5 Cara Menarik Pelanggan Agar Tertarik Membeli Produk Anda

cara menarik pelanggan agar tertarik

Tantangan ketika membuka bisnis baru adalah membuat pelanggan tertarik untuk melirik produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan. Di tengah persaingan promosi dengan kompetitor, perlu strategi khusus untuk menyiasatinya. Untuk itu, penting mengetahui apa saja cara menarik pelanggan agar tertarik membeli produk atau layanan jasa bisnis Anda.

Jika Anda baru saja terjun ke dunia bisnis, tantangan lain adalah membangun brand awareness. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan posisi di pasar dan dapat memulai persaingan secara kompetitif. Meskipun produk atau layanan jasa memiliki kualitas baik, bukan berarti bisnis Anda dapat dengan mudah dilirik pelanggan. 

Sumber daya unggul, persiapan modal, strategi dan faktor lainnya sangat penting dalam memengaruhi nilai bisnis Anda di mata pelanggan. Yuk simak informasinya secara lebih lengkap di bawah ini.

5 Cara Menarik Pelanggan Agar Tertarik Membeli Produk Anda

Pelanggan adalah kunci utama Anda untuk mencapai tujuan bisnis. Mau tidak mau, Anda harus menyusun berbagai strategi untuk memaksimalkan keuntungan bisnis nantinya. Guna menarik pelanggan agar tertarik membeli produk Anda, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Menawarkan Nilai Tambah Yang Unik

Pastikan produk Anda memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh pesaing. Ini bisa berupa kualitas, fitur atau layanan tambahan yang dapat memberikan keuntungan bagi pelanggan. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah memberikan diskon pembelian, kupon berhadiah atau fast service khusus selama masa promosi.

2. Menciptakan Kepercayaan Dengan Pelanggan

Pelanggan lebih mungkin membeli produk dari Anda jika mereka merasa percaya pada Anda dan perusahaan Anda. Buatlah kebijakan kembali uang yang mudah diakses dan tawarkan garansi atau jaminan produk yang transparan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa aman untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 6 Teknik Copywriting untuk Menarik Pelanggan

3. Menawarkan Harga Yang Kompetitif

Pastikan harga produk Anda kompetitif dengan produk sejenis di pasaran. Namun, jangan terlalu terobsesi dengan harga rendah karena kualitas yang buruk atau layanan yang buruk dapat mengurangi kepercayaan pelanggan. Selain itu, harga yang terlalu murah di bawah harga pasaran juga biasanya memengaruhi perspektif pelanggan terhadap produk atau layanan bisnis Anda jadi negatif.

4. Menciptakan Pengalaman Belanja Yang Menyenangkan

Pelanggan lebih mungkin membeli produk dari Anda jika mereka merasa nyaman saat berbelanja di tempat Anda. Buatlah proses pembelian yang mudah dan nyaman, serta tawarkan layanan pelanggan yang baik untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Misalnya dengan mendukung pembayaran cashless atau e-money yang saat ini semakin marak digunakan.

5. Menggunakan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau pelanggan potensial Anda. Ini bisa melalui media sosial, iklan online, atau promosi di toko Anda. Pastikan Anda memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk menciptakan tawaran yang tepat sesuai dengan target pasar Anda.

banner

5 Tips Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Jika Anda sudah berhasil membuat pelanggan melirik produk atau layanan jasa yang ditawarkan, masih ada langkah selanjutnya yang perlu dilakukan. Hal yang penting berikutnya adalah mempertahankan pelanggan yang sudah tertarik dan bertransaksi dengan bisnis Anda. Apabila transaksi berulang terus saja terjadi bahkan dalam jumlah yang makin besar, tentunya sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mempertahankan loyalitas pelanggan:

1. Berikan Layanan Terbaik

Pelanggan yang merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik lebih mungkin untuk setia pada perusahaan Anda. Buatlah proses pelayanan pelanggan yang mudah diakses dan responsif, dan terus meningkatkan layanan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

2. Berikan Nilai Tambah

Berikan pelanggan sesuatu yang tidak diberikan oleh pesaing, seperti diskon atau tawaran khusus untuk pelanggan setia. Ini bisa membuat pelanggan merasa terhargai dan lebih cenderung untuk membeli produk dari Anda lagi. Misalnya adalah memberikan hadiah khusus kepada pelanggan yang melakukan transaksi pembelian selama minimal 5 kali. Ini akan membuat pelanggan merasa spesial dan tertarik untuk terus membeli produk atau menggunakan layanan jasa bisnis Anda.

3. Buat Hubungan Yang Personal

Pelanggan lebih cenderung setia jika mereka merasa terhubung dengan perusahaan Anda secara personal. Buatlah program loyalitas atau survey untuk mengenal pelanggan Anda lebih dekat dan menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Jaga Kualitas Produk Dan Layanan

Pelanggan setia akan terus membeli produk dari Anda jika mereka merasa puas dengan kualitas dan layanan yang diberikan. Jangan menurunkan standar kualitas dan terus meningkatkan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

5. Berikan Kemudahan Dalam Bertransaksi

Buatlah proses pembelian yang mudah dan nyaman, termasuk dengan menyediakan berbagai metode pembayaran sesuai kebutuhan pelanggan. Ini bisa membuat pelanggan merasa nyaman dan lebih cenderung untuk membeli produk dari Anda lagi.

Baca Juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Anda dengan Mudah dan Murah

Nah, itulah tadi informasi mengenai cara menarik perhatian dan mempertahankan loyalitas pelanggan yang dapat Anda coba. Bisnis adalah satu mata pencaharian yang menjanjikan, jadi tidak ada salahnya untuk Anda mencoba menekuninya. Selalu aktif riset dan melakukan penyusunan strategi yang matang dapat berpotensi membuat bisnis Anda berjalan lancar atau bahkan lebih maju.

Masih merasa ragu, tentang cara menerapkan promosi yang tepat di era digital? Tenang, Anda dapat menggunakan jasa digital marketing terpercaya untuk membantu perkembangan bisnis. Toffeedev menyediakan berbagai layanan mulai dari pembuatan website atau SEO. Selain itu juga ada jasa Google Ads untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Yuk segera hubungi Toffeedev, konsultasikan kebutuhan promosi bisnis Anda bersama kami.

Share this post :

Toffeedev’s Pick