Pelajari 3 Cara Membuat Website Yang Bagus dan Fungsional

Potensi pasar yang besar di dunia digital memancing banyak orang dari berbagai jenis industri untuk terjun ke dalamnya. Dengan jumlah pengguna internet di dunia menembus angka 4,6 miliar pada tahun 2020, tidak heran jika permintaan terhadap pembuatan situs web kian besar dari waktu ke waktu. Untungnya, saat ini ada banyak sekali cara membuat website; mulai dari menggunakan website builder, memakai jasa pembuatan situs web, atau bahkan membuatnya sendiri dari nol. Inilah penjelasan dari masing-masing cara tersebut.

Cara Membuat Website Memakai Website Builder

Secara sederhana, website builder adalah aplikasi atau alat berbasis internet untuk membangun situs web sendiri secara otomatis. Alat ini mampu menyederhanakan pembuatan situs web dengan cara menghilangkan unsur-unsur teknis seperti memasang plug in, membuat hook, atau menulis CSS.

Saat memakai website builder, Anda biasanya hanya perlu memilih tema yang disediakan, mengatur tampilan mukanya dengan mengunggah gambar, serta memasukkan tulisan di masing-masing bagian layout, misalnya memberikan judul gambar atau menambahkan deskripsi produk.

Selain hal tersebut, keuntungan lain dari penggunaannya adalah:

  • Menghemat waktu dan tenaga. Anda yang sama sekali tidak berpengalaman dalam pembuatan situs web akan sangat terbantu dengan sistem sederhana.
  • Fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memilih builder dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Asyiknya, saat ini ada banyak sekali website builder gratis yang bebas digunakan.

Baca Juga: 3 Tips Praktis Membuat Website Anda Menjadi Lebih Efektif

Cara Membuat Website Menggunakan Jasa Pembuatan Website

Cara yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin membuat situs web bisnis atau situs web dengan fungsi komplek tanpa repot. Terlepas dari kepraktisannya, website builder terkadang memiliki fungsi yang kurang lengkap sehingga Anda mungkin memilih untuk memakai jasa pembuatan situs web profesional.

Zaman sekarang, jasa pembuatan situs web dapat ditemukan di mana-mana. Sebagai tips, perhatikan beberapa poin di bawah ini sebelum memilih jasa pembuatan situs web tertentu:

1. Sesuaikan dengan bujet.

Makin lengkap dan kompleks fitur yang ditanamkan pada situs web, makin besar biaya pembuatannya.

2. Perhatikan tujuan pembuatan situs web. 

Sebagai contoh, jika ingin membangun toko online, Anda sebaiknya mencari paket pembuatan situs web dengan ruang penyimpanan yang besar karena foto produk (terutama foto berkualitas tinggi) membutuhkan disk space yang lebih besar.

3. Periksa reputasi penyedia jasa.

Gunakanlah jasa pembuatan situs web yang sudah berpengalaman. Mintalah portofolio atau contoh hasil pekerjaan mereka sebelum memutuskan untuk memakai jasanya.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Membangun situs web sendiri memang butuh usaha ekstra, tetapi hasilnya tentu lebih memuaskan. Untuk memudahkan pembuatan situs web, sebaiknya pakailah CMS (content management system) seperti WordPress. Sebab, CMS memungkinkan Anda membangun situs web dari nol tanpa perlu menguasai hal-hal teknis.

Secara spesifik, inilah yang dibutuhkan untuk membangun website dengan WordPress:

1. Hosting dan Domain

Hosting berfungsi untuk “menampung” data-data pada website Anda. Karena itu, tidak mungkin membuat situs web tanpa membeli hosting terlebih dahulu. Tenang saja, harga hosting saat ini relatif murah dan sangat bervariasi.

Selain hosting, Anda pun perlu membeli domain. Ini adalah “alamat” untuk mengakses situs web Anda. Sebagai saran, pilihlah nama domain yang gampang diingat dan diketik agar pengguna dapat lebih mudah mengakses website Anda.

2. WordPress

Anda dapat melakukan instalasi WordPress secara langsung melalui hosting yang sudah dibeli. Setelah instalasi selesai, Anda dapat mulai memilih tema, memasukkan konten, serta memasang plugin untuk memberikan fungsi-fungsi tambahan pada situs web.

Saat ini, ada ribuan plugin gratis di WordPress yang bisa dipakai, mulai dari plugin untuk mencegah serangan virus hingga plugin untuk menganalisis performa situs web secara real time.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara membuat website. Dari ketiga cara diatas, mana yang menjadi pilihan Anda?

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat