Pelajari Cara Membuat Landing Page dengan Elementor Berikut Ini

cara membuat landing page dengan elementor

Dalam sebuah strategi digital marketing, salah satu hal yang akan dibutuhkan adalah Landing Page. Halaman yang satu ini akan menjadi salah satu cara Anda agar bisa mendapatkan hal yang diinginkan. Nah bagi Anda yang menggunakan elementor, pasti ingin tahu cara membuat landing page dengan elementor bukan?

Mengembangkan Landing Page terdengar seperti hal yang tidak terlalu sulit, apalagi jika Anda menggunakan elementor. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, halaman ini sangat penting untuk mengarahkan konversi, sehingga tidak bisa diremehkan.

Landing Page adalah halaman web apa pun yang dapat dikunjungi konsumen, serting dibuat berdiri sendiri berbeda dari beranda Anda atau halaman lain, yang akan digunakan untuk sebuah tujuan khusus. Landing Page adalah sebuah bentuk tindak lanjut dari apa yang Anda buat di dalam konten. Pada dasarnya, ini adalah langkah selanjutnya agar para pengunjung dapat menjadi pelanggan. Landing Page akan memungkinkan Anda melakukan untuk memberikan semacam penawaran khusus, informasi atau kesepakatan, sebagai imbalan untuk memberikan informasi kontak.

Landing Page dapat berupa click-through, yang mengarah ke halaman lain seperti situs e-commerce Anda, atau bentuk halaman yang akan menindak lanjuti prospek. Landing Page untuk generasi prospek biasanya menawarkan item seperti eBook, uji coba gratis, atau pendaftaran webinar sebagai imbalan atas pengiriman informasi kontak. Landing Page yang baik akan melakukan tugasnya untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa akan sangat layak untuk memberikan detail pribadi sebagai imbalan atas apa pun yang Anda tawarkan. Landing Page dapat ditemukan melalui pencarian umum atau melalui situs web Anda, meningkatkan kemungkinan bahwa calon pelanggan akan berakhir di sana.

Untuk mendapatkan Landing Page yang baik menggunakan elementor, maka di bawah ini adalah informasi dan tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Kelebihan Membuat Landing Page dengan Elementor

kelebihan elementor

Elementor page builder menawarkan banyak fungsi dan opsi dan desain. Anda pada dasarnya akan menemukan kanvas kosong yang dapat digunakan untuk membuat hampir semua jenis desain situs web dengan tampilan yang diinginkan. Adapun kelebihan elementor dalam membangun sebuah website atau halaman yaitu:

  • Lebih cepat, mudah dan fleksibel
  • Mobile friendly
  • Open Source
  • Responsive Website
  • Menggunakan script yang profesional
  • Newbie Friendly
  • Tinggal Drag and drop tanpa perlu koding/bahasa pemrograman, memudahkan pengguna untuk membuat website dan halaman.
  • Ramah SEO (Search Engine Optimization)
  • Dapat melakukan custom CSS untuk kolom, widget dan section
  • Memiliki lebih dari 400 icon yang dapat digunakan
  • Memiliki lebih dari 800 beragam Google Font
  • Kemudahan dalam resize kolom
  • Dapat mengatur kolom dan posisi konten yang ada
  • Memberikan kemudahan dalam mengatur padding dan margin
  • Memiliki banyak elemen yang dapat digunakan sebagai kustomisasi.

Ada banyak kegunaan dari plugin yang satu ini, Salah satunya dalam pembuatan Landing Page. Seringkali halaman yang satu ini sedikit sulit untuk dibuat karena tema bawaan tidak menawarkan template yang bisa langsung digunakan. Jadi, secara default hal-hal seperti header dan footer akan tetap ditampilkan.

Daripada harus bersusah payah menulis kode Anda sendiri dan membuat template Landing Page dari awal, mengapa tidak menggunakan Elementor untuk membuatnya dengan lebih cepat dan mudah?

Baca Juga: Mobile First Experience dan Keunggulannya Bagi Website

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

langkah langkah menggunakan elementor

Sebelum memulai untuk membuat halaman ini menggunakan Elementor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pastikan sudah dilakukan. Silakan urus tiga hal ini sebelum melanjutkan ke proses pembuatan halaman arahan yang sebenarnya.

  • Instalasi WordPress Aktif
  • Instal Plugin Elementor Gratis atau
  • Instal Elementor Pro

Perlu diperhatikan, beberapa fungsi hanya tersedia jika Anda memiliki Elementor Pro. Meskipun Anda dapat membuat banyak hal dengan versi gratisnya, Elementor Pro akan bisa memberikan Anda kesempatan untuk membuat kustomisasi yang lebih banyak. Namun untuk membuat Landing Page, versi yang gratis sudah cukup. Mari kita mulai langkah-langkahnya.

1. Menambahkan Halaman Baru

Pertama, yang harus dilakukan dalam cara membuat Landing Page dengan elementor adalah dengan mengklik Pages > Add New, lalu klik tombol “Edit with Elementor”. Sekarang gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan klik ikon roda gigi pada kiri bawah dan alihkan page layout halaman ke “Elementor Canvas” untuk memulai dengan Landing Page yang kosong. Selanjutnya Anda akan ingin menghapus elemen Header dan Footer.

  • Pastikan opsi “Elementor Canvas” dipilih di bawah menu dropdown template tema.
  • Beberapa tema memiliki template “Landing” bawaan. Jika Anda memilih itu, Anda dapat membangun menggunakan hal tersebut dengan Elementor juga.

Salah satu dari opsi ini akan berfungsi. Jika Anda memiliki template halaman lain yang dipilih, maka header dan/atau footer akan tetap ditampilkan secara otomatis.

Baca Juga: 5 Plugin Security untuk WordPress

2. Tambahkan Elemen ke Landing Page Anda

Untuk menambahkan elemen ke halaman arahan Anda, klik ikon folder dan tambahkan template. Kotak popup akan muncul. Kemudian Anda bisa memilih opsi “Blocks”. Pada menu dropdown, mulailah menambahkan blok berbeda yang akan membentuk halaman Anda. Pada titik ini, Anda siap untuk mulai menambahkan elemen dan blok penyusun ke Landing Page Anda. Sekarang, disinilah tahapan untuk membuat halaman yang berbeda, akan ada lusinan hal berbeda yang dapat Anda tambahkan untuk membangun Landing Page Elementor Anda. Berikut adalah beberapa contoh hal yang mungkin ingin Anda tambahkan:

  • Hero: Hal ini bisa menjadi bagian terpenting dari halaman Anda. Kadang-kadang disebut bagian ‘Above the Fold’, karena ini adalah hal pertama yang dilihat pengunjung sebelum menggulir halaman. Untuk alasan ini, maka ada baiknya menempatkan elemen terpenting di sini. Judul, sub-judul, dan formulir berlangganan.
  • Services: Di sini, Anda bisa memasukan berbagai macam informasi yang lebih detail, menggambarkan layanan atau fitur utama yang disediakan bisnis.
  • Testimonial: Bagian ini bisa menjadi cara untuk menunjukkan bukti sosial bahwa klien Anda saat ini puas dengan layanan yang mereka terima.
  • Portofolio: Anda akan bisa dengan mudah menunjukkan kepada pengunjung contoh pekerjaan Anda, sehingga mereka tahu apakah Anda cocok dengan apa yang mereka cari.
  • Footer: Karena pengunjung Anda telah menggulir halaman ke bawah, Anda ingin menawarkan ajakan bertindak lain kepada mereka, untuk mendorong mereka melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Selain berbagai elemen di atas, ada pilihan lain yang mungkin bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari Landing Page Anda. Di akhir halaman, Anda akan ingin memasukkan footer, yang juga harus menyertakan Kebijakan Privasi dan Persyaratan Layanan Anda. Atau sesuatu yang berhubungan dengannya. 

Satu hal terakhir yang tidak boleh Anda lupakan adalah elemen Kontak & Formulir. Ini juga menjadi bagian penting dari setiap halaman yang memungkinkan pengunjung untuk berkomunikasi dengan Anda. Menggunakan Elementor visual form builder,kita dapat dengan mudah mengatur formulir kontak dan menyesuaikan gayanya agar sesuai dengan seluruh halaman. 

