Bagaimana Cara Iklan di Facebook?

cara iklan di facebook

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, beriklan di Facebook memang semakin diminati oleh pemilik bisnis. Dengan jumlah audiens yang sangat banyak dan bisa ditargetkan, iklan Anda bisa lebih efektif menjangkau calon konsumen yang diinginkan. Sebenarnya, bagaimana cara iklan di Facebook?

Apa Itu Iklan di Facebook Ads?

Salah satu fitur andalan dari memiliki akun Facebook adalah adanya Facebook Ads. Layanan ini menampilkan iklan berbayar yang ditujukan secara khusus untuk para pelaku usaha, komunitas, brand, public figure, serta siapa pun yang ingin mempromosikan produk/jasanya lewat media sosial Facebook.

Sesuai dengan bisnis dengan jangkauan konsumen yang luas, kelebihan lain adalah hadirnya fitur Facebook Adverts Manager, sehingga iklan di Facebook terpasang kepada audience situs web yang ditargetkan berdasarkan kondisi demografinya (jenis kelamin, usia, lokasi, pekerjaan, pendidikan, minat, koneksi, kebiasaan, dan sebagainya).

Fitur tersebut juga merupakan langkah cerdas untuk mengevaluasi kinerja iklan apakah sudah sesuai atau belum, misalnya melihat berapa kali gambar iklan ditampilkan, berapa banyak user yang klik, sampai data spesifik klik tombol mengenai cost per click/like/conversion.

5 Manfaat Facebook Ads Bagi Bisnis Anda

Berikut manfaat Facebook Ads bagi bisnis Anda yang wajib disimak:

1. Memiliki Target Konsumen yang Baik

Facebook menyediakan apa yang dapat dianggap sebagai target yang cukup besar untuk perusahaan Anda untuk menampilkan iklan kepada audiens yang telah Anda pilih. Target ini dapat ditentukan oleh lokasi geografis, rentang usia, hobi, jenis kelamin, dan berbagai faktor lainnya.

Anda dapat mengiklankan iklan media sosial Anda dengan mudah berkat alat editor kekuatan Facebook. Alat ini yang hadir dengan fitur ramah pengguna, akan membantu Anda dalam membuat kampanye iklan. Selain itu, Anda dapat menargetkan konsumen dengan menambahkan elemen pelacakan ke halaman akun Anda. Anda dapat mempelajari jenis barang apa yang menarik perhatian konsumen.

2. Bisa Menganalisis Keadaan

Anda dapat melihat aktivitas di beranda saat mengelola fanpage Facebook. Beranda ini memungkinkan Anda mengubah promosi seperlunya. Anda dapat mengevaluasi kepribadian individu yang akan menjadi subjek kampanye iklan Anda. Ya, kecanggihan Facebook jauh lebih mampu menilainya meski tanpa Anda lakukan.

3. Meningkatkan Brand 

Pengguna Facebook akan secara konsisten menerima banyak notifikasi di beranda mereka setiap hari. Karena itu Anda harus berhati-hati untuk menciptakan branding terbesar untuk perusahaan Anda. Bahkan jika beberapa orang dapat mengklik halaman Facebook perusahaan Anda, keunggulan iklan Anda tetap akan membantu Anda membangun kredibilitas. Perhatikan peluang untuk mengembangkan branding yang kuat untuk akun Anda.

4. Menjual Tanpa Batas Jarak

Kebebasan untuk mengiklankan bisnis Anda secara terbuka menjadi keunggulan keempat dari Facebook Ads. Seberapa jauh Anda bisa menyebarkan brand awareness tanpa ada batasan fisik. Anda juga tidak dibatasi oleh waktu. Menggunakan Iklan Facebook memberikan fleksibilitas yang lebih besar di semua area.

5. Target Promosi yang Tepat

Manfaat yang paling signifikan adalah yang terakhir yaitu memahami target pemasaran Andadengan menggunakan Facebook Ads. Karena Anda dapat mengiklankan perusahaan Anda kepada audiens Anda melalui Iklan Facebook. Misalnya, Facebook akan secara otomatis mengiklankan merek kosmetik ke audiens wanita jika Anda ingin mempromosikannya.

Target pasar iklan obat tonikum adalah laki-laki. Selain itu, jika Anda menawarkan informasi tentang lokasi Palmerah, Iklan Facebook yang khusus untuk wilayah tersebut akan segera membantu iklan tersebut.

Cara Iklan di Facebook

Secara umum, Facebook menawarkan tools yang berbeda untuk membuat dan mengatur kampanye Anda. Anda bisa menggunakan tombol Boost Post pada halaman bisnis Anda di Facebook atau dengan cara iklan di Facebook yang kedua yakni dengan memanfaatkan tool Ads Manager.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan Di Facebook

Jika Anda baru pertama kali beriklan di Facebook, Anda disarankan untuk membuat kampanye dari halaman bisnis sebagai titik awal. Tapi kalau menginginkan lebih banyak pilihan untuk tujuan promosi, tidak ada salahnya mencoba Ads Manager.

1. Menggunakan Tombol Boost Post di Postingan Anda

Ketika Anda membuat postingan di Facebook, di bagian bawah Anda mungkin akan melihat tombol Boost Post berwarna biru. Tombol ini memungkinkan Anda membuat iklan Facebook dengan cepat menggunakan salah satu postingan yang sudah Anda buat.

Iklan yang dibuat nantinya akan muncul di berbagai halaman di Facebook dan Anda bisa menentukan sendiri siapa audiens yang bisa melihatnya. Menggunakan tombol Boost Post adalah salah satu cara iklan di Facebook yang cepat dan mudah melalui halaman bisnis Anda.

2. Menggunakan Tombol Promote pada Halaman Bisnis Anda

Gunakan tombol Promote atau Promosikan jika Anda ingin membuat iklan berdasarkan tujuan bisnis tertentu. Meskipun Boost Post bisa membantu mendorong engagement seperti ‘suka’ atau ‘komentar’, tapi tombol Promote bisa membantu Anda mendapatkan arahan. Orang yang melihatnya bisa didorong untuk berbelanja di situs bisnis Anda atau mempromosikan alamat toko.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Meningkatkan Facebook Likes dan Engagement

Ketika Anda memilih menggunakan tombol Promote, Facebook akan mengumpulkan informasi dari halaman bisnis dan membantu Anda membuat kampanye berdasarkan tujuan bisnis yang sudah dipilih. Anda bahkan akan mendapatkan saran berupa tampilan apa yang bagus, kalimat apa yang ingin ditulis dan siapa target iklan Anda.

3. Ads Manager/Manajer Iklan

Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi dan mengatur iklan yang akan ditayangkan, gunakan Ads Manager. Ads Manager merupakan tools lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk membuat iklan, mengelola kapan dan di mana iklan akan ditampilkan sekaligus melacak bagaimana kinerja kampanye yang dibuat.

Ads Manager adalah alat pengelola iklan yang canggih, tapi bisa digunakan oleh pengiklan dari berbagai tingkat pengalaman baik pengiklan pemula maupun yang sudah lama. Anda akan memperoleh akses ke semua fitur dan tools iklan Facebook termasuk fitur canggih seperti membuat audiens khusus, serta masih banyak lagi akses lainnya.

Ads Manager memungkinkan Anda untuk menggunakan semua fitur yang tersedia, mengelola pembayaran, melihat riwayat penagihan serta menetapkan batas pengeluaran akun. Anda dapat menggandakan iklan dan mengatur kampanye Anda. Dari data analisis yang dihasilkan, Anda juga bisa merancang strategi beriklan baru yang akan lebih efektif di masa depan.

Baca Juga : Facebook Ads: Fitur yang Menguntungkan Pengiklan

Itulah beberapa cara iklan di Facebook yang bisa Anda pilih dan terapkan untuk bisnis Anda. Bagi Anda yang mengalami kesulitan, Anda bisa menyerahkan proses pemasangan iklan pada jasa iklan Facebook Ads. Hubungi ToffeeDev sekarang juga dan maksimalkan iklan Facebook Anda untuk mendongkrak penghasilan bisnis Anda lebih tinggi lagi.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat