Canva, Aplikasi Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Desain adalah salah satu elemen yang bisa membantu Anda dalam melaksanakan sebuah kampanye marketing dan dapat dipergunakan sebagai tolalk ukur untuk menganalisis kinerja situs web. Hal ini dikarenakan kenyamanan pengguna internet dalam mengakses sebuah website. Website dengan desain yang baik tentu membuat pengguna nyaman berada didalamnya, begitupun sebaliknya yang secara tidak langsung mempengaruhi bounce rate. Jika Anda tidak sengaja melakukan kunjungan pada website dengan konten visual yang kurang menarik tentu kunjungan Anda menyesuaikan iklan yang Anda lihat tersebut dan tidak akan melakukan kunjungan ulang.

Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk membuat sebuah desain. Salah satu tool yang bisa digunakan adalah Canva. Canva dapat membantu Anda untuk membuat desain tanpa harus melalui proses instalasi. Ada banyak elemen yang bisa Anda gunakan, mulai dari animasi hingga template-template unik yang mudah diakses. Canva saat ini mempunyai lebih dari 10 juta pengguna terdaftar di dunia, termasuk di Indonesia.

Apa Itu Canva?

Canva adalah sebuah tool untuk graphic design online yang sangat mudah untuk merancang berbagai jenis desain yang dilakukan secara online. Mulai dari mendesain teks kartu ucapan, poster, brosur, infografis, post untuk media sosial, hingga presentasi. Tidak hanya tersedia dalam bentuk web, tetapi juga dalam bentuk aplikasi mobile untuk iPhone dan Android.

Canva tidak hanya memberikan layanan menu untuk mengedit teks, tetapi juga foto-foto dengan hasil yang dapat disimpan dalam berbagai format media dan kualitas termasuk MP4. Oleh karenanya, selain sebagai tool graphic design, Canva dapat berfungsi pula sebagai editor video gratis dengan konten yang all rights reserved.

Canva Sangat Cocok Untuk Pemula

Canva adalah tool yang memberikan layanan sangat mudah digunakan oleh pemula arena beberapa fiturnya. Salah satunya adalah drag and drop yang bisa membantu Anda untuk membuat desain dengan sangat cepat dan gratis.

Canva juga menyediakan berbagai macam template yang bisa digunakan dan cocok untuk berbagai tema termasuk dengan tema pendidikan. Mulai dari banner Facebook, infografik, sampai dengan cover buku pendidikan, Anda bisa menggunakannya untuk membuat berbagai jenis kebutuhan yang dapat Anda masukan dalam halaman blog Anda.

Fitur Canva

Canva menyediakan banyak fitur agar pekerjaan Anda semakin mudah, beberapa diantaranya adalah:

1. Text insertion

Teks pada gambar akan memberikan informasi yang berhubungan dengan gambar dan bisnis Anda. Anda juga bisa menambahkan call-to-action (CTA) untuk mengajak orang-orang melakukan sebuah aksi, dengan berbagai tipografi yang eyecatching.

2. Colour palette

Canva akan menunjukan berbagai warna yang ada. Canva akan memperbolehkan Anda untuk memilih berbagai warna untuk background maupun teks untuk menciptakan visual grafis yang menarik.

3. Filter

Canva juga memiliki berbagai macam filter, yang bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda.

4. Animasi

Canva memiliki berbagai macam Animasi yang bisa dikustomisasi sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda. Animasi tersebut dapat menunjang desain yang sebelumnya sudah Anda buat.

Baca Juga: Canva, Aplikasi Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Menggunakan

Setelah mengetahui berbagai macam fitur, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk menggunakannya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buat atau login ke akun Canva Anda

Untuk menggunakannya, tentu saja Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Anda dapat mendaftarkan diri Anda atau sign up dengan 3 pilihan, yaitu dengan menggunakan Facebook,Gmail, ataupun dengan registrasi langsung untuk membuat akun.

2. Tentukan kebutuhan Anda untuk menggunakan Canva

Anda akan diberikan pilihan untuk memilih penggunaan yang akan dilakukan. Mulai dari penggunaan untuk bahan ajar oleh guru, hingga penggunaan untuk perusahaan besar. Dengan begitu Canva dapat menyajikan berbagai hal yang dapat menunjang desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Demo serta Jenis Desain

Tahap selanjutnya adalah memilih tema layout. Tersedia berbagai macam tema lengkap dengan background dan contoh kontennya untuk berbagai dimensi yang disesuaikan dengan platform yang akan digunakan. Pilih layout yang sesuai dengan keinginan Anda, caranya Anda hanya tinggal melakukan klik “edit” pada tema yang Anda pilih.

4. Pilihlah gambar yang akan digunakan

Setelah Anda menentukan tema, Anda akan diarahkan ke halaman pengeditan dimana terdapat berbagai menu yang bisa Anda gunakan. Anda juga pilihan untuk mengupload gambar Anda sendiri. Caranya, Anda hanya perlu klik pada menu upload dan pilih gambar yang ingin Anda upload.

5. Buatlah Desain Anda

Dengan berbagai macam template yang ada, Anda dapat membuat desain yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Canva adalah sebuah tool untuk mendesain sebuah desain grafis, yang sangat cocok untuk digunakan oleh para pemula. Terdapat berbagai macam fitur yang sangat membantu dalam merancang desain konten yang Anda inginkan bahkan dalam bidang pendidikan.

Bagaimana? Apakah Anda akan menggunakannya untuk membuat desain-desain konten untuk halaman blog Anda? Atau apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Bila terdapat masukan untuk artikel ini, silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post