5 Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Ada banyak cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang dapat dilakukan. Blog memang merupakan salah satu platform yang sudah banyak digunakan di dunia digital, baik untuk memasarkan produk maupun untuk membantu menaikkan brand awareness.

Untuk membuat sebuah blog, Anda dapat membuatnya melalui WordPress. Pertama-tama, Anda dapat membuat website terlebih dahulu, lalu isi website tersebut dengan blog dan konten-konten artikel yang menarik agar bisa mendapatkan banyak pengunjung. Lantas, bagaimana sih cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

5 Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah

Sebagai orang awam, Anda pasti merasa bahwa blog adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dibuat dan membutuhkan kemampuan khusus seperti coding untuk dapat membuatnya. Padahal, pada zaman yang sudah serba digital ini, Anda dapat membuat blog dengan mudah tanpa memerlukan kemampuan khusus.

Sudah ada banyak platform yang dapat digunakan untuk membuat sebuah blog, salah satunya adalah WordPress. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk membuat blog gratis menggunakan WordPress.

Jasa SEO

1. Pilih Jasa Web Hosting

Web hosting, atau dapat juga disebut hosting saja, merupakan layanan yang menyediakan sumber daya agar sebuah website dapat berjalan. Ketika hendak memasang blog pada sebuah website, Anda akan membutuhkan penyimpanan yang dapat menyimpan seluruh informasi dan data, seperti artikel dan gambar, yang ada di dalamnya. Nah, layanan hosting ini berguna untuk menyimpan seluruh data tersebut.

Ada berbagai jenis web hosting yang dapat digunakan untuk menunjang website yang ingin dibuat. Setiap jenis web hosting tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pastikan Anda sudah mempelajari apa saja kebutuhan website dan melakukan riset mengenai fitur yang ditawarkan sebelum memilih web hosting yang akan digunakan.

Baca Juga: Top 3 Hal Dalam Memilih Web Hosting

2. Membuat Nama Domain

Membuat Nama Domain

Nama domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah server komputer dalam internet, seperti website maupun email. Ketika membuat nama domain, pastikan nama yang dibuat dapat merepresentasikan diri atau bisnis Anda. Sebagai contoh, ToffeeDev menggunakan nama domain www.toffeedev.com.

Baca Juga: Pahami Perbedaan Hosting dan Domain sebelum Membuat Website

3. Instal dan Modifikasi WordPress

Banyak web hosting sudah menyediakan layanan instalasi WordPress secara otomatis jika Anda menggunakan jasa mereka. Ketika pertama kali dipasang, WordPress biasanya akan masuk ke dalam bentuk default. Artinya, WordPress harus dimodifikasi agar dapat sesuai dengan apa yang diinginkan. Anda dapat melakukan modifikasi melalui dashboard WordPress.

Untuk mengakses dashboard WordPress, Anda cukup login dan dashboard WordPress akan langsung muncul. Di sana, Anda akan menemukan berbagai fitur dan opsi yang dapat digunakan untuk memodifikasi WordPress, seperti mengubah tema, membuat halaman baru, membuat blog, mengunggah konten, dan masih banyak lagi.

4. Memasang Plugin

Plugin adalah program tambahan yang dirancang untuk menambahkan dan menjalankan fungsi tertentu di website. Ada banyak sekali plugin yang tersedia di dalam WordPress. Berikut ini adalah beberapa plugin yang dapat mengoptimalkan website, terutama untuk blog.

  • Google XML Sitemaps: plugin ini berguna untuk membuat “peta” dari website. Nantinya, mesin pencari seperti Google akan lebih mudah menjelajahi dan menjangkau halaman-halaman di dalam website Anda agar dapat ditunjukkan pada hasil pencarian.
  • Yoast SEO: plugin ini akan membantu situs web Anda memaksimalkan SEO (Search Engine Optimization). Sangat penting bagi website yang berisi blog agar konten di dalamnya dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian.

Masih ada banyak plugin yang dapat digunakan pada website Anda, seperti untuk menambah keamanan, meningkatkan kecepatan, dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

5. Membuat dan Mengunggah Konten

Membuat dan Mengunggah Konten

Setelah blog berhasil ditambahkan di dalam website, sekarang Anda perlu membuat konten untuk mengisi blog tersebut. Coba buat artikel yang sesuai dengan kaidah SEO agar dapat muncul pada peringkat atas hasil pencarian dan lalu lintas yang didapatkan tinggi. Pastikan untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu agar artikel yang dibuat relevan. Setelah itu, artikel dapat dibuat di dalam blog.

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

Tips Menghasilkan Uang dari Blog

Pada dasarnya, blog dibuat agar sebuah website dapat memuat konten di dalamnya. Nantinya, Anda dapat melakukan banyak hal melalui konten tersebut, seperti menaikkan brand awareness, melakukan pemasaran produk, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa tips menghasilkan uang dari blog.

1. Memasarkan Produk

Salah satu strategi pemasaran digital yang paling banyak digunakan saat ini adalah content marketing. Melalui sebuah blog, Anda dapat melakukan content marketing dengan cara mengunggah artikel yang di dalamnya berisi promosi mengenai produk yang Anda sediakan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi produk milik orang lain, seperti endorsement.

Baca Juga: 8 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

2. Memasang Google Adsense

Memasang Google Adsense

Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google di mana pemilik website atau blog yang telah masuk ke dalam Google Network untuk memasang iklan, yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google, di blog mereka. Nantinya, pemilik blog akan mendapatkan imbalan berupa pembagian keuntungan dari sistem pay per click (PPC), atau setiap klik yang dilakukan pada iklan yang dipasang.

Demikian adalah cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang yang dapat Anda lakukan dengan cukup mudah. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum memuat konten di dalam blog tersebut agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal.Apabila Anda tertarik untuk membuat blog tetapi tidak ingin melalui proses sedemikian rupa, ToffeeDev menyediakan jasa Custom Web Development yang dapat membantu membuat website dengan mudah dan cepat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, hubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat