6 Cara Membuat Feed Instagram Olshop Terlihat Menarik

Apakah Anda ingin menggunakan Instagram untuk kegiatan bisnis secara online yaitu seperti online shop? Ingin tahu bagaimana cara membuat feed Instagram olshop yang dapat menarik perhatian pengunjung?

Feed merupakan bagian penting dalam Instagram yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik akun Instagram bisnis. Ketika pengguna Instagram mengunjungi suatu profil olshop untuk melihat produk apa saja yang ditawarkan di sana, maka mereka dapat melihat tampilan feed atau posting-an dalam bentuk thumbnail yang banyak sehingga Anda harus menata tampilan feed tersebut agar terlihat menarik serta rapi.

Tampilan feed yang menarik akan membuat pengunjung Instagram Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai masing-masing konten yang tersaji di dalam feed Instagram tersebut. Selain itu, tampilan feed yang diatur dengan rapi juga dapat membantu meningkatkan kualitas brand Anda dan bahkan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan melalui feed Instagram tersebut.

Untuk mencari ide tampilan feed Instagram yang menarik, Anda dapat melakukan riset terhadap tampilan feed Instagram olshop lainnya dan mempelajari berbagai konsep feed yang dapat menarik perhatian audience dalam tatapan pertama ketika mereka membuka suatu profil Instagram. Anda akan menemukan berbagai olshop dengan tampilan feed yang tidak hanya rapi, namun juga kreatif dan bahkan beberapa di antaranya ada yang menyuguhkan konsep aesthetic.

Biasanya, para pemilik Instagram olshop sering menggunakan konsep feed dengan tampilan warna yang senada, dipadukan dengan desain visual yang unik serta kreatif, hingga membuat konsep grid atau visual yang menyatu antar postingan. Anda dapat mempelajari berbagai konsep tampilan feed Instagram tersebut untuk kemudian dikembangkan menjadi konsep yang lebih segar dan kreatif.

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan informasi lengkap seputar cara membuat tampilan feed Instagram yang menarik agar dapat membantu meningkatkan penjualan onlineshop yang ingin dijalankan atau sedang berjalan. Namun, sebelum Anda mengetahui cara membuat tampilan feed Instagram yang menarik, mari kita sama-sama pahami terlebih dahulu apa itu feed Instagram. 

Pengertian Feed Instagram

Feed Instagram merupakan fitur utama yang sudah tersedia dalam IG sejak pertama kali media sosial ini dirilis. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna Instagram untuk mengunggah foto atau video yang ingin mereka bagikan kepada orang lain.

Pada zaman yang terdahulu, fitur Instagram feed ini hanya digunakan untuk mengunggah single photo atau video dengan durasi 15 detik saja. Akan tetapi, perkembangan fitur-fitur yang ada hingga saat ini dapat membuat pengguna Instagram meng-upload banyak foto dalam 1 posting-an, mengunggah video dengan durasi maksimal 1 menit atau dijadikan sebagai IG TV, dan tidak lupa juga ada fitur Instagram Reels yang dapat di-upload ke dalam feed Instagram.

Seluruh fitur-fitur yang ada di dalam feed Instagram ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar audiens tidak bosan dengan konten yang disajikan melalui Instagram olshop Anda. Tentu saja, jangan lupa utamakan tampilan feed Instagram yang tertata rapi dan kreatif untuk menarik lebih banyak pengunjung ke Instagram olshop Anda sehingga nantinya, peningkatan penjualan yang diharapkan dapat terwujud melalui kegiatan promosi yang dijalankan di Instagram.

Baca Juga: Tentukan Jadwal Post Instagram Untuk Hasil yang Maksimal

Berbagai Cara Membuat Feed Instagram Olshop

Bagaimana caranya membuat feed Instagram online shop yang menarik dan kreatif untuk menarik perhatian pengguna Instagram agar mau membeli produk yang disajikan melalui Instagram Anda? Di bawah ini, Anda akan menemukan 6 cara untuk membuat feed Instagram olshop yang menari, yaitu:

1. Menentukan Tema Feed Instagram

Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat tampilan feed Instagram olshop agar terlihat menarik adalah dengan menentukan temanya terlebih dahulu. Hampir setiap akun IG bisnis memiliki teman feed Instagram yang bermanfaat untuk menonjolkan identitas dari brand yang mereka miliki.

