10 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha

‘Banyak jalan menuju Roma’. Peribahasa tersebut sangat relevan bagi Anda yang sedang mencari modal untuk menjalankan bisnis. Buktinya, terdapat banyak cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda lakukan. Banyaknya pilihan tersebut membuktikan bahwa Anda masih bisa mencoba cara lain dalam mendapatkan modal apabila salah satu caranya tidak berhasil.

Modal memang memiliki peranan besar dalam menjalankan sebuah bisnis. Seluruh kegiatan bisnis seperti memproduksi barang hingga memasarkan produk memang memerlukan modal. Kondisi arus kas bisnis justru akan tetap stabil jika Anda memiliki persediaan modal yang cukup di dalamnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara mencari modal untuk menjalankan bisnis? ToffeeDev akan menjawab pertanyaan tersebut dengan lengkap sebagai panduan Anda. Simak penjelasannya sampai selesai.

Pengertian Modal Usaha

Pengertian Modal Usaha

Modal usaha adalah sejumlah uang yang digunakan sebagai dana pokok untuk menjalankan bisnis. Istilah modal sendiri merupakan segala bentuk harta berupa uang, barang, atau aset yang berguna untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan. Intinya, modal merupakan dana pokok berupa uang tunai atau harta benda yang dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis.

Fungsi Modal Usaha

Fungsi Modal Usaha

Sekilas dijelaskan di bagian awal bahwa modal usaha memiliki peranan besar dalam kegiatan bisnis. Namun, modal usaha berguna pula dalam menunjang reputasi bisnis, seperti mengurus hak paten atau menstabilkan arus kas. Lihat penjelasan di bawah ini supaya Anda lebih memahami fungsi modal usaha dalam bisnis.

1. Melakukan Proses Produksi

Proses produksi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda harus membayar biaya listrik untuk mengoperasikan mesin produksi atau biaya air untuk mencuci produk agar tetap bersih dan terawat.

2. Menyediakan Bahan Baku

Setiap produk barang yang diproduksi pasti memerlukan bahan baku. Anda memerlukan modal yang cukup agar bisa mendapatkan bahan baku dari supplier. Modal pun diperlukan pula ketika Anda menjadi reseller agar bisa mendapatkan produk untuk dijual kembali.

Baca Juga: Jenis-Jenis Modal dan Manfaatnya Dalam Bisnis

3. Sebagai Simpanan Bisnis

Bisnis tentu mengalami kejadian tak terduga dalam proses operasinya, baik dari faktor internal maupun eksternal. Modal usaha berguna sebagai simpanan bisnis ketika berada pada masa darurat tersebut, apalagi ketika menghadapi masa resesi.

4. Mengurus Perizinan dan Hak Paten

Pengurusan perizinan dan hak paten bisnis tentu memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, bisnis membutuhkan pinjaman modal dari beberapa pihak. Pinjaman modal diperlukan supaya modal dari hasil keuntungan tetap bisa dipakai untuk kegiatan produksi.

5. Menstabilkan Arus Kas

Bisnis sering mengalami kondisi saat pengeluaran lebih besar daripada pemasukan bisnis. Tambahan modal diperlukan supaya arus kas tetap stabil dan seimbang. Arus kas yang stabil juga menjadi pertimbangan investor sebelum berinvestasi pada suatu bisnis.

Baca Juga: Mengenal Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

10 Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Bisa Dicoba

Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Bisa Dicoba

Modal usaha tidak hanya didapatkan dari dana tabungan atau aset pribadi. Anda pun bisa mendapatkan modal usaha dari berbagai pihak eksternal bisnis, termasuk pemerintah. Terapkan cara mendapatkan modal usaha di bawah ini.

1. Menjual atau Menggadaikan Aset

Anda bisa mulai mencari modal usaha dari menjual aset yang dimiliki. Aset tersebut tidak harus berupa surat rumah atau kendaraan, bisa pula barang elektronik yang tidak lagi dibutuhkan. Opsi lainnya, Anda bisa menggadaikan aset atau surat berharga untuk sementara sehingga bisa ditebus kembali nantinya.

2. Meminjam dari Kerabat atau Teman

Apabila modal hasil penggadaian aset belum mencukupi, Anda bisa meminjam dari kerabat atau teman. Namun, Anda perlu membuat kesepakatan hitam di atas putih agar terbangun kepercayaan antara dua belah pihak. Lakukan pula perhitungan modal yang diperlukan secara akurat supaya Anda bisa menggunakannya dengan maksimal.

3. Memanfaatkan Tabungan Pribadi

Anda pun dapat memanfaatkan tabungan pribadi yang telah dikumpulkan jauh sebelum merintis usaha. Namun, pindahkan dahulu dana dari tabungan pribadi ke tabungan bisnis agar tidak tercampur. Anda pun perlu mencari pekerjaan atau usaha sampingan apabila tabungannya belum mencukupi.

Baca juga: Jenis-Jenis Risiko Bisnis Online yang Sering Dihadapi

4. Mencari Bantuan Pemerintah

Cara ini bisa dicoba bagi UMKM yang sedang berjalan, bukan baru merintis. Pemerintah menyediakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam beberapa tahun terakhir untuk memberdayakan pengusaha kecil dan menengah. Di sisi lain, BLT merupakan sarana bagi pemerintah agar UMKM tetap stabil dan mampu berkembang menjadi bisnis besar.

5. Mencari Investor

Carilah investor yang fokus mengembangkan bisnis kecil. Anda dapat menemukannya melalui kegiatan pelatihan, workshop, atau mengikuti kompetisi bisnis. Pastikan Anda memiliki business plan atau proposal bisnis yang jelas untuk meyakinkan investor agar mau berinvestasi.

Jasa SEO

6. Mengajukan Pinjaman KTA Bank

Bank menyediakan berbagai macam layanan pinjaman yang bisa dicoba sesuai kebutuhan bisnis. Anda bisa mencoba Kredit Tanpa Agunan (KTA) sehingga tidak perlu menjaminkan aset berharga apa pun. Cara ini bisa dicoba oleh pebisnis pemula yang belum memiliki terlalu banyak aset di dalamnya.

7. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan cara mendapatkan modal usaha yang melibatkan masyarakat luas. Sederhananya, Anda mendapatkan modal usaha dari masyarakat melalui platform tertentu. Namun, Anda harus meyakinkan mereka bahwa bisnis yang dijalankan bermanfaat dan mampu menjawab persoalan atau tantangan yang dirasakan oleh masyarakat.

8. Mencari Rekan Bisnis

Berpartner bersama rekan bisnis bisa menjadi cara mendapatkan modal usaha yang efektif. Hanya saja, Anda perlu berdiskusi bersama mereka mengenai bisnis yang akan dijalankan, terutama delegasi tanggung jawab dan pembagian keuntungan. Buat pula perjanjian di awal kesepakatan karena Anda dan rekan kerja sama-sama memiliki hak atas bisnis tersebut.

Baca Juga: Mengetahui Cara Formulasi Strategi Bisnis Online yang Baik

9. Meminjam dari Koperasi

Sumber pinjaman ini tentu masih eksis di masyarakat. Anda perlu menjadi anggota koperasi terlebih dahulu sebelum meminjam dana dari institusi tersebut. Mengapa? Sebab koperasi didirikan dengan asas kekeluargaan. Cukup mengajukan pinjaman dan membayar iuran, Anda sudah menjadi calon anggota koperasi.

10. Pinjaman dari E-Commerce

Teknik ini bisa dicoba bagi Anda yang membuka toko online di situs jual-beli. Beberapa situs e-commerce menyediakan layanan pinjaman tanpa kartu kredit yang bisa digunakan sebagai modal usaha. Anda cukup mengikuti prosedur yang disediakan oleh pihak e-commerce untuk memperoleh modal usaha.

Kini, Anda bisa menjalankan seluruh kegiatan operasional bisnis setelah mendapatkan modal usaha. Ada berbagai macam kegiatan bisnis yang memerlukan modal, mulai dari membuat produk, membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, hingga melancarkan strategi pemasaran.

Berbicara tentang strategi pemasaran, sudahkah bisnis Anda mencoba Digital Marketing? Tidak bisa dimungkiri bahwa pemasaran digital selalu menjadi pilihan terbaik dalam mempromosikan produk pada era digital ini. Alasannya, pengguna internet akan mengenal produk Anda tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Tidak masalah jika Anda belum menguasai teknik Digital Marketing yang tepat. Serahkan saja pekerjaan ini kepada ToffeeDev melalui jasa Digital Marketing kami. ToffeeDev telah berpengalaman dan banyak dipercaya oleh perusahaan dari berbagai industri dalam memasarkan bisnis mereka secara digital. 

Kami akan menjalankan strategi pemasaran yang relevan dan tepat sasaran agar ROI-nya lebih tinggi. Hubungi kami untuk mengetahui layanan Digital Marketing yang tersedia dan buat bisnis Anda lebih dikenal oleh banyak pelanggan dengan ToffeeDev.

Semoga artikel mengenai cara mendapatkan modal usaha ini bisa menjadi panduan lengkap bagi Anda.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat