrak kerja dibuat mengikat agar karyawan dan perusahaan sama-sama berkomitmen untuk menyelesaikan tugasnya hingga akhir. Ketika ada karyawan yang ingin keluar sebelum kontrak selesai maka biasanya tersedia denda yang perlu dibayarkan. Jadi pastikan Anda sudah memikirkan semua konsekuensi yang ada. 

4. Persetujuan dari Perusahaan atau Instansi

Untuk melakukan pensiun dini, Anda perlu mendapatkan persetujuan dari perusahaan atau instansi tempat bekerja. Persetujuan ini biasanya diberikan jika perusahaan atau instansi telah memenuhi target pensiun dini dan memiliki karyawan yang cukup untuk menggantikan posisi Anda.

5.Memiliki Tabungan Pensiun yang Cukup

Syarat yang paling penting dari semuanya ialah memiliki tabungan pensiun yang memadai. Anda harus sadar bahwa keputusan pensiun dini membuat gaji pokok tidak akan lagi diterima untuk masa mendatang. 

Anda harus bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga (jika ada) tanpa bantuan siapa pun. Ada baiknya Anda tidak mengajukan pensiun dini ketika dirasa tabungan memang belum cukup untuk menghidupi sisa hidup pada masa mendatang. 

Mengambil keputusan untuk pensiun dini sejatinya bukan perkara sederhana. Jika Anda belum memenuhi syarat pensiun dini yang dijelaskan di atas maka ada baiknya dipikirkan ulang sebelum mengambil keputusan akhir. 

Jika Anda benar-benar ingin melakukan pensiun dini maka sudah seharusnya usaha lebih keras dikerahkan. Bagi Anda para pebisnis yang ingin pensiun dini, mulailah melakukan strategi efektif untuk mengembangkan bisnis. 

Salah satu cara yang bisa Anda coba ialah dengan menggunakan jasa digital marketing dari ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency terkemuka di Indonesia, ToffeeDev menyediakan jasa terbaik untuk membantu meningkatkan brand awareness serta penjualan bisnis Anda. 
Berdiri selama lebih dari 10 tahun, ToffeeDev sudah menjadi partner terbaik bagi banyak bisnis untuk berkembang. Sekarang saatnya Anda untuk bergabung dan membuat perubahan yang signifikan melalui berbagai strategi digital marketing. Hubungi tim ToffeeDev sekarang untuk berkonsultasi menemukan solusi terbaik bagi bisnis Anda!

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top