Anda dapat menentukan tema feed sesuai dengan identitas apa yang ingin ditonjolkan kepada pengguna Instagram. Sebagai contoh, Anda membuka olshop untuk menjual jenis fashion yang berbau Korea, maka tampilan feed Instagram yang disajikan dapat dipadukan dengan konsep yang menonjolkan korean style.

Tampilan feed dengan konsep yang menonjolkan identitas korean style ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan foto produk yang menampilkan konsep OOTD orang Korea. Selain itu, jika Anda perhatikan, banyak feed Instagram orang Korea yang bermain dengan konsep clean atau bersih dan hanya berfokus kepada sebuah objek dengan latar belakang tembok, meja, alas, hingga lantai dengan warna yang polos.

Dengan adanya identitas yang terbentuk melalui tampilan feed Instagram, audiens akan mengenali Instagram olshop Anda dengan lebih mudah. Bahkan, mereka dapat langsung mengenali Instagram Anda tanpa harus membaca username dalam posan yang muncul di timeline Instagram.

Jasa SEO

2. Membuat Moodboard Melalui Aplikasi Edit Foto

Moodboard bisa dimanfaatkan untuk membuat tampilan feed Instagram dengan warna atau suasana yang sama. Namun, apakah Anda tahu apa itu moodboard?

Moodboard merupakan komposisi gambar atau visual yang dibuat untuk mengetahui dengan jelas seperti apa konsep tampilan feed Instagram yang akan dijalankan nantinya. Pembuatan moodboard ini bisa dikatakan sebagai bentuk mockup atau gambaran tampilan dari feed Instagram sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dengan membuat moodboard, Anda dapat melihat dan memilih tampilan Instagram feed seperti apa yang diinginkan atau manakah yang cocok untuk dijadikan sebagai tampilan feed dari Instagram online shop. Anda dapat menemukan berbagai contoh moodboard baik melalui Instagram online shop lain atau bisa juga mencarinya di beberapa website yang menyajikan ide-ide desain seperti Pinterest.

Anda juga perlu tahu, ada berbagai macam tools untuk membuat moodboard seperti website atau aplikasi Canva. Di dalam Canva ini, biasanya mereka sudah menyajikan berbagai template yang dapat langsung digunakan oleh para content creator untuk membuat moodboard.

Template yang tersedia di dalam Canva bisa Anda ubah-ubah kembali sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dalam mengedit foto. Anda dapat melakukan penyesuaian baik dari segi warna, font, hingga pola konten yang ingin disajikan.

Buatlah berbagai opsi moodboard agar Anda dapat menentukan konsep feed Instagram terbaik, sesuai dengan identitas brand yang ingin dibangun. Dengan demikian, konsep feed Instagram Anda akan lebih matang dan juga konsisten sehingga menarik untuk dilihat oleh audiens.

Baca Juga: 6 Tips Instagram Ads agar Menarik Banyak Audience

3. Menonjolkan Konsistensi

Feed Instagram bisnis selalu menonjolkan konsistensi untuk membuat audience dapat mengenali dengan mudah dan mengingat identitas dari suatu Instagram bisnis. Maka dari itu, jika Anda ingin menjalankan online shop melalui Instagram, utamakan juga konsistensi untuk memberi tampilan feed Instagram yang rapi dan juga menarik.

Konsistensi ini bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Sebagai contoh, Anda ingin menggunakan konsep feed Instagram yang clean dengan menampilkan foto produk dengan background warna monokrom yang ditambahkan dengan headline, maka pastikan seluruh konten dibuat dengan konsep yang sama untuk menonjolkan konsistensi dalam tampilan feed Instagram.

Oleh karena itu, dari poin-poin pembahasan sebelumnya, kami menyarankan agar Anda menentukan tema dan membuat moodboard terlebih dahulu agar dapat menciptakan tampilan feed Instagram yang rapi serta estetik. Selain itu, Anda juga dapat bermain dengan warna ambience seperti menggunakan filter warna untuk membuat visual terlihat lebih warm dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan tampilan feed Instagram yang konsisten, maka Anda dapat menggunakan beberapa editing tools dan menyimpan preset yang dapat digunakan berulang kali ketika sedang melakukan edit pada gambar yang ingin diunggah ke dalam Instagram sepert VSCO. Apabila Anda hanya memanfaatkan fitur edit foto yang disediakan oleh Instagram, maka kemungkinan foto yang dihasilkan akan terlihat tidak konsisten karena tidak adanya fitur penyimpanan preset untuk edit foto.

Sebenarnya, bisa saja Anda mendapatkan hasil edit gambar yang konsisten melalui Instagram yaitu dengan menggunakan filter yang sama pada setiap konten untuk menghasilkan tampilan feed Instagram yang konsisten. Akan tetapi, penggunaan filter kurang memberikan kebebasan bagi Anda dalam melakukan edit gambar dan bahkan dapat memberikan kesan yang kurang kreatif.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Engagement Instagram untuk Mengembangkan Brand Anda

4. Mengunggah Gambar dengan Resolusi Tinggi

Perlu Anda perhatikan, dalam mengunggah gambar ke dalam Instagram, pastikan gambar tersebut sudah memiliki resolusi yang tinggi. Anda harus tahu, konten dengan resolusi yang rendah akan membuat konten tidak terlihat dengan jelas ketika berada dalam posisi thumbnail pada feed Instagram.

Tidak jarang kami temukan beberapa feed Instagram dengan tampilan konten yang pecah. Tampilan feed Instagram yang demikian akan membuat audiens merasa malas untuk mengetahui lebih lanjut mengenai konten yang Anda sajikan sehingga bukan tidak mungkin mereka akan pergi begitu saja dan mencari Instagram online shop lainya yang lebih menarik.

Maka dari itu, pastikan Anda meng-upload gambar dengan resolusi yang tinggi agar tampilan feed menjadi terlihat lebih rapi dan menarik. Dengan demikian, audience akan tertarik untuk menjelajahi Instagram online shop Anda dan melihat-lihat produk apa saja yang disajikan di dalam Instagram tersebut.

Baca Juga: Ukuran Gambar dan Tips untuk Design Social Media

5. Menggunakan Warna Background yang Senada

Selain warna filter atau ambiens, Anda juga perlu menggunakan warna background yang senada untuk membuat tampilan feed Instagram yang rapi dan juga konsisten. Menggunakan warna background yang senada tidak berarti Anda harus selalu menggunakan 1 warna itu saja dalam setiap posting-an konten Instagram.

Tampilan feed Instagram dengan warna background yang sama atau itu-itu saja akan memberikan efek yang membosankan sehingga audiens tidak ingin berlama-lama berada di dalam Instagram Anda. Untuk itu, Anda dapat mengambil foto dengan memainkan palet warna seperti yang biasanya digunakan oleh para visual designer untuk menciptakan desain yang kreatif dan mampu menarik perhatian pengguna Instagram.

Baca Juga: Dimana Iklan Facebook dan Instagram Bertemu, Mengapa Mereka Berbeda?

6. Mengatur Komposisi Visual Design

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk membuat feed Instagram olshop agar terlihat menarik adalah dengan mengatur komposisi dari desain konten. Anda perlu memerhatikan peletakan headline dan juga gambar produk agar dapat terlihat jelas meskipun dalam ukuran yang thumbnail pada tampilan feed Instagram.

Dalam mengatur komposisi desain visual khususnya untuk Instagram olshop, maka Anda bisa berfokus pada gambar produk yang dijual sekitar 85% dan sisanya untuk tulisan seperti headline atau keterangan produk. Dengan demikian, audiens akan langsung tahu produk apa yang Anda jual dan jika mereka tertarik dengan produk yang ditampilkan melalui feed Instagram pasti akan langsung membuka produk tersebut untuk mencari informasi tambahan seperti harga dan nama produk.

Jadi, mudah sekali bukan cara untuk membuat feed Instagram menarik? Selain melalui Instagram, Anda juga dapat menjalankan olshop melalui website agar pelanggan dapat lebih mudah untuk melakukan pembelian secara langsung.

Untuk itu, jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website, silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga. ToffeeDev merupakan Digital Marketing Agency di Indonesia yang berpengalaman di bidang pembuatan website dan juga pengembangan strategi SEO yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis secara online sehingga kami siap membantu setiap pebisnis termasuk Anda yang ingin terjun ke dunia digital. 

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat