Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Facebook merajai posisi teratas sebagai media sosial paling banyak digunakan di dunia. Pada periode April 2020, sebuah survei mencatat kalau aplikasi milik Mark Zuckerberg ini telah memiliki setidaknya 2,49 miliar pengguna aktif. Angka ini jelas meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, Facebook hanya memiliki 1,6 miliar pengguna aktif di tahun 2019. 

Melihat peningkatan jumlah pengguna yang begitu fantastis sudah selayaknya Facebook menjadi ladang subur untuk berkampanye mengenai produk dan bisnis Anda. Untungnya, tim Facebook juga telah menyadari hal ini sehingga mereka turut menyediakan fasilitas iklan berbayar bagi pebisnis yang berminat. Pemilik usaha dan pemilik akun Facebook menyebut fasilitas ini dengan Facebook Ads

Cara Membuat Facebook Ads

Apakah Anda tertarik untuk memasang Facebook Ads dalam mendukung bisnis? Simak lima cara membuat Facebook Ads berikut ini!

Buat Halaman di Facebook

Facebook Ads hanya dapat dibuat apabila akun Facebook Anda telah memiliki “Halaman” yang ditautkan. Untuk itu, Anda harus membuat halaman baru dari Facebook Pages.

Hal pertama yang akan Anda lakukan saat membuat halaman adalah memilih jenis dari bisnis Anda. Ada dua pilihan tersedia, yakni bisnis/merek dan komunitas/tokoh masyarakat.

Kemudian, isilah informasi yang dibutuhkan oleh halaman Anda, seperti nama halaman, kategori, dan keterangan. Jika sudah diisi, klik tombol “Buat Halaman”. Langkah terakhir yang tidak boleh terlupakan adalah mengupload foto profil.

Buka Facebook Ads Manager

Setelah berhasil membuat halaman, pergi ke bagian Facebook Ads Manager dan klik tombol buat iklan. Lalu, Anda akan memilih dua proses pembuatan iklan dari Facebook, yaitu “Pembuatan Iklan Terpandu” atau “Pembuatan Iklan Cepat”. Kemudian, pilih sesuai kebutuhan Anda. 

Sesuai namanya “manager”, page ini berfungsi untuk mengelola semua kampanye iklan yang akan Anda buat, mulai dari membuat perubahan pada tawaran dana iklan hingga laporan kinerja iklan yang sudah dibuat. 

Baca Juga: Berapa Biaya Iklan Di Dalam Facebook?

Tentukan Tujuan Pembuatan Iklan

Bagian inilah yang membedakan Facebook dengan iklan dari media sosial lainnya karena hanya Facebook yang memilikinya. Dengan menawarkan tiga kategori berbeda, pebisnis harus bijak memilih kategori iklan sesuai target sasaran. 

Adapun ketiga kategori tersebut adalah:

  1. Kesadaran (Awareness).

Buat yang ingin menjangkau lebih luas target pasar dengan merek bisnis Anda, kategori pertama ini wajib dipilih. Mengapa? Karena Facebook akan menampilkan iklan yang Anda buat ke jumlah maksimal pengguna sesuai anggaran dana. 

Singkatnya, opsi dari kategori ini dibagi menjadi dua, yaitu Kesadaran Merek dan Jangkauan.

  1. Pertimbangan (Consideration).

Bagi yang ingin memancing target pengguna untuk menggali informasi bisnis Anda secara mendalam, kategori tujuan consideration wajib jadi opsi utama. Selain itu, peluang terjadinya interaksi antar pebisnis dan pelanggan juga lebih besar dengan kategori ini. 

Anda akan menemukan banyak pilihan tujuan dari kategori ini, antara lain Traffic Kunjungan, Interaksi, Pemasangan Aplikasi, Penayangan Video, Pembuatan Prospek, dan Pesan.

  1. Konversi (Conversion).

Mendorong pembelanjaan adalah tujuan dari kategori ini. Jadi, jika Anda bertujuan untuk menampilkan katalog produk atau memberikan alamat lengkap toko offline, mempertimbangkan kategori Konversi bisa jadi jalan keluar.

Jadi, pilih salah satu tujuan di kategori ini, seperti Konversi, Penjualan Katalog, dan Kunjungan Toko.

Setelah mengetahui tiga kategori tujuan Facebook Ads di atas, pertimbangkan pilihan Anda sebaik mungkin.

Baca Juga: Facebook Ads: Fitur yang Menguntungkan Pengiklan

Pilih Jenis Facebook Ads Sesuai Kebutuhan Bisnis

Di langkah ini, Anda diminta memilih dari dua opsi, yakni Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Buat Anda dengan dana berlebih, Uji Split bisa jadi pilihan. Namun, jika ingin menghemat pembiayaan iklan, jenis Pengoptimalan Anggaran jadi solusi paling cocok. 

Melengkapi Detail Iklan

Dengan selesainya tahapan keempat, proses pembuatan iklan FB Anda hampir selesai. Selanjutnya, Anda hanya diminta untuk melengkapi detail iklan yang diperlukan, yaitu nama iklan, tujuan traffic, pilihan tampilan promo, target audiens, penempatan iklan, jadwal, format, penulisan deskripsi, dan memuat gambar/judul/tautan.
Akhirnya, lima cara membuat Facebook Ads telah selesai. Kemudian, Anda cuma perlu menyelesaikan pembayaran untuk menampilkan iklan yang sudah dibuat tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post