8 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Wajib Diketahui

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui cara membangun loyalitas pelanggan guna mengembangkan bisnis lebih jauh lagi. Loyalitas pelanggan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh semua bisnis, baik itu perusahaan besar maupun bisnis kecil.

Loyalitas pelanggan adalah hasil yang didapat dari kepuasan pelanggan atas produk yang mereka beli, pengalaman yang positif atas pelayanan merek, dan nilai keseluruhan dari barang atau jasa yang diterima oleh pelanggan. Lantas, bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan?

Pentingnya Membangun dan Menjaga Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan dapat diartikan sebagai kemungkinan pelanggan melakukan bisnis berulang dengan Anda. Loyalitas ini berasal dari kepuasan pelanggan, seperti terhadap ketersediaan produk, harga produk, dan faktor lain yang biasanya memengaruhi keputusan pembelian. Ketika seorang pelanggan setia pada suatu produk, mereka bersedia mengeluarkan uang lebih dan bahkan menunggu untuk membeli produk tersebut.

8 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Cara terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan adalah dengan membuat hubungan yang baik dengan pelanggan. Setiap bisnis perlu membuat pelanggannya senang karena pelanggan yang bahagia akan bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli produk. Berikut ini adalah beberapa cara membangun loyalitas pelanggan.

Baca juga: Loyalitas Pelanggan: Definisi dan Faktor yang Mempengaruhinya

1. Mengenal Pelanggan

Untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan, Anda harus mengenal pelanggan dengan lebih baik. Perlakukan pelanggan seperti orang yang sudah Anda kenal, bukan sebagai orang asing yang membeli produk Anda saja. Sebagai contoh, Anda dapat mengirimi pelanggan pesan ulang tahun yang dipersonalisasi dengan penawaran khusus pada hari ulang tahunnya.

Agar pelanggan bisa lebih percaya, Anda juga dapat mengirimi mereka email yang telah dipersonalisasi dan berisi penawaran khusus berdasarkan riwayat pembelian mereka. Sebagai contoh, jika pelanggan sering membeli produk A, coba berikan mereka potongan harga pada pembelian produk yang sama selanjutnya.

2. Buat Program Loyalitas (Loyalty Program)

Memberikan hadiah atau penghargaan untuk pelanggan yang paling setia adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas pelanggan. Program loyalitas yang dapat Anda coba dan mungkin paling populer digunakan adalah sistem poin, di mana pelanggan akan mendapatkan poin loyalitas setiap kali mereka membeli produk dari merek tersebut. Kemudian, poin-poin ini akan diakumulasikan dan dapat ditukarkan dengan hadiah, seperti cashback, diskon, gratis, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba program loyalitas dengan sistem berbasis kartu keanggotaan, di mana pelanggan akan mendapatkan imbalan ketika mengisi uang dan membelanjakan uang tersebut melalui kartu keanggotaan. Dengan program loyalitas yang dapat memberi hadiah kepada pelanggan, baik itu berupa uang atau non-uang, pelanggan akan merasa terdorong untuk menjadi loyal kepada Anda.

Jasa SEO

3. Tingkatkan Customer Care

Customer care adalah aspek terpenting dari segala bisnis. Pelanggan yang memiliki pengalaman buruk dengan suatu merek, tetapi merek tersebut telah berhasil menyelesaikan masalahnya, akan lebih loyal daripada pelanggan yang tidak pernah memiliki masalah sejak awal. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan customer care agar dapat membangun loyalitas pelanggan dengan lebih baik.

4. Buat Tingkatan Pelanggan

Status sosial dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap perilaku pelanggan, dan dapat dimanfaatkan dalam strategi membangun loyalitas pelanggan. Dengan menambahkan tingkatan untuk pelanggan yang paling setia, perusahaan dapat meningkatkan loyalitas di antara pelanggan yang sudah ada, serta menarik pelanggan baru dan yang kurang terlibat untuk lebih banyak berinteraksi dengan merek.

Anda dapat memulai dengan memberikan hadiah yang kecil untuk semua pelanggan yang mengikuti program loyalitas. Kemudian, Anda dapat mendorong pembelian berulang dengan meningkatkan hadiah untuk setiap tingkatan pelanggan yang ada..Sebagai contoh, pelanggan yang berada di tingkatan 3 akan mendapatkan diskon 10%, di tingkatan 2 akan mendapatkan diskon 15%, dan di tingkatan 1 akan mendapatkan diskon 25%.

5. Buat Program Rujukan (Referral Program)

Seperti program loyalitas, Anda dapat memberi hadiah kepada pelanggan atas keterlibatan mereka melalui program rujukan. Dalam hal ini, pelanggan akan menerima manfaat tertentu jika mereka merujuk merek Anda ke orang lain. Cara ini tidak hanya dapat menarik pelanggan baru, tetapi juga dapat membuat pelanggan lama kembali lagi karena mereka bisa mendapatkan hadiah dari sekadar merujuk merek Anda.

Baca juga: Wajib Tahu! 4 Tingkatan Brand Awareness dan Cara Mencapainya

6. Simpan Data Pelanggan

Simpan Data Pelanggan

Sebuah bisnis yang menyimpan data pelanggan, seperti riwayat belanja dan informasi pengiriman, dapat memudahkan pelanggan untuk berbelanja di kemudian hari. Sebagai contoh, Anda dapat menyimpan informasi pengiriman dan pembayaran agar mereka dapat melakukan pembelian dengan lebih cepat. Dengan begitu, mereka dapat berbelanja dengan satu sentuhan saja, tidak perlu menambahkan kembali nomor kartu kredit setiap kali ingin melakukan transaksi.

7. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah cara membangun loyalitas pelanggan yang baik karena Anda dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan di sana. Faktanya, jika Anda tidak memanfaatkan media sosial, banyak pelanggan akan menganggap bahwa Anda tidak relevan. Di era digital ini, sangat penting untuk memiliki akun media sosial resmi dari sebuah merek.

Penggunaan media sosial seperti membagikan informasi seputar produk atau berinteraksi dengan pengikut Anda, akan menciptakan komunitas online yang kuat dan dapat mendorong pelanggan untuk menjadi loyal. Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk selalu aktif dan konsisten, untuk menunjukkan bahwa merek Anda memiliki customer care yang baik.

8. Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah hal yang harus selalu dikejar oleh setiap bisnis. Makin dikenal merek Anda, maka akan makin mudah pula untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan memanfaatkan SEO untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari.

Apabila Anda tertarik menggunakan SEO untuk meningkatkan brand awareness, coba gunakan jasa SEO dari ToffeeDev. Selain SEO, kami juga menyediakan berbagai layanan pemasaran digital, seperti pembuatan website, Ads, dan masih banyak lagi, untuk meningkatkan bisnis Anda. Klik di sini.untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan kami.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat