5 Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Apakah Anda sedang mencari cara membuat blog di WordPress bagi pemula? Jika iya, maka Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Blog memang merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai strategi pemasaran digital, baik untuk meningkatkan brand awareness maupun memasarkan produk atau layanan.

WordPress sendiri memang merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk membuat blog. Sudah ada banyak sekali website, baik yang besar maupun kecil, yang menggunakan WordPress untuk membuat blog.. Lantas, bagaimana sih cara membuat blog di WordPress bagi pemula?

Mengapa Menggunakan WordPress?

WordPress adalah platform paling sederhana dan paling populer untuk membuat blog maupun website, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi. WordPress telah digunakan oleh lebih dari 43,3% dari total website yang ada di internet. Artinya, ada lebih dari satu dari empat website yang Anda kunjungi di internet kemungkinan besar didukung oleh WordPress sebagai platformnya.

WordPress sendiri merupakan Content Management System (CMS) open source yang dapat diakses, digunakan, dan dimodifikasi oleh siapa saja untuk berbagai keperluan. Banyak sekali pemula yang membuat blog melalui WordPress karena kemudahan pembuatan dan pengelolaannya. Anda tidak perlu memahami pengkodean (coding) untuk membuat blog melalui WordPress.

WordPress memiliki berbagai macam tema dan desain untuk blog yang responsif, membuatnya sangat mudah diakses oleh pengguna mobile. Mengingat mayoritas pengguna internet sering melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile mereka, Anda jadi tidak perlu repot membuat blog terpisah untuk pengguna mobile jika menggunakan WordPress.

Baca juga: Seperti Inilah Cara Menambahkan Menu di WordPress yang Bisa Anda Coba

5 Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

Sebagai seorang pemula, Anda pasti akan merasa bahwa untuk membuat sebuah blog dibutuhkan kemampuan khusus seperti pengkodean. Padahal, sudah ada banyak sekali platform yang memungkinkan seorang pemula membuat blog, seperti WordPress. Berikut ini adalah cara membuat blog di WordPress bagi pemula.

1. Pilih Jasa Hosting

Sebelum membuat blog di WordPress, Anda harus menggunakan jasa hosting terlebih dahulu. Hosting sendiri merupakan layanan yang menyediakan sumber daya agar sebuah website dapat berjalan. Anda akan membutuhkan jasa hosting ini untuk menyimpan seluruh data yang ada di dalam website, seperti gambar, video, artikel, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai jenis jasa hosting yang dapat Anda gunakan untuk mendukung blog yang ingin dibuat. Setiap jenis jasa hosting akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pastikan untuk mempelajari apa yang dibutuhkan oleh blog Anda terlebih dahulu, serta lakukan riset terhadap fitur-fitur yang ditawarkan sebelum memilih jasa hosting yang akan digunakan.

2. Buat Nama Domain

Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah server komputer yang ada di internet, seperti blog, website, dan bahkan email. Saat membuat nama domain, pastikan nama tersebut merepresentasikan blog yang ingin Anda buat. Sebagai contoh, ToffeeDev menggunakan www.toffeedev.com sebagai nama domainnya.

3. Instal WordPress

Biasanya, penyedia jasa hosting akan menyediakan layanan instalasi WordPress secara otomatis jika menggunakan jasa mereka. Tetapi jika Anda ingin menginstal WordPress sendiri, berikut adalah panduan instalasi WordPress yang dapat Anda ikuti.

  • Unduh file WordPress dan unzip.
  • Buat database untuk pengguna WordPress dan MySQL yang dapat mengakses dan memodifikasi WordPress di server website.
  • Unggah file WordPress ke lokasi yang diinginkan di server website:
    • Untuk mengintegrasikan WordPress ke root domain (http://(namadomain).com/), pindahkan atau unggah semua konten direktori WordPress yang tidak di-zip ke direktori root server website.
    • Untuk menginstal WordPress di subdirektori website seperti blog (http://(namadomain).com/blog/), buat direktori blog di server dan unggah konten yang tidak di-zip dari file WordPress ke direktori melalui FTP.
    • Catatan: Nonaktifkan opsi untuk mengonversi nama file menjadi huruf kecil pada klien FTP terlebih dahulu..
  • Jalankan skrip instalasi WordPress dengan mengakses URL tempat Anda mengunggah file di browser.
    • Jika menginstal WordPress di direktori root, kunjungi: http://(namadomain).com/
    • Jika menginstal WordPress di subdirektori seperti blog, kunjungi: http://(namadomain).com/blog/

Proses instalasi WordPress terkadang akan memakan banyak waktu, jadi sebaiknya Anda langsung gunakan saja layanan instalasi otomatis dari jasa hosting agar lebih mudah dan cepat.

4. Buat Blog di WordPress

Untuk membuat blog di WordPress, pertama-tama Anda perlu mengisi pengaturan dasar dari sebuah blog, seperti mengisi site title, memasang site icon, dan sejenisnya. Setelah itu, Anda juga perlu mengatur tampilan blog karena biasanya ketika pertama kali dipasang tampilannya akan default.

Untuk melakukan semua hal di atas, Anda perlu menuju ke dasbor WordPress terlebih dahulu. Anda cukup login ke dalam WordPress, dan dasbor akan langsung muncul ketika pertama kali masuk. Di sana, Anda akan menemukan berbagai macam opsi untuk memodifikasi WordPress. Anda dapat memilih opsi template pada menu ‘Appearance’ agar proses pembuatan blog menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Unggah Konten

Setelah berhasil membuat blog, sekarang Anda hanya perlu membuat konten untuk mengisi blog tersebut. Ada banyak konten yang dapat ditambahkan ke dalam blog, tetapi biasanya artikel adalah pilihan yang paling sering digunakan. Pastikan Anda membuat artikel dengan baik dan benar agar dapat meningkatkan lalu lintas ke dalam blog tersebut. Terapkan juga strategi SEO untuk mengoptimasi hasilnya.

Demikian cara membuat blog di WordPress bagi pemula yang dapat diikuti. Apabila Anda masih merasa kesulitan untuk membuatnya, gunakan saja jasa Custom Web Development dari ToffeeDev. Selain itu, kami juga menyediakan jasa pemasaran digital lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, hubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat