Apa Itu VPN
Apa Itu VPN? Kenapa Sering Digunakan?
Maret 12, 2021
Belajar Coding
7 Website Belajar Coding Gratis
Maret 13, 2021

5 Cara Membuat Website Gratis

Cara Membuat Website Gratis

website gratis

Sekarang ini semakin banyak orang yang memiliki website pribadi sebagai salah satu tempat untuk mengekspresikan diri karena sudah ada berbagai cara membuat website gratis. Pasalnya, membuat situs sendiri kini memang tidak lagi sulit dan malah cenderung menyenangkan. Anda tidak lagi harus belajar coding, HTML, maupun FTP untuk dapat membuat situs sendiri. 

Bagaimana Cara Membuat Website Gratis?

Salah satu cara membuat website gratis adalah dengan memanfaatkan situs website builder. Situs seperti ini akan membantu Anda membuat halaman website tanpa perlu menggunakan coding yang rumit. Berikut ini beberapa website builder gratis yang bisa dicoba.

1. Wix

Wix merupakan website builder yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna. Hal ini tidak lain karena Wix memiliki banyak fitur unik dan template yang menarik. Selain kaya pilihan tema, situs ini juga memiliki editor yang sangat fleksibel. Jadi, akan sangat mudah mengedit tampilan situs Anda menggunakan website builder ini.

Sebagai layanan berbayar, Wix merupakan website builder yang sangat patut diacungi jempol. Untuk layanan gratisnya memang akan memiliki beberapa batasan. Namun, batasan tersebut tidak membuat Wix sulit digunakan. Versi gratis Wix tetap memberikan akses pada beberapa fitur dan template. Hanya saja, Anda akan menemukan iklan yang terlihat di atas situs Wix.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Wix.com

2. Ucraft

Ucraft merupakan satu-satunya website builder yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung ke domain yang sudah ada dengan gratis. Situs ini juga sudah menyertakan SSL security gratis tanpa biaya tambahan meski dibatasi hanya 15 halaman. 

Situs ini memiliki sistem editor yang lebih lengkap. Pasalnya, Anda bahkan bisa mengubah tampilan website hingga ke detail terkecil seperti font, warna, dan jarak antar elemen. Karena kemampuannya ini, Ucraft memang terlihat sedikit lebih rumit untuk digunakan. 

Template yang tersedia sudah cukup modern dan ada cukup banyak pilihan yang tersedia. Ukuran iklan yang muncul untuk versi gratis juga tidak mengganggu pandangan sehingga masih nyaman digunakan.

3. Webstarts

Versi gratis Webstarts merupakan pilihan yang tepat untuk para pemula. Pasalnya, mereka sudah menyediakan akses ke banyak fitur penting seperti blog. Para pengguna bahkan bisa mengaktifkan toko online mereka menggunakan website builder ini.

Semua elemen yang disediakan oleh Webstarts dapat digerakkan atau dipindahkan sesuka hati. Dalam hal ini, Webstart terasa sangat mirip seperti Wix. Namun, fitur dan template yang disediakan jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Wix. Batasan lainnya adalah bahwa situs ini tidak menawarkan tampilan mobile dan enkripsi SSL untuk versi gratisnya.

4. GoDaddy

Nama GoDaddy sudah tidak asing lagi di dunia website mengingat merek ini merupakan bisnis web hosting. Meski demikian, mereka juga menawarkan layanan website builder mereka sendiri yang disebut GoDaddy Websites + Marketing. 

Layanan ini sangat ramah pengguna pemula karena memberikan kemudahan dalam mengedit tampilannya. Selain itu, mereka juga memiliki add-ons yang penting bagi pembuatan website sepert email marketing, blog, halaman member, dan pembuat jadwal. 

5. Mozello

Mozello merupakan website builder asal Latvia yang menyediakan layanan membuat website multi bahasa secara gratis. Ada banyak fitur tersedia di sini seperti blog, online store, dan pilihan SEO yang cukup memadai. Menariknya lagi, iklan untuk versi premium hanya berupa tautan yang ada di bagian footer

Situs ini menyediakan 500 MB penyimpanan data yang terbilang cukup banyak. Sayangnya, meski fitur editing yang disediakan cukup mudah digunakan, tapi sangatlah terbatas jika dibandingkan dengan beberapa kompetitor lainnya. Bahkan beberapa elemen tertentu seperti galeri hanya dapat ditambahkan pada jenis halaman yang memang khusus untuk galeri. Inilah mengapa Mozello kurang fleksibel.

Selain lima website builder di atas, masih banyak lagi situs lain yang menyediakan cara membuat website gratis. Meski demikian, perlu diingat bahwa versi gratis tentu memiliki banyak batasan jika dibandingkan dengan versi premium. 

Akun gratis biasanya sudah cukup jika Anda baru belajar tentang membuat website. Jika sudah paham betul cara kerja dan website seperti apa yang diinginkan, Anda bisa beralih ke layanan premium.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments