4 Manfaat SEO Sebagai Penambah Income

Manfaat SEO Sebagai Penambah Income

Search Engine Optimization (SEO) semakin marak digunakan pada saat ini. Berbagai macam jenis bisnis tidak ada yang tidak bisa menerapkan strategi SEO. Semuanya bisa menggunakannya dan bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Inilah yang membuat bisnis saling berlomba mendapatkan tenaga SEO specialist terbaik. SEO tidak hanya digunakan untuk menaikkan standar dan kualitas promosi saja, tetapi juga bisa menjadi penambah income. Ada berbagai macam manfaat SEO sebagai penambah income pada saat ini.

Ya, SEO mampu menjadi penambah income bagi yang menginginkannya. Tentu saja dengan uang yang telah dikeluarkan untuk menerapkan strategi SEO, maka keinginan untuk mendapatkan income pun menjadi lebih besar.

Pengertian SEO

Taktik pemasaran yang dikenal dengan SEO, atau search engine optimization, bertujuan agar website berada di halaman pertama dan teratas hasil pencarian Google. SEO ini dapat memastikan apakah situs web Anda atau halamannya sesuai dengan persyaratan mesin pencari Google dan pantas ditampilkan di halaman pertama atau sebaliknya.

Situs web Anda akan lebih mudah muncul di halaman pertama, bahkan di atas, jika SEO yang Anda gunakan tidak bertentangan dengan pedoman Google. Anda harus ingat bahwa teknik SEO adalah proses yang berkelanjutan jika Anda ingin melihat pertumbuhan bisnis online Anda. Setelah pengoptimalan, SEO itu sendiri membutuhkan lebih sedikit waktu agar hasilnya terlihat dalam pencarian dan mampu meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Berapa Lama Proses SEO Akan Berhasil Mengembangkan Bisnis?

Jenis-jenis SEO

Anda harus mengetahui jenis-jenis dari penerapan SEO yang menerapkan teknik agar traffic semakin naik dan banyak pengunjung dalam situs web perusahaan.

1. SEO on Page

Dengan memperhatikan permalink, judul konten, struktur konten, gambar konten, distribusi kata kunci, kualitas konten, tautan internal, dan elemen SEO terkait lainnya, halaman pertama situs web dapat dioptimalkan untuk mesin pencari (meta description, tag, dll.) Anda dapat mengoptimalkan halaman website untuk mendapat peringkat lebih tinggi dan lebih sering muncul di hasil mesin pencari dengan menggunakan teknik SEO on-page.

Selain itu, Anda harus memiliki konten yang relevan dan berkualitas tinggi di situs web Anda agar mesin telusur dapat menemukannya menggunakan kata kunci tersebut. Itu akan menjawab permintaan audiens jika ada materi yang relevan, bukan? Oleh karena itu, akan sangat baik bagi Anda untuk memahami tentang SEO on-page jika Anda baru memulai dan mempelajari SEO.

2. SEO off Page

Jika cara kerja SEO on page berfokus kepada internal website, maka berbeda dengan SEO off page yang lebih berfokus kepada eksternal website. SEO off page dinilai sebagai upaya optimisasi SEO dalam bidang digital marketing dengan memperhatikan aspek-aspek yang harus ditingkatkan, yaitu: menanamkan backlink, peningkatan domain authority, peningkatan page authority, dan promosi melalui media sosial.

Dengan menerapkan SEO off page ini maka website Anda memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di mesin pencarian ranking teratas.

3. Technical SEO

Upaya optimisasi SEO dari bagian dalam website disebut dengan technical SEO. Memperhatikan aspek-aspek berikut yaitu kecepatan website, struktur website, XML sitemap, SLL, tema, layout website dan navigasi. Dengan menerapkan technical SEO, maka website tersebut akan memiliki struktur yang baik dan mudah untuk dibaca oleh mesin pencari.

Baca Juga : Apa Peran SEO untuk Perusahaan? Simak Bagaimana SEO Dapat Mengembangkan Bisnis Anda!

Jasa SEO banner

Manfaat SEO untuk Bisnis

Di bawah ini, ada empat manfaat SEO sebagai penambah income untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan dengan melihat dari berbagai sisi. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mampu Sesuaikan Target Pasar

Manfaat pertama SEO sebagai penambah income adalah mampu sesuaikan target pasar. Dalam bisnis pastinya Anda memiliki target pasar yang ingin dituju. Dari segi usia, lokasi, hingga pendidikan. Dengan SEO, Anda bisa mendapatkan hal itu berdasarkan optimasi keyword yang dilakukan. Dalam membuat konten berdasarkan keyword tersebut, maka target pasar tersebut bisa mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Dengan pembuatan konten secara konsisten, maka mereka mulai perlahan-lahan mengenal bisnis Anda. Dari sanalah Anda bisa mendapatkan konsumen baru. Artinya, Anda akan mendapatkan penambahan dalam bentuk income.

2. Tidak Perlu Membayar Iklan

Manfaat kedua adalah tidak perlu lagi membayar iklan. Saat ini cukup banyak iklan yang sering Anda temukan di internet. Untuk bisa mendapatkan promosi yang baik, banyak orang yang memilih membayar lebih untuk bisa beriklan di internet. Namun dengan SEO, Anda tidak perlu lagi melakukan hal itu.

Baca Juga: 4 Langkah Dapatkan eCommerce SEO Keywords yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, SEO bisa menargetkan sesuai pasar yang ingin dituju berdasarkan optimasi yang dilakukan. Keyword yang coba dioptimasi dalam bentuk konten itu sebenarnya sudah menjadi media iklan yang tepat untuk Anda. Penyebaran informasi yang berguna bagi masyarakat luas akhirnya membuat bisnis Anda bisa lebih dikenal tanpa perlu membayar iklan.

3. Lebih Mudah Dalam Promosi

Tentu saja ketika menerapkan strategi SEO akan menjadi lebih mudah dalam promosi, khususnya di internet. Berkat optimasi keyword dan juga cara-cara lainnya yang juga dilakukan untuk optimasi website milik bisnis Anda, orang lain bisa lebih mudah menemukan bisnis Anda di internet. Informasi yang lengkap dan berguna serta bisa dipertanggungjawabkan perlu Anda penuhi setiap waktu. SEO itu tidak pernah berhenti dari segi pengerjaan dan efeknya. Itu pula yang harus Anda lakukan setiap waktu. Promosi juga pastinya tidak ingin Anda hentikan, bukan? Maka dari itu, cobalah gunakan SEO mulai saat ini.

4. Mampu Menciptakan Transaksi Bisnis

Pada akhirnya, dari semua hal yang dilakukan dalam SEO, ujung-ujungnya adalah mampu mencipatkan transaksi bisnis. Artinya, Anda sudah bisa mendapatkan income berkat optimasi melalui SEO. Strategi ini memang memiliki tujuan akhir yaitu memberikan pendapatan yang lebih besar dibandingkan sebelum menggunakannya. Transaksi bisnis bisa lebih besar didapatkan dengan SEO.

Itulah empat manfaat SEO sebagai penambah income. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa memberikan komentar serta share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak orang yang tahu tentang manfaat SEO ini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top