Periksa setiap blok dan sesuaikan agar sesuai dengan situs web Anda. Beberapa hal yang mungkin ingin Anda sesuaikan akan mencakup:

  • Judul
  • Gambar-gambar
  • Warna
  • Latar belakang

3. Lakukan Preview untuk Landing Page Anda

Sebelum dipublikasikan, ada baiknya untuk mengecek Landing Page yang dibuat menggunakan Elementor ini, Anda dapat menilai dan mengecek bagaimana tampilannya saat diterbitkan, sekaligus memeriksa jika dibutuhkan perbaikan pada salah satu elemen atau poin di halam tersebut.

Untuk melakukannya, klik ikon “mata” di panel kiri bawah. Jika semuanya beres, lanjutkan dan publikasikan halaman tersebut. Anda akan melihat bahwa tombol “Publish” sekarang ditampilkan sebagai tombol “Update” berwarna abu-abu. Selamat, Anda sekarang telah membuat dan menerbitkan Landing Page yang di buat menggunakan Elementor untuk situs web WordPress Anda.

Baca Juga: Gunakan Slug SEO-Friendly Untuk Membantu Website Anda

Landing Page vs. Homepage/Beranda

landing page vs homepage

Satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang, mengapa mereka harus repot dengan Landing Page jika tujuan utamanya adalah mengarahkan pengunjung ke Homepage mereka? 

Jawabannya adalah, meskipun mendapatkan lalu lintas di beranda adalah hal yang baik, namun akan sangat kecil kemungkinan untuk bisa menghasilkan konversi daripada menggunakan Landing Page. Beranda dari sebuah website akan berisi banyak informasi dan mengundang pengguna untuk bernavigasi  ke berbagai halaman lain yang berbeda pada website tersebut. Jika pengunjung mencapai beranda Anda dengan satu tujuan tertentu, mereka mungkin akan merasa “tidak puas: jika harus melihat berbagai macam layanan dan opsi produk yang berbeda terlebih dahulu. Tujuan utama beranda adalah mengarahkan pengguna ke halaman lain di mana mereka akan menemukan informasi yang diinginkan. 

Sedangkan itu, sebuah Landing Page bisa menghilangkan langkah perantara dengan menjadi halaman yang diinginkan pengguna. Fokus dengan tujuan untuk bisa menghasilkan konversi yang dibutuhkan. Para pengguna pun bisa menemukan apa yang ingin mereka lakukan dengan mudah jika dapat mengakses Landing Page ini.

Homepage Anda bersifat umum di mana Landing Page difokuskan untuk bisa lebih spesifik. Sementara beranda menarik pengunjung lebih jauh ke situs web Anda dengan menghadirkan semua opsi yang ditawarkan bisnis Anda, halaman Landing Page ini akan menawarkan satu ajakan bertindak yang sederhana dan jelas. Landing Page adalah cara yang bagus untuk mengarahkan trafik, meningkatkan SEO Anda, dan membangun merek Anda. Ini juga dapat menjadi bagian dari strategi PPC yang sangat efektif.

Bagaimana, apakah Anda sudah paham cara membuat Landing Page menggunakan Elementor yang mudah ini? Melalui berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh Elementor ini, maka kegiatan membuat website ataupun halaman tidak pernah semudah ini. Jangan pernah ragu untuk menggunakannya sebagai salah satu plugin utama pada website Anda.

Untuk bisa memaksimalkan halaman Anda, maka ada baiknya memastikan jika Landing Page tersebut sudah mendapatkan optimasi SEO yang baik. Sebagai salah satu plugin yang SEO-Friendly, maka akan sangat rugi jika Anda tidak melakukan hal yang satu ini. Mulai konsultasikan bersama Jasa Pembuatan Website Profesional dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya dengan efektif. Gunakan juga Jasa SEO kami untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika Anda membutuhkan hasil yang terbaik, jangan pernah ragu menghubungi kami. Setiap website yang dibuat akan dipastikan bisa membantu bisnis Anda berkembang menjadi lebih baik. Mari mulai kerja sama yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan berbagai keuntungan yang menarik. Yuk segera kunjungi website kami untuk mulai mengobrol lebih jauh lagi.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat