5 Cara Kerja Web Crawler dalam SEO

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Kata crawling yang sering disebut-sebut ketika berbicara mengenai digital marketing dan SEO, mungkin masih banyak yang belum memahami seperti apa prosesnya. Untuk menambah wawasan Anda, akan kita ulas pengertian crawling sekaligus lima cara kerja web crawler dalam SEO. 

Proses crawling dan indexing

Secara sederhana, crawling merupakan aktivitas pencarian dan pemindaian konten pada halaman baru di website dengan menggunakan alat yang dinamakan bot atau spiders yang selanjutnya kita sebut web crawler. Konten yang dipindai bisa berupa link, artikel, gambar, dan lain sebagainya. Selain crawling, ada juga yang dinamakan proses indexing dimana konten yang telah dipindai kemudian disimpan pada search engine database. 

Kita tentu sering memanfaatkan mesin pencari ketika membutuhkan informasi terkait sesuatu. Mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini adalah Google. Web crawler dari Google bernama GoogleBot. Selain GoogleBot masih banyak web crawler lain. Dari masing-masing mesin pencari tentu menampilkan hasil yang berbeda.

Baca Juga : Pengertian Indexing dan Peranannya dalam SEO

Cara kerja web crawler dalam SEO

Web crawler memiliki peran yang penting pada Search Engine Optimization (SEO), berikut bagaimana web crawler bekerja:

1. Googlebot

Seperti yang telah disampaikan di atas tadi, setiap mesin pencari memiliki web crawler sendiri. Mengingat hingga saat ini Google masih menjadi mesin pencari dengan hasil pencarian terbaik, jika ingin website Anda berada di peringkat teratas pada pencarian Google maka pastikan bahwa website Anda telah melalui proses crawling dan indexing oleh Googlebot. Untuk mengeceknya, Anda bisa mengirimkan sitemap ke Google Search Console.

Jasa SEO

2. Sitemap

Sitemap ialah file kecil berisi direct link ke semua halaman di website Anda, letaknya di folder root domain. Dengan mengirimkan sitemap ke Google menggunakan Google Search Console akan memudahkan Googlebot mengakses halaman website Anda. Perubahan konten dan pembaruan apapun yang dilakukan pada website akan diinformasikan ke Google. 

3. Struktur internal link 

Web crawler menjelajahi website mengikuti link yang tersedia karena itu memiliki struktur internal link yang baik akan sangat membantu web crawler menemukan seluruh konten yang terdapat di website Anda. Ini merupakan proses yang amat penting dalam strategi SEO maka pastikan seluruh konten dapat terhubung.

Baca Juga : Perbaiki Broken Internal Links Demi Tingkatkan Website

4. Performa SEO pada website

Web crawler melakukan identifikasi dan merekam semua link yang ditemukan di halaman-halaman yang telah melalui proses pemindaian, kemudian link tersebut dimasukkan ke antrean URL untuk di-crawl. Pada proses ini web crawler menemukan konten-konten terbaru. Jika Anda secara teratur memperbarui dan menambah konten website, akan membuat web crawler lebih sering mengunjungi website Anda. Semakin sering maka prosesnya pun semakin cepat.

Google memulai proses crawling pada kelompok website yang terpercaya dan menjadi tolok ukur performa website lain. Google akan melakukan indexing pada konten-konten terbaru yang dinilai bermanfaat bagi pengguna lalu memberikan peringkat pencarian bagi website tersebut. Semakin banyak halaman website Anda yang memuat konten berkualitas dan diarsipkan Google mengindikasikan semakin baiknya performa SEO pada website Anda.  

5. Robots.txt

Saat akan melakukan proses crawling pada sebuah website, web crawler akan memeriksa dulu robots.txt di website tersebut, untuk mengetahui halaman yang boleh dan tidak boleh dilakukan indexing.

Baca Juga : Panduan Singkat tentang Robots.txt

Web crawler biasanya dilarang melakukan crawling pada halaman yang tidak berisi sesuatu yang penting atau pada konten-konten duplikat. Konten duplikat berisiko mendapatkan penalti atau bahkan dihapusnya website Anda dari arsip Google jika mengandung black hat SEO.

Itu tadi cara kerja web crawler dalam SEO. Bagi pengembangan bisnis, optimasi website dari sisi SEO sangat diperlukan. Untuk Anda yang membutuhkan layanan SEO yang ditargetkan untuk peningkatan traffic yang berkualitas, digital marketing agency dapat memberikan bantuan secara profesional yang pastinya memberikan hasil nyata pada peningkatan bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post