7 Cara Memperindah Tampilan WordPress

Cara Memperindah Tampilan WordPress

Sebagai seorang pemilik website, Anda harus mengetahui cara memperindah tampilan WordPress agar website tersebut dapat terlihat lebih menarik di mata pengunjung. Tampilan website yang menarik jelas dapat membuat pengunjung bertahan lebih lama di dalam website Anda.

Pengunjung akan cepat merasa bosan ketika mengunjungi website dengan tampilan yang sangat dasar, atau bahkan membosankan dan tidak jelas. Oleh karena itu, demi menjaga minat pengunjung dalam menjelajahi website Anda, pastikan tampilannya menarik. Lantas, bagaimana sih cara memperindah tampilan WordPress?

7 Cara Memperindah Tampilan WordPress

Pada zaman sekarang, orang-orang relatif lebih mudah bosan ketika mengunjungi sebuah website, jadi Anda perlu menarik perhatian mereka sebagai pengunjung dengan memiliki tampilan website yang menarik. Jika Anda menggunakan WordPress sebagai website, berikut ini adalah cara memperindah tampilan WordPress yang wajib diketahui.

7 Cara Memperindah Tampilan WordPress

1. Kustomisasi Tema WordPress

Ketika pertama kali menginstal WordPress, website tersebut akan memiliki tema default, yang merupakan tema austere. JIka memang Anda menyukai tema tersebut, Anda dapat menggunakan editor Gutenberg atau page builder lainnya agar tema tersebut dapat dikustomisasi menjadi lebih indah, dan tidak terlalu dasar.

Ketika melakukan kustomisasi, coba fokus pada perubahan kombinasi warna untuk tombol dan hyperlink, buat logo yang unik, serta tambahkan ikon media sosial dan widget di bagian footer website Anda. Pastikan juga untuk memasukkan identitas bisnis di dalamnya agar website tersebut dapat merepresentasikan bisnis Anda. Kustomisasi ini dapat membuat website WordPress Anda terlihat lebih menarik di mata pengunjung.

Selain tema default austere, sebenarnya WordPress juga menyediakan banyak tema lain yang dapat Anda pilih, baik itu secara gratis maupun premium. Anda dapat menemukan tema-tema tersebut di direktori WordPress maupun menggunakan plugin tambahan. Pastikan saja untuk melakukan kustomisasi lagi agar tampilannya tidak terlalu dasar, serta tambahkan juga identitas bisnis Anda di dalamnya.

2. Buat Logo yang Unik dan Kreatif

Agar dapat menonjol di tengah persaingan dunia digital yang ketat, Anda harus memiliki logo unik dan kreatif yang dapat menarik perhatian audiens. Walaupun demikian, Anda tidak perlu menggunakan desain logo yang sangat menonjol, logo yang berbentuk teks saja sudah cukup asalkan unik dan kreatif. Pastikan juga untuk memilih kombinasi warna yang cocok pada logo tersebut.

3. Pilih Kombinasi Warna yang Konsisten

WordPress menyediakan pilihan palet warna yang tidak terbatas ketika Anda sedang mengkustomisasi tema yang dipilih. Dalam pemilihan warna, Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkannya, gunakan saja warna yang menggambarkan bisnis atau sesuai dengan logo yang ada. Pastikan untuk konsisten menggunakan pilihan kombinasi warna tersebut.

Penggunaan pilihan kombinasi warna yang konsisten dapat menunjukkan koherensi dan meningkatkan brand awareness dari bisnis Anda di benak pengunjung website. Hal ini dapat membantu Anda menarik perhatian audiens baru, serta mempertahankan audiens yang lama.

4. Pilih Fon yang Enak Dipandang

Biasanya, tema WordPress sudah memiliki fon yang sudah terpasang secara default. Namun, Anda dapat mengganti fon tersebut sesuai dengan preferensi Anda dengan menggunakan plugin atau secara manual. Penggunaan fon yang enak dipandang jelas akan memperindah tampilan WordPress, serta membuat pengunjung lebih nyaman ketika membaca.

Dahulu, tidak banyak gaya fon yang dapat ditampilkan oleh segala jenis browser. Berkat perkembangan teknologi, sekarang sudah ada banyak sekali jenis fon yang dapat Anda gunakan di seluruh browser. Ketika memilih jenis fon, Anda perlu memastikan gaya, warna, dan ukuran fon dapat dioptimalkan untuk perangkat mobile dan desktop. Dengan begitu, pengunjung dapat tetap nyaman selama mengakses website dari perangkat apa pun.

5. Kustomisasi Halaman Utama

Halaman utama, atau beranda, dari website Anda adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung ketika mengaksesnya. Oleh karena itu, halaman utama website Anda harus dikustomisasi sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan pertama yang baik di mata pengunjung.

Halaman utama sebuah website harus dapat merepresentasikan website tersebut. Selain itu, pastikan juga untuk menampilkan seluruh informasi yang ada di dalam website secara singkat, serta tambahkan juga menu yang dapat mengarahkan pengunjung ke seluruh halaman yang ada di dalam website.

Baca juga: 5 tahapan design thinking dalam mengembangkan strategi digital marketing

6. Gunakan Gambar dan Video

Lebih dari 50% pengguna internet akan lebih mudah mempelajari hal yang disampaikan secara visual. Oleh karena itu, untuk dapat menarik perhatian pengunjung, Anda harus menambahkan beberapa gambar dan/atau video ke dalam website.

Biasanya pengunjung tidak ingin membaca, dan mereka juga tidak punya waktu untuk membaca teks yang panjang. Pengunjung ingin dapat memahami informasi dengan cepat dan mudah. Dengan menggunakan gambar dan/atau video, Anda mendapat kesempatan untuk memberikan lebih banyak informasi dan membuat pengunjung tetap terlibat lebih lama.

7. Gunakan Infogratis

Anda dapat membuat website menjadi jauh lebih menarik dengan menambahkan infografis ke dalamnya. Pengunjung dapat lebih memahami mengenai produk dan layanan yang Anda sediakan ketika divisualisasikan melalui infografis. Selain itu, pengunjung juga akan lebih cepat bereaksi terhadap “Call to Action” yang diberikan melalui infografis, yang berarti dapat menghasilkan lebih banyak konversi untuk bisnis Anda.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara memperindah tampilan WordPress yang perlu Anda ketahui. Membuat tampilan WordPress menjadi lebih indah memang bukan hal yang mudah, tetapi Anda bisa selalu menggunakan jasa pihak luar untuk melakukannya. ToffeeDev merupakan pilihan terbaik untuk melakukan hal tersebut.ToffeeDev menyediakan berbagai macam layanan pemasaran digital, mulai dari jasa Custom Web Development hingga SEO. Yuk kembangkan bisnis Anda dengan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran bersama ToffeeDev. Jika tertarik, hubungi kami di sini!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat