Pahami Cara Kerja SEO yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

SEO seharusnya sudah menjadi istilah yang tak asing lagi bagi pebisnis, terutama mereka yang menjalankan usahanya dengan media teknologi digital. Namun, jika Anda merupakan pemain baru di dunia bisnis digital, ada baiknya Anda memahami dulu pengertian serta cara kerja SEO. Dengan memaksimalkan salah satu strategi pemasaran ini, bisnis Anda tentu akan menuai beragam manfaat yang ditawarkannya.

Apa Itu SEO?

Sebelum mengupas lebih jauh tentang cara kerja SEO, hal paling utama yang harus dipahami adalah pengertian SEO itu sendiri. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization—Pengoptimalan Mesin Pencari. Istilah ini merujuk pada strategi tertentu untuk mengoptimalkan suatu situs, misalnya situs penjualan atau promosi produk dan jasa. 

Tujuan utama dari penerapan SEO adalah membuat website target berada di posisi teratas dari hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Jika tujuan ini sudah tercapai, trafik website akan naik secara signifikan. Peringkatnya pun akan turut melesat dengan cepat. Sejumlah pakar SEO mengungkapkan bahwa kondisi tersebut memberikan pengaruh positif terhadap popularitas website, apalagi jika situs yang dimaksud adalah situs untuk berbisnis.  

Baca Juga : Mengenal Seluk Beluk Sejarah SEO Secara Mendalam

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Kini, Anda sudah memahami pengertian dari SEO dan bagaimana strategi tersebut digunakan dalam mendongkrak trafik suatu situs bisnis. Namun, sudahkah Anda mengerti bagaimana sebenarnya cara kerja SEO?

Untuk mencapai tujuan utama dan menarik lebih banyak kunjungan, teknik-teknik SEO harus bekerja sesuai dengan aktivitas dan algoritma mesin pencari. Sebagai contoh, Google yang merupakan search engine paling banyak digunakan saat ini melakukan tiga aktivitas inti. Ketiganya adalah crawling (pencarian otomatis oleh Google Bot), indexing (proses membuat daftar dari kata kunci yang dicari), serta ranking (mengurutkan kata kunci paling relevan).

Jasa SEO

Seluruh aktivitas tersebut dilakukan dengan cepat dan harus selesai dalam waktu hitungan detik agar dapat menampilkan hasil paling relevan yang dicari pengguna internet. Nah, teknik-teknik SEO yang diterapkan akan memastikan situs bisnis Anda dapat masuk dalam daftar algoritma dan setiap aktivitas yang dilakukan mesin pencari.  

Baca Juga : Optimasi Website untuk Mendapatkan Zero-Click Dalam SEO

Bagaimana Menerapkannya?

Dari pemahaman tentang cara kerja yang dijalankan SEO, Anda mungkin akan bertanya-tanya: Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik-teknik SEO agar bisa bekerja dengan tepat?

Pada dasarnya, dari setiap kata kunci yang dicari, mesin pencari akan merekomendasikan situs dengan relevansi dan reputasi terbaik. Artinya, usaha ini perlu dimaksimalkan agar situs bisnis Anda selalu tampil di halaman pertama pencarian.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dicermati saat menerapkan teknik SEO dalam situs bisnis:

  1. Gunakan kata kunci populer atau yang paling banyak dicari pada seluruh konten website Anda. Namun, penggunaannya tak boleh sembarangan. Anda tetap harus mempertimbangkan jumlah dan porsi kata kunci agar tidak terkesan spam.
  2. Kembangkan setiap kata kunci menjadi longtail keywords atau kata kunci turunan yang lebih panjang. Kata kunci ini biasanya berupa pengembangan dari kata kunci utama. Seluruhnya dapat Anda temukan dengan melakukan riset kata kunci untuk topik yang ingin dikembangkan.
  3. Tulislah konten yang berkualitas dengan judul menarik, topik yang informatif, serta struktur yang rapi dan mudah dibaca.
  4. Lengkapi setiap konten dengan meta deskripsi yang bisa menarik perhatian. Lampirkan pula beberapa tautan internal pada konten lain di situs bisnis Anda agar pengunjung betah berlama-lama menelusurinya.  

Baca Juga : 3 Cara Optimasi SEO Agar Website Bertahan di Halaman Pertama Google

Itulah penjelasan ringkas terkait SEO, termasuk pengertian, manfaat, serta cara kerja SEO yang akan menguntungkan usaha Anda. Untuk mengoptimalkan penggunaan SEO yang tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pasar, tak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan master SEO yang merupakan tenaga ahli dalam strategi pemasaran bisnis digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post